Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2015

Ditraktir Nonton Raminten Cabaret Show, Ternyata Begini Rasanya!

Rintik hujan belum juga berhenti. Perlahan titik-titik hujan itu mulai berkurang volumenya. Warna langit  kelabu mulai menghilang. Jalanan Jogja mulai padat, maklum saja Jumat sore waktunya para perantau pulang ke kampung halaman dan para pekerja meninggalkan tempat mereka mendulang rupiah dan kembali ke rumah.
Rintik hujan tak mengurangi semangat saya tetap melajukan motor menuju kawasan yang paling ingin didatangi oleh wisatawan tetapi sangat dihindari oleh orang Jogja. Malioboro. Jika tidak terpaksa rasanya orang Jogja males ke sini 'kan?
Macet. Berjubel manusia. Tapi, bagi orang luar Jogja, Malioboro serasa magnet dengan kekuatan super kuat.
Sesampai di Malioboro hujan telah berhenti. Rupanya Tuhan tahu keinginan umatnya. Para wisatawan ingin menikmati Malioboro tentunya tanpa berbasah-basahan. Begitupun saya yang harus berjalan kaki dari Malioboro Mall menuju Mirota Batik. Dari ujung ke ujung ye kan.
Jumat yg lalu seorang teman, Mas Bagus dari Cepu sedang berulang tahun dan…

Ada Apa di Gua Tabuhan Pacitan?

Apakah kamu sudah terpesona akan keindahan Gua Gong di Pacitan setelah baca postingan saya sebelumnya, jika belum baca dulu aja ya jalan-jalan saya bersama Tim Pendahulu ke  Gua Gong Pacitan.  Pacitan terkenal akan gua dan pantai, selain Gua Gong ada Gua Tabuhan yang lebih misterius dan mistik kalau menurut saya.

Sama-sama luas dan dalam, tapi Gua Tabuhan memiliki keindahan tersendiri, yaitu stalagtitnya bisa ditabuh/dipukul dan menghasilkan suara seperti gamelan. Jika kamu ada waktu luang dan tidak tergesa-gesa bisa "nanggap" campursari yang dimainkan oleh warga setempat dengan mengandalkan dari stalagtit di Gua Tabuhan. Cukup membayar 150 ribu rupiah, anda bisa menikmati alunan musik khas Jawa dan suara merdu sang sinden.

Pukul dua belasan saya dan rekan sampai di Gua Tabuhan, suasana hening dan mistis terasa disini, hari itu bukan hari libur sehingga tidak banyak pengunjung. Pohon besar tampak berdiri gagah seolah menjaga Gua Tabuhan. Rindang dan adem saat berada disini,…

Ciri-Ciri Batu Fire Opal Wonogiri

Bosen baca postingan kuliner saya yang bikin kalian ngiler, yuk beralih topik ke batu akik aja. Pastinya kalian sudah pernah baca tulisan saya tentang perakikan ini sebelumnya, dimana Mas Bojo sedang bisnis online batu akik fire opal. Dari hobi malah bisa hoki bisa dibilang seperti itu.

Sudah setahun belakangan Mas B mulai menggandrungi batu akik terutama batu fire opal Wonogiri, iseng diiklanin eh malah lancar. Batu Fire Opal Wonogiri yang dulu belum tenar sekarang mulai dikenal di seluruh Indonesia. Penggemarnya lumayan banyak, dan mayoritas pembeli batu fire opal Wonogiri memang kelas menengah ke atas. Karena memang harganya lumayan mahal, batu yang sudah jadi seukuran 5mm seharga 500 ribu.


Ciri-ciri Fire Opal Wonogiri :
Keunikan dan ciri khas batu fire opal wonogiri diantaranya kemampuannya memantulkan cahaya atau bias sinar dari dalam batu yang menyerupai nyala api sehingga batu ini juga dikenal dengan nama fire (api) atau barjad api yang saat ini cukup populer dikalangan penc…

Indahnya Kebersamaan di Candi Sambisari Jogja

Candi Sambisari Jogja - Rumah saya dikelilingi banyak candi, ada Candi Kalasan, Candi Prambanan, Candi Sari, Candi Ijo, Candi Sojiwan, Candi Gebang dan masih ada candi lain yang saya lupa, hehehe. Bahkan Candi Kalasan berada satu dusun dengan rumah saya. Tak heran jika duo anak lanang cinta banget ama candi. Hampir tiap sore minta jalan-jalan ke candi, tanpa bosan.
 Kalau waktunya ada dan suami lagi nggak cape, kami jalan-jalan sore agak jauhan dikit. Ini kunjungan saya setahun yang lalu kayaknya, dek Saka masih bayi dan mas Nathan baru 3 tahunan. Sebelum ke candi kami mampir ke penjual gorengan dan membeli beberapa mendoan dan donat kesukaan Mas. Atau jalan-jalan sore sambil nyuapin anak itu udah biasa. Bukannya males nyuapin dirumah atau Mas ga doyan makan, tapi mempersingkat waktu. Nasi habis, tapi juga bisa melihat indahnya Candi Sambisari.

Candi Sambisari  berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Jogja. Dari arah barat belok kiri…

Terpesona Keindahan Gua Gong di Pacitan

Gua Gong Pacitan -- Salah satu kota  dengan potensi wisata yang menarik adalah  Pacitan. Kota kecil yang berada di timur Wonogiri, dan daerah paling barat  dari provinsi Jawa Timur. Dengan kontur topografi  perbukitan batu kapur, Pacitan tidak mempunyai lahan pertanian yang subur. Tanahnya yang keras tidak cocok menjadi lahan pertanian. 
Tapi, Tuhan selalu adil, walaupun kurang menghasilkan dalam bidang pertanian, Pacitan mempunya potensi lain yaitu keindahan gua dan pantai. Sebagian besar lahan di Pacitan berupa perbukitan sebesar 85 % dari luas seluruhnya. Ada 300an gunung-gunung kecil yang tersebar di seluruh wilayah Pacitan, dan banyak jurang terjal yang berada di deretan Pegunungan Seribu yang membentang sepanjang selatan Pulau Jawa.
Sudah lama saya ingin melihat seperti apa sih gua-gua yang ada di Pacitan. Beberapa kali keluarga saya pernah ke sana tapi entah kenapa saya koq ga pernah ikut. Ada beberapa gua yang terkenal di Pacitan, yaitu Gua Gong dan Gua Tabuhan. Konon, gua-gua…