Diskusi Bersama Netizen Gathering MPR RI



Sebagai netizen , saya senang sekali saat MPR RI yang diwakili oleh Tim Humas datang lagi ke Yogyakarta dan berjumpa dengan teman-teman Netizen Jogja dalam acara Netizen Gathering dengan tema Peran Media Sosial dalam Publikasi Kegiatan MPR RI. Event serupa pernah diadakan juga di Jogja pada akhir tahun 2018, setahun setelahnya saya juga mengikuti Netizen Gathering MPR skala nasional yang diikuti perwakilan dari hampir semua provinsi di Indonesia bertempat di Hotel Sultan Jakarta.

Saya sangat antusias begitu mengetahui ada event ini, selain tombo kangen sama teman-teman blogger di Jogja, saya juga ingin mengetahui perkembangan MPR RI selama ini, sebagai netizen 'kan tugas kita untuk "kepo". Hahaha.



Acara diselenggarakan di Hotel Porta Yogyakarta pada 17 Desember 2023 pekan lalu. Ibu Siti Fauziah, S.E, M.M membuka acara pada pukul 13.00 WIB. Beliau adalah Plt. Deputi Administrasi sekaligus Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Sekretaris Jendral MPR RI. Sesudah membuka acara, Bu Siti sebagai keynote speaker juga memberikan sambutan serta informasi seputar kegiatan MPR RI. Keynote Speaker acara Netizen Gathering ada dua orang, selain bu Siti Fauziah ada juga Plt. Kepala Biro Sumberdaya Manusa Bapak Muhammad Jaya, S.IP, M.Si





Meskipun yang diselenggarakan oleh instansi, tetapi acara berlangsung santai dan terbuka. Bu Siti Fauziah dan Bapak Jaya antusias serta terbuka menerima saran serta kritik dari teman-teman netizen terkait dengan konten-konten di akun Instagram MPR RI yaitu @MPRGOID ohya jangan lupa follow akun tersebut ya. 

Dalam sambutannya, Ibu Siti menyampaikan bahwa Biro Humas MPR RI ingin mendapatkan saran serta kritik dan tentunya masukan yang membangun untuk perbaikan akun MPRGOID, agar isinya tak hanya mengena tetapi tetap menarik bagi semua generasi.  

Menurut pak Jaya, saat ini penyebarluasan informasi kegiatan-kegiatan MPR baik yang diadakan oleh anggota MPR ataupun dari Setjen secara lembaga masih ada kendala. Beliau juga meminta saaran dan kritik dari netizen Jogja dan nantinya dari berbagai masukan yang masuk akun resmi MPR GO ID bisa maksimal dalam menyajikan informasi baik secara tulisan dan visual.

Diskusi Terkait Peran Media Sosial dalam Publikasi Kegiatan MPR RI

Peserta Netizen Gathering MPR RI kurang lebih ada 20 orang terdiri dari blogger, influenzer dan KOL yang tentu kesehariannya tak jauh dari konten dan media sosial.

Okay, dari tadi saya menulis istilah netizen. Netizen itu sendiri apa sih?
Saya kutip dari Wikipedia, Istilah warganet atau netizen adalah sebuah gabungan dari kata warga dan Internet yang artinya "warga internet". Kata tersebut menyebut seseorang yang aktif terlibat dalam komunitas maya atau Internet pada umumnya.

Nah, hampir semua pengguna internet bisa disebut dengan Netizen ya ges, hanya saja mungkin bagi kami para konten kreator tentu "keaktifannya" lebih dari pengguna internet yang lain. Teman-teman blogger satu persatu memberikan penilaian  pada akun instagram MPR kemudian memberikan saran -saran, antara lain :
1. Sebelum membuat konten harus ada riset konten ditujukan untuk siapa
2. Template sebisa mungkin konsisten
3. Konten berbentuk video diperbanyak (reels)'
4. Kualitas foto yang  bagus dan humanis
5. Pengurangan konten dengan gambar tokoh berukuran besar, jika memang harus perlu maka tulisan/info lebih besar dan gambarnya kecil saja.
6. Caption tidak perlu panjang lebar, jika narasi memang harus panjang, dibuat semenarik dan membuat penasaran netizen
7. Bisa dibuat tema sesuai waktu, misal hari Senin tema sejarah, Selasa kegiatan MPR dan seterusnya
8. Diadakan kuis/giveaway untuk menarik follower
9. Admin lebih santai dalam menanggapi komentar, anggap follower adalah teman, gunakan bahasa santai dan tidak kaku
10. Menciptatkan maskot dari MPR agar menjadi icon 
11. Informasi bisa disampaikan dalam infografis

Temen-temen semua, saran-saran tersebut tak hanya untuk akun instagram MPR, tetapi juga bisa kalian praktekkan lho dalam membuat konten di media sosial. Ohya, jika kalian ada masukan tambahan, bisa isi di kolom komentar yaa nanti disampaikan ke tim Humas MPR RI.


Komentar