8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor



Sebagai penglaju atau komuter yang tiap weekday mulai hari Senin hingga Jumat harus bepergian ke kabupaten Bantul dan kembali ke rumah tinggal di kabupaten  Sleman saya benar-benar harus rutin mengecek kondisi motor saya. Setiap hari saya menempuh perjalanan selama satu jam dengan jarak 30 km sekali jalan. Jadi total perjalanan pergi pulang  tiap hari saya sejauh 60 km. Ehm, lumayan juga ya gaes. Ya, gimana lagi tempat mencari sesuap nasi saya memang di Bantul. Dengan senang hatilah tiap hari kesana. Hahaha.

Urusan service motor juga menjadi tugas saya karena pak suami bertugas service mobil. Karena jarak tempuh saya memang jauh jadi saya terbilang sering mengecek kondisi motor dan menservis sekalian. FYI, service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah menempuh jarak tertentu. Untuk motor setiap 2000 km sudah harus ganti oli. Dan saat service sebagai orang awam seringkali saya dan mungkin juga anda tidak tahu bagian mana yang rusak. Apakah saluran bahan bahar, mesin, rem, gas tangan, oli mesin, ban atau yang lain.

Berikut 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

  1. Oli Mesin

Dulu setiap jarak tempuh sudah 2000-2500 km maka saya selalu mengganti oli  mesin namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/ 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Teman-teman, oli mesin ini sangat penting keberadaannya, ibaratnya tanpa ada oli mesin ya mesin kendaraan tidak bakal bisa bergerak. Oli mesin memiliki banyak fungsi bagi mesin motor. Sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. oli mesin ini rutin harus diganti. Jadi kalau service motor rutin pasti ada tambahan harga pembelian oli tergantung merk dan biaya jasa ganti oli.

2. Oli Gardan

Motor yang saya gunakan itu motor matic dan kebanyakan pengendara motor sekarang menggunakan motor matic. Ada tambahan oli yang harus diganti yaitu oli gardan. Fungsi dari oli gardan untuk melumasi gear/perangkat yang ada di Continuosly Variable Transmission (CVT). Untuk waktu penggantian lebih lama dari oli mesin yaitu setiap 2x ganti oli mesin diikuti 1x ganti oli gardan. Lumayan ya nggak seboros oli mesin. Hehehe.

3. Busi

Nah ini dia spare part yang ukurannya kecil tapi sangat penting karena tugasnya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Apabila busi tak berfungsi baik maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.  Waktu yang tepat untuk mengganti busi yaitu ketika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 6 km. Bagusnya tiap 2x mengganti oli maka dibarengi dengan 1x menganti busi.

4. Kampas Rem

Jika motor sudah mulai mengeluarkan bunyi ngik-ngik, atau direm terasa seret bisa dipastikan kampas rem sudah habis. Nah kalau yang rusak di bagian rem pasti kita sudah bisa merasakan dari bunyi atau saat digunakan rem tidak berfungsi optimal. Rem ini sangat penting terutama faktor keamanan dan keselamatan. Ketika kampas rem sudah menipis atau habis maka rem tidak pakem lagi dan sangat membahayakan karena kita bisa celaka. Itulah perlunya mengecek rem pada kendaraan.

5. Filter Udara

Bagian motor selanjutnya yang harus dicek saat service motor yaitu filter udara.  Fungsi dari filter udara ini menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Menyaring kotoran jangan sampai masuk dan bisa menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

Penggantian filter udara tergantung dari mekanik yang menservice, pakah sudah perlu diganti atau cukup dibersihkan saja. Pada sepeda motor jenis bebek, penggantian filter udara motor ada di interval 10.000 km atau 10 bulan penggunaan. Berbeda lagi pada kendaraan matic penggantian filter udara mulai interval 12.000 km - 15.000 km dan 12 bulan hingga 15 bulan penggunaan.

6. Aki atau Accu

Masa pakai atau penggunaan aki atau accu motor sekitar 1,5 hingga 2 tahun paling lama. Jika lebih dari dua tahun seharusnya sudah diganti karena performa aki pasti turun dan harus segera diganti dengan yang baru. Jika dibiarkan begitu saja ki motor lama-lama rusak dan motor tidak bisa dinyalakan. 

Tegangan pada aki idealnya pada 12,3-12,6 volt dalam kondisi mati. Jika mesin menyala maka tegangan aki berada pada 13,5-14m2 Volt. Kalau tegangan aki tak sesuai maka ada kebocoran atau kondisi aki ada yang berkarat.  Nah, untuk kenyamanan dan keamanan berkendara maka aki juga harus diperhatikan kelayakannya.

7. Ban

Bagi saya yang selalu memboncengkan duo anak  lanang ketika berangkat ke kantor karena sekalian mengantar mereka ke sekolah, maka ban harus selalu pas tekanannya. Karena kalau tekannnya kuran, sedang kami bertiga lama kelamaan ban bisa bocor dan malah boros karena harus mengganti ban. Pemeriksaan ban sangat penting dan perlu dilakukan secara berkala. Sebelum menjalankan motor terlebih dulu cek kondisi ban selain ngecek isi BBM. Hahaha. Saat service maka mekanik akan mengecek secara menyeluruh dari tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan apakah sudah gundul dan mesti diganti atau tidak.  

8. Tune up Motor Rutin

 Tune up rutin adalah pemeriksaan semua komponen motor secara berkala terutama komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan dimulai dari tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator, tegangan rantai, rem dan klakson.

Jika saat tune up ada yang mesti diganti seperti oli mesin, oli gardan atau penggantian sparepart. Mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kok apa saja yang perlu diganti, karena terkait dengan keuangan. 


Bengkel Servis Motor Terbaik

Servis motor tentu harus di bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel andalan yaitu Planet Ban, cabangnya ada banyak di hampir semua kota. Di dekat rumah ada di pinggir jalan Jogja - Solo, dari rumah sekitar 300an meter saja. Deket banget 'kan. Di bengkel ini kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Nah, apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemar. Fokus pemeriksaan pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis. Nah bagian ini sering terlewat, padahal jika ada kerusakan meski kecil tetap akan mengganggu performa motor.

Apa saja manfaat melakukan servis di Planet Ban?


  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.



Bagi saya, selain hasil service yang memuaskan saya juga suka dengan hasil service yang bersih, baik dari tampilan luar ataupun di bagian part motor. Biasanya masih banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. bahkan sering ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat mesin motor saat jalan terasa berat.

Jika melakukan service motor rutin di Planet Ban maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT , klep mesin, piston, throttle body semuanya bersih dari sisa pembakaran, debu dan kotoran hingga mesin terlihat baru. Kinclong gaes.


Senengnya saat mesin bersih itu tarikan motor jadi lebih enteng, saya suka dengan pelayanan service motor di Planet Ban karena bikin motor seperti mesin baru. Tarikan enteng, emisi turun lebih dari 70% , lebih hemat BBM dan mesin jadi bersih total.

Yang paling bikin seneng lagi karena harga service motor lengkap di Planet Ban harganya terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,-, service CVT sekaligus rantai rp19.500,- bahkan service throttle body cuma Rp20.000,-

Nah, gimana teman-teman, jangan melewatkan untuk service rutin motor ya karena manfaatnya banyak. Nggak mau 'kan di jalan tiba-tiba motor macet dan aktivitas terganggu. Pas libur lebaran kemarin saya sudah service rutin, karena selain pas motor tidak dipakai, agar pas sudah masuk kerja motor bisa diajak kerja tanpa kendala. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.




Komentar