BS Resto, Restoran Etnik dengan Area Balcony yang Cantik



"Selamat sore pak, acara gathering blogger dimana ya?" Tanya saya pada bapak yang nampaknya security di BS Resto.

"Di belakang mbak, di dalam restorannya, kendaraan bisa di parkir disini. Mari saya bantu" Bapak itu dengan ramah menjawab pertanyaan saya dan membantu saya memarkir motor.

Keramahan si Bapak berkesan bagi saya, apalagi saat itu sudah sore dan saat yang tepat untuk berleha-leha, tapi si Bapak masih bersemangat dengan keramahannya.

Senja mulai temaram begitu saya memasuki kota Magelang, perjalanan dari Jogja ke Magelang yang memakan waktu hampir satu jam karena saya langsung dari kantor turut menyumbang kelelahan sore hari itu. 

Atapnya cantik kan (gambar dok BS REsto)

Tapi kelelahan saya terbayar begitu menapakkan kaki di BS Resto yang cantik. Kenapa cantik? Karena mirip saya. Lol. Lha gimana nggak cantik gaes, restoran ini mempunyai dua lantai. Lantai bawah berdesign limasan sebagai gerai souvenir khas dari Magelang dan Jogja sedang restonya ada di lantai dua dengan tangga kayu yang artistik dan atap berhiaskan kain tenda yang berwarna kombinasi coklat dan krem yang senada dengan nuansa kayu di BS Resto.

Teh hangat dan pisang goreng menemani istirahat saya sore itu sembari ngobrol ringan dengan beberapa teman blogger. Mbak Eli selaku manager BS Grup dengan ramah menyapa kami dan mempersilahan untuk menikmati cemilan ala Jawa. Yes, BS resto memang menawarkan Taste of Indonesia gaes, jadi dari cemilan hingga menu makanan semua berbau Jawa.




Sebelum langit semakin gelap kami diajak untuk tour show dari Orang Utan Resto, Borobudur Silver dan BS Resto sendiri. Pemandangan di BS Resto cukup memanjakan mata, halaman belakang yang luas dengan rumput hijau,  dari area balcony sendiri kita bisa langsung melihat sunset. Dan ketika cuaca mendukung, akan nampak pegunungan Sumbing dan Sindoro.





BS Resto berdiri pada tahun 2009, bersebelahan langsung dengan bangunan induk  Borobudur Silver. Lokasi BS Resto sangat strategis, berada di pinggir jalan besar menuju Candi Borobudur. Sekita 6 km dari Candi Borobudur. Wisatawan yang menuju ke Candi atau pulang dari Candi Borobudur pasti lewat di depan BS Resto.

Management dari Borobudur Silver melihat banyaknya pengunjung candi Borobudur serta permintaan dari para relasi  dari travel agent, guide ataupun driver. Maka Borobudur Silver Grup membuka Borobudur Silver Restoran yang lebih terkenal dengan BS Resto.





Apa sih yang bikin BS Resto begitu menarik khususnya bagi turis mancanegara ataupun wisatawan dari luar Jogja dan Jateng?

Bangunan berbentuk limasan  kembaran yang berada di pintu masuk membawa kesan so Javanese. Bagi  turis yang dicari pasti yang serba lokal termasuk design restorannya. Hampir semua ornament menggunakan kayu jati  berkualitas tinggi. 



Semua meja serta kursi di area balkon memang unik. Menurut saya model meja dan kursinya tidak pasaran. Namanya Meja Pa, meja ini terbuat dari kayu utuh tanpa sambungan. Kursinya pun tak kalah unik bernama kursi Samurai karena bentuknya yang melengkung seperti samurai dan terbuat dari kayu utuh juga.




BS Resto menyediakan lebih dari 20 pilihan menu yang sebagian besar merupakan menu khas Indonesia. Taste of Indonesia menjadi tagline resto ini, tapi tetap menyediakan Western Food dengan varian yang terbatas.

Menu unggulan di BS Resto yaitu Fried Butter with Butter Sauce, Gurameh Dancing, Buncis Daging Cincang dan  Borobudur Tangy Soup. Ehm, dari namanya udah bikin lidah berdecak ya gaes. 




Beruntungnya saya, malam itu bersama teman-teman blogger menikmati sajian makan malam di BS Resto. Kamu nggak usah ngiri ya. Menu yang disajikan ada ayam bakar, bakwan jagung, daging sapi lada hitam dan capcay.




Taste of Indonesianya kental sekali, pasti chef di BS Resto sudah terlatih dan memiliki jam terbang tinggi. Yang paling maknyus bakwan jagungnya gaes. Pengen nambah tapi kok malu ya, sepertinya next time saya perlu kesini lagi bareng keluarga biar bisa menikmati bakwan jagung endes lagi.




Bagi yang ingin bersantai dengan keluarga ataupun kolega bisa memilih area gazebo yang berada di atas kolam. Menu yang ditawarkan berbagai olahan ikan bakar dan goreng serta aneka seafood. Untuk keluarga saya memang prefer memilih area gazebo, bisa mancing dan duduk santai disini. 




Harga yang dipatok untuk menu ikan lebih terjangkau daripada menu utama di area Balcony. Bagi kamu yang jomblo. Iya 'mblo! Ada menu jomblo lho, sudah lengkap nasi, ikan dan minum. Bisa juga untuk berdua kalau kamu mau kayak lagu "sepiring berdua" itu. Lol




Sobat Prima, setiap sudut di BS Resto terlihat begitu cantik. Perpaduan arsitektur serta taman yang indah dan ornament kayu yang unik memberi kesan tersendiri. Apalagi menu makanan yang disajikan tak hanya good plating tapi diimbangi rasa yang autentik.

Menikmati lunch di BS Resto setelah mengunjungi Candi Borobudur pasti sangat berkesan, apalagi jika dinner disini bersama pasangan tentunya lebih berkesan 'kan. Romantic ambiencenya terasa banget, apalagi jika ada live musik/akustikan. Aw...aw...aw.


Thank to BS Resto karena memberi warna pada kuliner di Magelang, next time pasti saya bakal kesini lagi.

Komentar

  1. Aku jg seneng kalo dtg ke resto yg designnya etnik gini.. Ga biasa soalnya... Apalagi kalo makanannya enak.. Sayang bgt pas trakhir k borobudur, ga tau ttg resto ini , jd ga didatangin mba :). Next time lah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak dari Borobudur pasti lewat sini, mungkin next Time bisa mampir ke BS Resto.

      Hapus
  2. Wah, lengkap banget ini ya?
    Tambah lengkap ada poto koper boynya di situ soalnya.
    Hahaha...

    Salam
    @nuzululpunya

    BalasHapus
  3. Keren banget restonya.. Enggak ada daftar menunya ya Mak? Penasaran sama harganya. Hehehe

    BalasHapus
  4. Tempatnya enak banget ya, suasananya. Apalagi menjelang senja gitu, duh jadi pengin makan di BS Resto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk acarakan ke Borobudur mak ty, ntar mampir sini

      Hapus
  5. Gazebonya unik ya mbak Prima. Makan bersama keluarga disana jadi lebih akrab dan privat, bisa lebih mendekatkan satu sama lain :)

    Keunikan lainnya adalah menu jomblo, mungkin harganya paling murah ya mbak, hehe..

    Makan di tempat berarsitektur etnik berasa pulang kampung ya mbak, bikin betah berlama-lama :)

    BalasHapus
  6. Ah... resto ini disamping rumah eyang saya... Lah malah belum nyoba kalau main ke Muntilan...

    Makasih mbam share-nya... besok-besok kalo mudik, biar saya mampir...

    BalasHapus
  7. Penasaran sama ikan gurameh menari itu aku mb.. Soalnya klo di resto lain kan biasanya cuma digoreng gitu aja..

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)