Pantai Klayar Pacitan


Hai cintaaa, mau piknik kemana weekend ini? Pantai Klayar menjadi obyek wisata favorit di Pacitan setelah beberapa gua yang dimiliki kabupaten yang berbatasan dengan Wonogiri ini. Pantai Klayar memiliki pasir yang  putih dan garis pantai yang cukup panjang. Sayang ga bisa buat mandi-mandi, karena banyak karang di tepiannya.

Siang yang terik saya bersama teman-teman mengunjungi beberapa tempat wisata di Pacitan. Gua Gong dan Tabuhan menjadi destinasi pertama kami. Puas menyusuri gua, perjalanan kami berlanjut ke Pantai Klayar di  di Desa Kalak Donorojo, Kabupaten Pacitan. Dari Pacitan kita menuju ke arah barat sekitar 40 km dengan waktu tempuh 1 jam.


Jalan menuju Pantai klayar lumayan berliku, yang suka mabuk, mending antisipasi dengan minum antimo terlebih dulu. Pemandangan bukit batu ada di kiri kanan, semilir angin dari perbukitan bercampur angin panas lumayan membuat kami gerah. Tapi terbayar saat memasuki pintu masuk Pantai Klayar.

Baca Juga :Gua Gong ,



Jangan lupa untuk membeli tiket yang karena dari tiket itulah Pemda Pacitan mendapatkan pemasukan dana. Harga tiket Pantai Klayar tidak mahal kok, sekitar 7000  rupiah saja. Dari pintu masuk, kita menuju tempat parkir di pinggir pantai.  Pohon kelapa berjajar di pinggir pantai, bisa jadi tempat berteduh sambil menikmati kelapa muda jika kita enggan berpanas-panasan di pantai.




Keunikan dari Pantai Klayar yaitu adanya celah di batu karang, jika ombak besar datang sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seperti air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Yang unik lagi semburan itu bisa mengeluarkan bunyi seperti siulan. Bahkan di sebut sebagai Seruling Laut. Tapi kalau malem sendirian disini horor juga yaaaa, ada suara-suara dari laut, hiiii.


Oleh-oleh dari Pacitan 

Pulang tanpa membawa oleh-oleh itu rasanya gimana gitu. Di sekitar Pantai banyak warga yang menjual Gula Aren/ Gula Jawa, harganya lebih murah dari pada saya beli di Jogja. Rasanya juga lebih enak karena gulanya asli dari aren dan dibuat sendiri oleh warga Pacitan. Harga sekilo sekitar 13000 rupiah.

Rute menuju Pantai Klayar :

  • Jika kamu datang dari Yogyakarta, maka jalur yang ditempu adalah: Wonosari – Pathuk – Kota Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Perbatasan Jateng Jatim – Punung – Pantai Klayar.

Sayang belum ada angkutan umum menuju pantai ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik ojek jika menggunakan bus dari Pacitan. Angkutan lain, kita bisa nunut warga. Mobil dengan bak terbuka banyak di daerah Pacitan, mereka rela jika kita ikut numpang. Yang penting  "tembunge" kata orang Jawa.

Cerita Piknik dah nyampe Pantai Klayar nih, kapan kalian kesini ?

Komentar