Monday, 24 August 2015

Dari Pulau Bali yang Eksotis, Saya Ingin Mengenal Budaya Batak di Danau Toba

Bali, siapa yang tak mengenal pulau cantik itu. Pulau dengan jajaran pantai cantik, sawah menghijau diantara lembah dengan pemandangan  alam sangat indah dan  seni dan budaya yang melekat erat dengan masyarakat nya serta pura agung yang bertebaran di tiap sudut desa.

Berada di Bali memang serasa di surga, tak salah jika Bali mendapat julukan  Pulau Dewata. Begitu memasuki pulau ini, nuansanya akan langsung terasa berbeda. Ada daya tarik tersendiri yang tidak kita temukan di tempat lain. Kalau diibaratkan manusia, Pulau Bali itu multi talenta, sudah cantik, punya banyak keunggulan dan warganya pun sadar wisata dan sangat menjaga budaya asli mereka. Banyak tempat indah di negeri ini, tapi hanya Bali yang punya kemasan lengkap. Tak heran, pulau Bali menjadi destinasi impian banyak orang, bahkan yang pernah kesinipun akan slalu merindukan eksotisnya pulau Bali dan tak pernah bosan datang ke Pulau ini.

Begitupun saya, sudah 4 kali saya mengunjungi pulau cantik itu, dan kalau diajak ke sana lagi ga nolak donk, hehehe. Terakhir saya ke Bali akhir tahun yang lalu. Road trip dari Jogja sampai Bali bareng keluarga besar. Seru abis. Akhinya saya bisa mengantarkan kedua orang tua saya menikmati eloknya Bali. Ya, setidaknya mereka tahu Bali itu seperti apa, tak hanya lihat dari layar kaca atau baca dari media massa.

Banyak tempat yang bisa kita kunjungi di Bali, jangan hanya ke Kuta ya, masih banyak destinasi lain yang kece badai ,antara lain:

1. Pantai Pandawa



Pantainya yang bersih dan lautnya biru banget bener-bener ngajakin nyemplung, apalagi pengunjung pantai Pandawa belum seramai Pantai Kuta atau Sanur, kita bisa berenang dengan leluasa atau main kayak seperti saya.


2. Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana

Selain pantai, Bali juga memiliki sebuah Taman yang merupakan taman budaya yang didalamnya ada beberapa patung dengan ukuran sangat besar menggambarkan sosok burung Garuda milik dewa Wisnu. Tak hanya patung yang sangat cantik, disini kita bisa melihat aneka atraksi seni daerah Bali, berbagai macam tari dan operet bisa kita lihat di amphitheater secara gratis. 



Yang pasti, berada di Taman Garuda Wisnu Kencana semakin membuat saya mencintai negeri ini, betapa kayanya budaya kita dan alangkah baiknya jika generasi muda tetep melestarikan tari tradisional seperti masyarakat di Bali.


Jangan malu untuk berpartisipasi saat pertunjukan berlangsung, ayah sayapun sangat menikmati tarian di sana dan tak perlu sungkan karena penari-penari disini sangat ramah.

3. Tanjung Benoa

Saya paling senang kalau main air, apalagi di laut, wuhaaaa... rasanya ga mau naek ke daratan. Apalagi di Tanjung Benoa ada banyak water sport yang bisa kita coba. Berani kan. Ada banana boat, Jetski, parasailing, scuba diving, snorkeling, seawalker, waterski, flying fish dan kalo ga mau basah-basahan jalan-jalan aja ke pulau Penyu. 



Sepertinya semua permainan ingin saya coba,  tapi inget dompet menipis akhirnya saya mencoba snorkling aja. Mumpung disini saya memberanikan diri snorkling untuk melihat cantiknya batu karang dan kali aja nemu ikan Nemo, hihii.

4.  Tanah Lot

Ke Pulau Bali tapi nggak melihat pura tuh sama aja boong. Ada buanyak pura di Bali, salah satunya di Tanah Lot. Puranya dibangun diatas tebing di pinggir laut. Pemandangannya keren dan pura ini sudah dibangun ratusan tahun yang lalu. Pastinya menyimpan sejarah yang sangat bermakna bagi masyarakat Bali.

Bapak dan Ibu saya berphoto di Tanah Lot


Jalan-jalan bagi saya pribadi itu penting, yaah sebagai pengobat lelah setelah sibuk #soksibuk, ama pekerjaan dikantor. Ga perlu jauh juga kali, saya mah yang penting dah keluar rumah udah  hepi. Hehehe. Sebisa mungkin, saya mengajak suami dan kedua anak saya, kalau tujuan wisata jauh saya pastinya membutuhkan biaya yang banyak untuk membeli  tiket pesawat, kami berusaha menabung biar jatah dapur nggak kebobolan.

Untuk sampai ke Bali itu sangat mudah karena ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute ke Bali. Kita bisa memesannya melalui airpaz.com, booking pesawat bisa lebih mudah, tersedia ribuan rute, harganya lebih murah dan prosesnya cepat. Berbagai maskapai seperti Air Asia, Garuda, Citylink, Tiger Air, Batik Air dan masih banyak maskapai lain bisa kita pesan melalui airpaz.com.


Menjejakkan Kaki di Pulau Sumatra

Pulau di Indonesia berjajar dari Sabang sampai Merauke, begitu luas dan sayang banget kalau tidak kita nikmati keindahannya. Seluruh daerah di Pulau Jawa, Bali dan Lombok sudah saya jelajahi, tapi saya belum pernah menjejakkan kaki di pulau Sumatra. Dan pastinya saya pengen banget bisa terbang ke Pulau Sumatra menggunakan Citylink, pesawatnya berwarna hijau setiap hari lewat diatas rumah saya. Pernah sih naik sekali dan ketagihan karena pramugarinya ramah dan senang berpantun. Pantunnya lucu-lucu lagi, bikin ga nervous saat mau take off. Maskapai Citylink cocok banget buat traveler dengan dana mefet seperti saya.Hihihi.  Pas dikantong, biarpun murah tapi ga murahan karena Citylink anak perusahaan Garuda Indonesia.


Danau Toba (sumber gbr: www.dibidik.com)
Danau Toba
Sudah lama saya bermimpi melihat indahnya Danau Toba, melihat airnya yang biru dan tenang. Merasakan sejuknya suasana pegunungan dan berlayar menuju Pulau Samosir  yang berada di tengah danau Toba. Ahh, rasanya sudah ga sabar pengen kesana, terlebih saya ingin mengenal budaya masyarakat Batak yang banyak tinggal di pesisir Danau Toba. 

Kubur Batu (sumber gbr :Wonderful Indonesia)

Masyarakat Batak Toba dan Simalungun kebanyakan tinggal di Samosir, selain warganya yang ramah, mereka amat mencintai budaya mereka dan selalu berupaya untuk melestarikannya. Pulau Samosir memiliki bekas peninggalan zaman purbakala di antaranya ialah kuburan batu dan desa-desa tradisional. Seperti makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun dan Patung Sigale-Gale yang bisa menari.

Tari Tor-Tor (Sumber gbr : Maruliandreas.wordpress.com)
Saat berwisata, hal yang paling menarik bagi saya terutama seni budayanya. Seni budaya Bali masih terpelihara secara baik hingga saat ini, begitupun adat istiadat Batak di pulau Samosir. Tari Tor-Tor sering ditanpilkan untuk menyambut tamu, upacara ritual ataupun adat. Sayapun ingin ikut menari bersama warga sekitar, karena memang tarian ini merupakan lambang bentuk syukur kepada Mulajadi Nabolon, dewa pencipta alam semesta, dan rasa hormat kepada hula-hula dalam konsep kekeluargaan mereka.

Pesona Danau Toba tak hanya itu, di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bayangin aja, di tengah danau ada pulau, dan ditengahnya ada danau lagi. Keren banget kan, jujur, saya bangga jadi orang Indonesia dan pengen suatu saat keliling nusantara.

Tempo hari saya pernah menuliskan mimpi-mimpi saya, salah satunya traveling ke Danau Toba. Semoga mimpi saya berwisata ke Danau Toba di Sumatra Utara bisa terwujud, dan dapet  Tiket Pesawat Gratis dari Airpaz.com.

Ada banyak maskapai yang melayani rute penerbangan dari Yogyakarta menuju Kuala Namu Medan. Dilanjutkan ke Parapat melalui Pematang Siantar. Selanjutnya menyebrang ke Pulau Samosir. Kita bisa terbang ke bandara Kuala Namu Medan menggunakan salah satu dari maskapai AirAsia, Lion Air, Batik Air, Citylink, Sriwijaya Air dan Garuda. Kita tinggal memilih penerbangan sesuai schedulle kita. Perjalanan dilanjutkan menuju Parapat melalui Pematang Siantar.

"Yuk, cintai negeri kita, lestarikan budaya bangsa dan mari keliling nusantara"



18 comments:

  1. Setujuu keceeee kalau Bali... Goodluck ya mak...

    ReplyDelete
  2. Aku baru sekali ke Bali selama 4 hari...ttp blm puas keliling2 Bali.. Pengen juga ke sana lagi liburan bareng keluarga.. Di Bali semua tempat layaknya indah sekali utk disinggahi.. Panoramanya sgt elok pantaslah disebut pulau Dewata.. I love Bali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujukan mak, rasanya ga puas ya keliling Bali. Pengen kesana lagi.

      Delete
  3. Gudlak yaa maakk...

    aku pernah ke Bali sekali saja waktu honeymoon.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyikknya bisa honeymuun disana, romantis bingit.

      Delete
  4. pantai yang begitu indah sekali :)

    ReplyDelete
  5. belum pernah kembali, tapi terhibur banget lihat foto-fotonya di blog ini, good luck yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat bisa ke Bali ya mak.

      Delete
  6. Aku pernah ke Bali tapi belum semuanya keeksplore . Jadi pengen ke sini lagi. Kapaaan ya? :) btw sukses buat ngontes ya, ya. Semoga menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ke Bali lagi mak Efi. Makasih doanya ya

      Delete
  7. Pantai Pandawa, huhuhuhuu...akyu belum pernah kesana dan baru tahu kalau ada pantai Pandawa. Terkahir kali ke Bali, gak bikin target ke pantai krn kebayang pantai di bali yg crowded

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih, pantai di Bali tuh ruame banget. Ga nyaman blas, makanya nyari pantai yang sepi.

      Delete
  8. Saya ingin banget ke Danau Toba. Semoga suatu saat keturutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. semoga kita sama2 bisa ke Danau Toba yaa.

      Delete
  9. Jadi mupeng pengin jalan2 ke tempata wisata bersama keluarga seperti mbak Ima :) Sukses untuk kontesnya ya :)

    ReplyDelete
  10. iihh mak prima udah pernah ke toba, mauuu bgt ke sana :D
    penasaran bgt, emang bener pulau samosirnya ga segede yang dibayangkan?

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts