Berkah Batu Akik, Dari Hobi Jadi Hoki



Batu cincin Fire Opal Wonogiri

Jangan heran ya kalau saya sering nulis tentang perakikan, hahaha. Selain emang lagi booming, batu akik menjadi tambahan perekonomian buat keluarga saya.

Setahun terakhir mas bojo memang hobi beli batu akik, pastinya untuk dipakai dan dikoleksi. Saya tidak melarang asal tidak berlebihan, toh selama ini dia tidak punya hobi khusus seperti pria lain. Seperti ngetrail, modif mobil, koleksi burung yang pasti hobi itu membutuhkan uang yang tidak sedikit.


Itu batu asli natural bukan obsidian

Hingga beberapa bulan yang lalu bertemu dengan pengepul batu Fire Opal dari Wonogiri. Mas bojo sangat menyukai jenis batu itu dan punya beberapa buah. Entah, siapa yang mengajak dia mencoba jualan online dan ternyata laku. Beberapa pesanan mengalir, saat itu dia menggunakan laptop untuk beriklan diinternet. 
Saat bertransaksi pastilah perlu ngobrol ini itu dan dia menggunakan smartphone saya untuk BBMan ama customer. Lama-lama saya terganggu juga, karena kontak di BB nambah banyak isinya bapak-bapak pula. Saya menyarankan dia beli HP baru aja, supaya lebih mudah bertransaksi dan berhubungan dengan pembeli.

Ohya, suami saya sebelumnya pake HP Nokia jadul dan dia memang tidak tertarik pake smartphone apalagi kalau hanya untuk facebookan kayak saya. Hahaha...... Entahlah dia tidak begitu suka dengan sosial media, beda  banget ama istrinya yang cantik ini #gubrak.

Sekarang masbojo betah berlama-lama mantengin smartphonenya, pastinya bukan update status. Tapi motret batu akik, pasang iklan dan  bertransaksi. 

Bonghakan batu Fire Opal Wonogiri dagangan mas bojo
Semenjak kenal batu Fire Opal Wonogiri, dia sudah yakin kalau kelak batu akik jenis Fire Opal akan terkenal dan banyak disukai orang. Waktu itu, memang belum banyak yang tahu apa itu fire Opal Wonogiri dan harganya cukup mahal dibanding batu akik jenis lain. 

Batu fire opal yang sudah digosok, ukuran setengah cm dihargai 500an ribu

Dan benar saja, ternyata insting bisnis suami tepat. Dari hari kehari pesanan makin banyak dan intens, pastinya saya dukung donk hobi suami yang ternyata bikin hoki. Lumayanlah buat pemasukan, bisa dipakai jalan-jalan, hehehe.

Tak hanya lewat online, pembeli di sekitar Jogja memilih datang ke rumah. Bahkan beberapa hari yang lalu ada pembeli dari Lombok, yang sebelumnya sudah belanja via online dan saat ada tugas luar kota ke Jogja dia mampir ke rumah. Ga tanggung-tanggung, belanja 2 juta bro. *sang istri ngguyangguyu*

Mas bojo mengiklankan barangnya melalui status BBM dan Buka Lapak.com , kebanyakan sih lewat Buka Lapak.com yang aman bagi pembeli dan penjual. Jika kamu pengen jualan atau beli online, bisa lewat Bukalapak.com , banyak keuntungannya. Di postingan selanjutnya akan saya bahas tentang Bukalapak.com lebih rinci ya.

Lumayan lho, status mas bojo di Bukalapak.com sudah pedagang besar dengan feedback 100% baik, artinya semua pembeli puas tanpa ada komplain. Menjaga kualitas dan jujur itu penting lho, karena pembeli akan berlangganan lagi pada kita.

Jujur, terkadang saya kasihan sama mas bojo. Siang hari ke proyek, sore sampai malam online dilanjut bungkusi paketan, paginya nganter ke JNE, tapi dia terlihat hepi, karena dia memang suka batu akik dan kesenangannya itu menghasilkan uang. Ahh, jadi makin cinta dia, hahahaha.. Bahkan beberapa orderan mendesign rumah dia limpahkan ke temannya, ga ada  waktu alasan suami. Menggambar itu butuh mikir berhari-hari padahal hasilnya tak seberapa. Tapi kalau orderan borong rumah tetep dikerjakan sendiri. Pekerjaan pokok itu.

Beberapa pameran dia ikuti tapi sepertinya lebih ramai via online, karena batu akik Fire Opal Wonogiri harganya memang diatas rata-rata dan punya pangsa pasar khusus. Sedang dipameran kebanyakan konsumen mencari batu akik dengan harga murah.


Walau terkadang jualan batu akik agak disepelekan atau dipandang sebelah mata, bagi saya no problem laahh, itung-itung bantu para penambang dan pengepul dan juga para pengrajin batu akik. Bahkan dikantor sering diejek, wah juragane batu akik, saya cuma senyam senyum aja. Omzet sebulan puluhan juta lho #gaNyombongLho

Nah, sobat apakah kalian punya hobi? Jika ditekuni bisa jadi itu jadi hoki kamu lho..

Komentar

  1. Semangat ya mbak, tugas sang istri adalah selalu mendoakan suaminya dan menssuport.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mas, slalu mendoakan agar makin laris,hehe

      Hapus
  2. batu akik memang lagi ngetren tapi nggak sangka kalau harganya ternyata mahal juga...
    sukses bisnis batu akiknya ya mbak Prima... :)

    BalasHapus
  3. harus mengerti dulu ya mbak kalau mau berbisnis. Laris manis ya bisnis batu akiknya

    BalasHapus
  4. Batu akiknya cakep. Bercahaya seperti api :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalo dalam bahasa Jawa cincin fire opal ada brajad api atau cahaya api mbak

      Hapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)