Warung Bumi Langit, Bukan Sekedar Restoran dengan Menu Organik


Tak salah jika Mister Obama memilih Restoran Bumi Langit menjadi tempat makan siang ketika beliau berkunjung ke Jogja beberapa waktu yang lalu. Restoran yang berada di atas bukit dengan suasana alam menghijau ini memang bukan sekedar resto biasa. Banyak daya tarik dari restoran yang berada di Jl. Imogiri Mangunan Km. 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Wukirsari, Imogiri, Bantul.



Papan nama bertuliskan Bumi Langit membuat saya begitu penasaran setiap melewati jalan utama dari Imogiri menuju Dlingo. Karena bangunan utama memang tidak terlihat dari jalan. Hingga pada suatu hari saya bersama rekan kantor santap siang di Bumi Langit sekaligus mengadakan acara pelepasan bagi rekan kantor yang purna tugas dan pindah tugas.

Kawasan Bumi Langit Insitute

Restoran Bumi Langit terkenal dengan menu makanan organik. Semua bahan makanan dari bahan organik yang dihasilkan dari Bumi Langit Institute. Bumi Langit Institute sendiri dikelola oleh Bapak Iskandar Woworuntu seorang pria keturunan Inggris yang tinggal dan menetap di sana. Bumi Langit menyajikan menu sehat organik dimana produknya ditanam, dipelihara dan diolah di kawasan Bumi Langit. Di belakang resto memang ada perkebunan serta kandang-kandang yang dikelola secara organik oleh Bapak Iskandar.


Banyak pilihan menu yang disajikan di resto Bumi Langit, dari berbagai minuman seperti jus buah, teh poci gula batu, mint serai, wedang uwuh, wedang jahe, berbagai yogurt asli dan kombucha. Minuman khas yang wajib dicoba yaitu water kefir, mirip dengan yogurt tetapi kandungan probiotik lebih banyak dan lebih sehat. Rasanya mirip yogurt plain tetapi lebih kental dan sayang saya nggak doyan :( . Wong ndeso tenan

Water kefir dalam gelas mini
Harga makanan di resto Bumi Langit terbilang lebih mahal dari resto lain untuk menu yang sama. Menurut saya sih itu karena bahan yang digunakan semua organik. Nasinya pun dari beras organik pecah kulit yang dipasaran harganya juga lebih mahal dari beras biasa. Begitupun dengan menu lain seperti ayam kampung yang dipelihara secara alamiah.

Aneka roti dengan selai (roti berbahan gandum asli dan selai buah segar)
Harga makanan di Bumi Langit berkisar antara 20 ribu - 50 ribu rupiah perporsi. Untuk minuman dari harga 20 ribu sampai 30 ribu rupiah. Selain menu utama kami juga memesan roti gandum dengan beberapa rasa. Ada yang diolesi dengan selai nanas, coklat, kacang dan coklat. Rasanya tentu berbeda dengan roti dari tepung gandum biasa karena rotinya berbahan gandum utuh. Begitu pun dengan olesannya. Tidak semanis selai biasa tetapi tetap nikmat.

Sayur lodeh

Nasi goreng dari beras organik pecah kulit

Ikan bumbu pedas

Kami memesan menu secara paketan, ada nasi goreng, ikan bumbu pedas, opor ayam kampung, tahu tempe goreng, sayur lodeh serta kerupuk. Semua masakan tanpa tambahan vetsin atau bumbu penyedap jadi rasanya memang berbeda dengan masakan rumahan atau resto biasanya, tapi tetap enak karena bumbu rempahnya terasa.




Minuman disajikan dalam porsi besar. Semua juice ditempatkan dalam gelas berukuran besar. Sesuai dengan harganya jus buah di resto Bumi Langit segar dan teksturnya kental banget. Sekali mencecap rasa buah begitu terasa nikmat.





Restoran Bumi Langit mengadopsi bangunan Jawa dengan model joglo limasan. Terbuka tanpa ada pintu jendela. Suasana asri menambah kenikmatan saat bersantap. Hijaunya pepohonan disekeliling restoran membuat pengunjung betah karena memang resto Bumi Langit berada di area pegunungan. Ohya, sobat Prima jangan lupa melepas alas kaki ya, ada papan yang menghimbau pengunjung untuk tidak memakai alas kaki saat berada di dalam resto. Seperti budaya Jawa jika masuk rumah memang harus melepas sandal/sepatu terutama tamu untuk menghormati pemilik rumah.


Selain menyediakan masakan yang langsung disantap di restoran. Pihak Bumi Langit Institute juga menjual pelbagai madu, susu kefir, keripik yang semuanya berbahan organik.


Sobat Prima, jika kalian berwisata ke Jogja terutama buat kamu yang sedang perjalanan menuju kawasan wisata Mangunan Dlingo, jangan lupa santap siang di Bumi Langit. Nikmati kuliner berbahan organik yang membuat kita lebih sehat dan siapa tahu kursi yang kamu duduki pernah diduduki juga oleh Barrack Obama. Mantan orang nomer satu di Amerika. :)

***

Warung Bumi Langit
Jl. Imogiri Mangunan Km. 3, Desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Wukirsari, Imogiri, Bantul
Buka dari jam 09.00-16.00 WIB
Setiap hari Senin tutup. 

Komentar

  1. Kayaknya adem banget tempatnya. Biasanya jadi berah berlama-lama :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)