Kenapa Menulis Blog? Karena Saya Ingin Bersenang-Senang



Halloha pemirsa semua, bagaimana kabar semua? I hope you fine, yes. Hahaha, gaya ngomongnya dah kayak anak Jaksel belum nih. LoL.

Btw, setelah sekian purnama saya nggak posting artikel berlabel "Berbagi Rasa" mulai malam ini hingga 29 hari ke depan saya bakal nulis artikel dengan tema yang sudah ditentukan tapi tetep yang utama adalah saya MeLaCur alias melakukan curhat. 

Semoga kalian nggak bosen baca curhatan saya. ((Lha mending baca curhatan tho daripada tulisan berlabel Ads)). Hahaha, boleh lho lemparin job jangan lemparin botol akua gaes. LoL

OK, prolognya udahan ya, langsung ke artikel pertama dengan tema  "Kenapa Menulis Blog?"

 

Liburan pun tetap menulis

Jawaban pertanyaan itu relatif lho, tergantung waktunya. Jika pertanyaan itu diajuin sekarang jawabannya karena alasan  ekonomi dan bersenang-senang. Beda dengan delapan tahun yang lalu, alasan menulis blog karena butuh pelampiasan untuk menulis curahan hati yang panjang sekaligus menjadi wadah untuk menyimpan kenangan dan pastinya foto foto saya yang kece ((alamak PD amat emak satu ini))

Untuk membuktikan jawaban saya benar atau hoax yuk terbang ke waktu dimana artikel pertama di blog ini saya posting pada tanggal 14 Mei 2010.  Jadi udah 8 tahun yang lalu ya.

Saya membuka archive blog ini dan artikel pertama yang saya posting di blog ini berjudul Mariyem SahabatkuTulisan ini bukan fiksi, hanya nama orang saya samarkan. Nggak enak sama tokoh aslinya dan  biar kayak sinetron-sinetron itu. Dimaklumkan jika ada kesamaan nama dan tempat. 

Begitupun dengan artikel kedua yang berjudul Diakah Jawaban Doaku  curhatan itu benar adanya gaes. Ternyata doa saya benar terjawab, dia yang saya maksud di tulisan itu jadi masbojo yang sekarang. :D


Di tahun 2010 saya hanya memproduksi 3 artikel bahkan vakum menulis hingga tahun 2013. Baru di tahun 2014 saya mulai aktif menulis lagi. Setelah mengenal satu komunitas blogger dan dari sana saya jadi tahu tentang dunia menulis, saling berkunjung antar blogger, belajar EYD yang baik dan benar, perlahan mengurangi bahasa alay hingga mengikuti giveaway dan kompetisi menulis blog.

Dulu, domain blog ini sering berganti nama dari stayofme.blogspot.com hingga aprintstory.blogspot.com dan berakhir dengan domain pribadi www.primahapsari.com pada tahun 2015.

Blog ini banyak bercerita tentang my daily life hingga cerita traveling. Beberapa artikel dengan viewers terbanyak ada di artikel review villa dan artikel tentang musik. Bahkan ada beberapa artikel yang page one di google seperti soundtrack favorit my trip my adventure, lagu bertema beda agama dan beberapa review hotel. Ternyata menuliskan apa yang kita sukai akan berakhir manis dengan nangkring di halaman pertama pencarian Google tanpa perlu belajar SEO. Jaman itu mana saya tahu ilmu SEO gaes.

Ternyata Menulis Blog itu Making Money

Terimakasih owner Budi Luhur, telah memberi kesempatan kami menginap lagi

Dengan berjalannya waktu, mengenal banyak blogger, menjadi member komunitas-komunitas blogger dan memperluas networking  membuat blog saya menjadi sarana menghasilkan pundi-pundi rupiah.
Saya dulu nggak menyangka lho, menulis di blog sendiri ternyata bisa menghasilkan uang. Selain fee mereview produk, sponsored post, article replacement hingga ucapan terima kasih dari pemilik villa atau hotel yang merasa puas karena review saya diblog dan memberikan voucer menginap gratisan. Padahal saya menulis dengan ikhlas dan sekedar sharing dengan pembaca tentang pengalaman saya menginap di hotel atau villa. Jika ternyata tulisan saya membuat bahagia orang lain kan saya ikut bahagia. 

Tentang penghasilan dari blog mungkin lain waktu akan saya tulis lebih lengkap karena jika dijabarkan penghasilan dari blog itu sumbernya mana aja, akan sangat panjang ceritanya. Sabar yes.

Selain pendapatan dari menulis di blog, banyak hadiah yang  bisa didapat dari kompetisi menulis di blog. Dulu pertama kali dapat hadiah lomba menulis tentang Raja Ampat, hadiahnya kaos dan topi dari Raja Ampat dan saya sudah senang sekali,. Merasa wow aja menjadi 10 besar dari tulisan-tulisan lain. Dimana saya masih jadi newbie blogger. Hadiah terbesar beberapa kali mendapat hadiah uang jutaan rupiah, baru 5 kali dapat  smartphone, voucer belanja dan lain-lain.

Senang ya dapat hadiah. Meski harus dibayar mahal dengan begadang dan mata panda di pagi harinya. 

Thanks Huawei ID
Tapi, sekarang saya sudah tidak seproduktif dulu untuk berkompetisi. Hayati lelah. Fisik tidak memungkinkan dan pekerjaan kantor semakin banyak membuat saya tak mampu lagi untuk menggali ide dan menulis dengan "serius". Seingat saya tahun ini cuma ikut lomba sebiji dan nyantol sih meski cuma dapat vocer gopek. Rejeki saya tahun ini ada di lomba foto dan mendapat kamera serta ikut campaign dan dapet handphone baru yang harganya bikin manyun kalau harus beli sendiri. Hahahaha.

Ngeblog itu Dapat Rejeki Teman Baru

 
Punya banyak teman baru

Dunia blogging tak melulu tentang lo punya blog dan menulis. Apalagi jika sudah bergabung di komunitas-komunitas, ikut event berbayar ataupun campaign bersama. Harus ada kerja sama dan mengenal dengan baik teman kita. 

Bahagianya saya, semenjak jadi blogger teman semakin banyak dengan background bermacam-macam. Memiliki teman hingga menjadi sahabat karib bahkan sudah menjadi keluarga sendiri. Hingga saat ini pun teman baru semakin bertambah dan event terakhir yang saya ikuti berakhir dengan geng gila yang sangat menyenangkan mesti mereka bukan blogger semua.

Teman-teman kantor saya terkadang iri dengan paket gratisan yang saya terima, produk produk tak berbayar yang saya dapat, transferan ke rekening bank yang terus mengalir, nginap nginep hotel atau kenapa saya sering jalan jalan gratis. Mereka tahu jawaban kenapa saya bisa mendapatkan semua itu yaitu dari menulis blog atau menjadi blogger.

Eniwei, rasanya tak perlu berpanjang lebar. Saya tahu kalian sudah ngantuk, bosen atau malah ngiri sama saya. Kidding gaes. 

So, jika ada yang tanya kenapa sih saya menulis blog jawabnya singkat. Karena saya ingin bersenang-senang. 

Kenapa kok senang? 

 

1. Saya mendapatkan penghasilan dari blog - bisa dibilang penghasilan dari blog - sosmed melebihi gaji saya.
2. Healing Stress -  saya bahagia saat event - liputan dan bertemu banyak teman
3. Ngeblog mendorong saya untuk belajar banyak hal dari teknis menulis, design grafis, branding sosial media dan itu adalah passion saya. Menulis di blog membuat hidup saya yang "kaku" karena menjadi pegawai kantoran lebih berwarna.

Ok pemirsah, kapan kalian mulai menulis di blog. Abadikan diri kalian melalui blog. Apapun hal yang kalian sukai bisa kalian bagikan melalui tulisan di blog. Kegemaran memasak, otomotif, parenting, traveling dll. Apapun hal yang positif dari kalian bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi orang lain. 

Sharing is caring 'kan. Apalagi jika semua yang kita tuliskan berbalik menjadi rejeki bagi kita. 

Jadi kapan kalian jadi blogger?

Komentar

  1. Wah, seru ya mbak.. saya musti banyak belajar dan konsisten nulis nih..
    Thanks sharingnya 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)