RIP Avicii, "I'm going to tear this city down without you"



Haloha teman-teman, kabar duka datang dari dunia musik. Untuk kesekian kali pecinta musik kembali kehilangan musisi sekaligus DJ yang karya-karyanya telah mendunia. DJ AVICII dikabarkan meninggal pada Jumat, 20 April 2018 yang lalu.

Syedih.

Meskipun nggak kenal ama doi [yaiyalah gue siape gitu] :D. Tapi saya suka banget sama lagu-lagu Avicii. Buat kamu yang belum kenal ama DJ yang berasal dari Swedia ini pasti pernah lihat acara My Trip My Adventure di Trans TV 'kan? Backsound Without You sering banget diputar pada awal acara. Lagu ini merupakan kolaborasi antara DJ Avicii bersama Sandro Cavazza dan

Avicii memulai karir sebagai Disc Jockey kemudian menjadi bintang Electronic Dance Music ternama pertama lewat lagu Levels. Bahkan lewat lagu Levels ini Avicii mendapatkan nominasi Grammy untuk Best Dance Recording. Nominasi yang sama juga ia dapat untuk lagu Sunshine, hasil kolaborasi bersama David Guetta.




DJ yang memiliki nama asli Tim Bergling  ini memulai karir bermusik sejak tahun 2009. Dalam waktu 8 tahun karirnya melejit pesat. Hingga pada tahun 2011 Avicii semakin populer, dia menjadi icon  bagi musik EDM bahkan banyak DJ yang terinspirasi dengan Avicii dan karya-karyanya yang mendunia.



Namanya juga DJ tingkat kelarisan atau kepopuleran dari seringnya perform. Show besar Avicii antara lain di Ultra Music Festival 2012, Konser di Bierut Lebanano, Japan Tour 2016, Ultra Music 2016 Miami, Tommorow Land dan ratusan pertunjukan yang selalu dipenuhi ribuan penikmat musik jedug jedug itu.

Sayang pada tahun 2014 Avicii jatuh sakit, dari berita yang beredar doi menderita kandung empedu dan usu buntu. Yah, seorang DJ memang sangat dekat dengan dunia malam,diskotik dan minuman keras. Bahkan menjelang tahun 2017 Avicii juga terkena pankreas akut. Penyakit ini diduga karena minum alkohol yang berlebihan. Ehm, dunia malam memang identik dengan narkoba dan miras. Godaanya terlalu berat atau mungkin seorang pemusik akan mendapat pencerahan setelah minum alkohol? Saya juga tidak tahu, tetapi saat saya mentok nggak ada ide nulis terkadang saya butuh "minum"tapi cuma kopi. Itupun kopi sachetan bukan kopi mahal. [ngirit ýu]


Prihatin sih, semoga menjadi pelajaran bagi banyak orang terutama yang suka minum minuman beralkohol. Bahagia setelah minum cuma semu dan cuma bikin tubuh rusak. Noted ya gaes.

Okey, kembali ke karir dek Avicii almarhum. Ya dek lah. Ternyata doi masih seusia adik saya yang nomer dua. Hiks. Masih muda banget. Tim, panggilan sayang orang terdekat pada Avicii pernah dinobatkan oleh Forbes sebagai DJ di urutan keenam dengan bayaran termahal di dunia. Yang bikin ngiler penghasilannya pada periode Juni 2014 hingga Juli 2015 ditaksir mencapai US$19 juta. WOW. Jumlahnya amazing banget, jika dikurs ke rupiah hampir 20 M. Itu belum ditahun 2016 dan 2017 lho. Meskipun ditahun 2016 Avicii menyatakan pensiun dari dunia musik tapi dia tidak benar-benar berhenti bermusik. Dia sudah tidak perform secara live dan menghentikan tur musik dan memilih untuk mengerjakan musik dari studio.

Mengutip dariVariety.com, Avicii pernah menuliskan  tentang kondisinya dilaman pribadinya "Kita semua mencapai poin tertentu di dalam hidup dan karier di mana kita tahu apa yang terpenting bagi kita sendiri. Bagiku, itu adalah menciptakan musik. Aku hidup dan terlahir untuk itu," kata Avicii
Rupanya Avicii benar-benar total mendedikasikan hidupnya untuk musik, ia telah menelurkan sejumlah hit termasuk I Could Be the One bersama Nicky Romero, You Make Me, X You, Hey Brother, Addicted to You, The Days, The Nights, Waiting for Love, Without You, dan Lonely Together.

Berikut prestasi yang pernah ditorehkan oleh Avicii selama satu dekade berkarir menjadi produser musik EDM:

1. Pengisi 10 lagu terbaik di Hot 100 dan tangga musik Dance/Music Billboard
2. Masuk nominasi pada Grammy Awards 2012 dan 2013
3. Meraih piala Ameridan Music Award untuk kategori Musisi Electronic Dance Music Terbaik 2013

Baca Juga : Tentang Fourtwnty


Diakhir hayatnya Avicii masih berkarya dan sayangnya proyek musik Avicii ada yang belum selesai. Eksekutif A&R yang bekerja bersamanya serta Neil Johnson dari label rekaman Geffen Records mengungkapkan pada Variety, sekaligus mengklaim bahwa musik itu adalah karya terbaik sang DJ selama bertahun-tahun.



Saat perawatan di RS pun Avicii masih sibuk dengan laptopnya :(


Dikutip dari NME menurut Johnson yang merupakan rekan di project terakhir Avicii proyek musik itu adalah musik terbaiknya selama bertahun-tahun, Avicii sangat total dan menjiwai project terakhirnnya ini. Johnson juga mengungkapkan jika Avicii terbiasa bekerja 16 jam dalam sehari.
Walah, saya kerja di kantor 8 jam aja udah lelah padahal nggak kerjanya nggak efektif banget [jangan dibully]. Eniwei saya juga ingin sedikit cerita jika saudara saya pernah ditembak empedunya karena sering begadang, kurang tidur dan terlalu diforsir badannya. Jadi, kemungkinan si dedek Tim ini menderita pankreas karena badannya terlalu "lelah" ditambah kebiasaan minum yang buruk.  



Avicii menutup hampir satu dekade tur dengan pertunjukan terakhir di Ushuaia Ibiza Beach Hotel. Ia berterima kasih kepada penggemar dan teman-temannya di media sosial untuk dukungan mereka atas keputusannya. Tur terakhir sang musisi digambarkan dalam video dokumenter Avicii: True Stories, yang dirilis lebih dari setahun kemudian pada September 2017.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Riwayat Kesehatan DJ Avicii Sebelum Meninggal", https://entertainment.kompas.com/read/2018/04/21/110325210/begini-riwayat-kesehatan-dj-avicii-sebelum-meninggal.
Penulis : Andi Muttya Keteng Pangerang
Editor : Irfan Maullana



























































Lagu Avicii tidak melulu dipenuhi hentakan dan beat yang cepat, coba deh dengerin lagu Feeling Good yang menjadi salah satu lagu terakhir di tahun 2015. Lagunya begitu tenang. Berikut cuplikan lirik lagu Feeling Good :


It's a new dawn
It's a new day
It's a new life for me
It's a new dawn
It's a new day
It's a new life for me
And I'm feeling good
And I'm feeling good



Rest in peace Tim, its a new day for you, I hope you feeling good. Now and forever. 

Dua puluh delapan tahun mungkin masa waktu yang pendek tetapi karyamu akan lebih panjang dari sekedar angka 28. Selamat beristirahat, Tuhan telah mengambil rasa sakitmu.

 
http://www.klikponsel.com/wp-content/uploads/2015/09/dp-bbm-sedih-gif.gif

Baca juga : Langit Music, Sahabat Music Lovers


Komentar

  1. Jaga kesehatan dan pola makan itu sangatlah penting. Hindari alkohol dan rokok.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)