Menu Selayang Pandang, Menu Special dari Sekar Kedhaton Resto

 

Senja mulai temaram. Kotagede yang sudah cantik terlihat makin menawan di sore hari. Kulambatkan laju kendaraan, seolah tak ingin melewatkan keriuhan sepanjang jalan Kotagede. Dulu, Kotagede merupakan ibukota Kesultanan Mataram. Tak heran jika pesonanya masih terasa hingga abad millenium sekarang.


Akhirnya kuhentikan laju kendaraan. Sebuah restoran dengan design bangunan sentuhan etnik Jawa cukup membuat saya takjub. Sekar Kedhaton Restauran nama resto itu.  Masuk ke dalam Sekar Kedhaton berasa berada dalam rumah bangsawan tempo dulu. Megah, mewah, etnik dan otentik.

"Selamat sore, silakan masuk" sapaan ramah dengan senyum manis tersungging di bibir perempuan yang dengan sigapnya membukakan pintu. Akupun tak mau kalah donk, segera saya membuat simpul di kedua ujung bibir dan menghasilkan senyum manis bagi mbak-mbak tadi.

Tempat yang Nyaman dan Luas





Restoran ini berlantai dua. Nuansa Jawa begitu kental. Dari mebeleir kayu berukir, seperangkat gamelan, tiang besar dan hiasan dinding berwarna hijau yang nota bene warna khas keraton Jogja. Lantainya pun dari ubin jaman old gaes.  Ada beberapa ruang di lantai bawah yang disekat dengan pintu kaca. 

Menu Selayang Pandang di Bulan November

 
Lawar kacang panjang



Ayam Nyat-Nyatan

Kering tempe kacang

Sate Lilit

Di bulan November ini Sekar Kedhaton menawarkan menu Selayang Pandang pada Malam Minggu dan Selasa Siang. Ditiap minggunya kuliner yang disajikan dengan menu yang berbeda. Di minggu pertama ada kuliner Bali, selanjutnya ada kuliner khas Banjar, Sulawesi dan selanjutnya di minggu terkakhir ada kuliner dari Sumatera. Nah, bisa jadi ajang untuk mengenal kuliner Indonesia lho, tiap minggu ke Sekar Kedhaton dan bisa mencicipi kuliner khas dari daerah lain.

Mana favoritmu gaes ?
Ini adalah sepiring menu yang aku ambil saat makan malam di Sekar Kedhaton tempo hari. Ada nasi kecombrang yang dibungkus daun pisang, sate lilit, kering tempe kacang, lawar kacang panjang, nyat-nyatan ayam dan ikan bakar jimbaran.

Yang paling juara adalah nasi kecombrangnya. Gurih, pulen dan aroma kecombrangnya menggugah selera. Rasanya makan pakai nasi aja udah cukup lho. Lalu untuk sate lilit juga enak, empuk dan tidak amis. Sambal matahnya mantaplah, kemudian untuk kering tempe dan nyat-nyatan ayam hampir mirip dengan masakan Jawa dan sayur lawar kacang panjangnya bikin seger.


Menu Selayang Pandang disajikan ala carte, pengunjung dipersilakan mengambil makanan sesuai dengan selera dan tentunya disesuaikan juga dengan porsi makan. Bunga kamboja yang menjadi penghias, bikin suasana Bali makin kentara.




Untuk bisa menikmati kuliner ala Bali yang lezat ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 119.000 perpax. Untuk warga Jogja bisa dapat potongan harga 30%, wah lumayan kan. Pastinya jangan lupa menunjukkan KTP dengan domisili Jogja donk ya. Karena aku punya KTP Jogja kayaknya minggu depan pengen dinner lagi disini bareng mas bojo. Hihihihi.

Aneka dessert dan kue tradisional

Eniwei, setelah kenyang menikmati menu utama, rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi dessert. Es melonnya juara lho. Saya ambil beberapa gelas. Padahal biasanya aku nggak minum es, eh karena seger jadi nambah terus. LoL.

Ada yang tahu nama kue khas Kotagede ini?

Untuk snack juga disiapkan Kipo, Moto Kebo dan Wajik. Untuk kue yang namanya Kipo ini cukup terkenal dan jarang ditemukan di luar Jogja, karena memang khasnya berasal dari Kotagede.



Sekar Kedhaton memiliki tempat parkir yang luas. Bisalah muat beberapa bis besar. Lokasi strategis tepat dipinggir jalan, bersebelahan langsung dengan toko souvenir perak dan di sebelah depan ada coffe shop dengan tema nusantara. Resto ini sudah menjadi langganan para turis asing maupun domestik, sehingga tak heran banyak tamu rombongan yang makan siang dan dinner disini.



Nah, buat kamu yang ingin kulineran khas Indonesia tanpa perlu keliling Indonesia, cus datang aja ke Sekar Kedhaton di hari Selasa siang dan Malam Minggu. Happy Kulineran yaak!

***

Sekar Kedhaton
Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173

Komentar

  1. Aku pernah makan di sini sekali. Menunya oseng daun pepaya, enak banget bikin nagih. Pingin nambah tapi malu tapi pingin nambah. Akhirnya ya tetep nambah sih :)))

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)