Mau Bikin Blog? Ini Lho 4 Hal yang Harus Kamu Siapkan


Yuhuu teman-teman, terutama buat kalian yang belum punya blog dan tertarik untuk menulis dan memiliki blog sendiri. Saya mau berbagi nih, apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat web ataupun blog pribadi.
Nah, sebelum mebahas lebih lanjut kamu perlu tahu dulu apa itu website dan blog. Karena meskipun serupa tapi tak sama lho. Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis
Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten. Topik-topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknologi, fashion, produk tertentu, atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalah digital dengan berbagai kejutan bagi pembacanya setiap hari. Di sisi lain, sebuah website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, website memiliki isi dengan genre serupa.

Sudah tahu 'kan bedanya blog dan website. Jika kamu tertarik membuat website kamu perlu memastikan hal-hal yang dibutuhkan untuk membuat website atau blog. Kalau menurut saya 4 hal yang harus kamu persiapkan  yaitu :

1. Domain
 
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Gunakan nama domain  yang sederhana dan mudah di ingat orang. Jangan memakai nama yang rumit dan terlalu panjang. Bisa saja menggunakan nama pribadi seperti saya juga memakai nama primahapsari sebagai domain. Atau jika mau lebih spesifik saya menamai blog sayang yang khusus membahas piknik dengan domain ceritapiknik.com. Silakan dipikir dulu nama domain yang bakal kamu gunakan. Yang menarik, singkat dan mudah dihapal ya.

Kamu bisa beli domain di Niagahoster, harganya bersaing dan mendaftar juga lebih mudah. Ada beragam domain yang bisa kamu pilih, misal untuk internasional ada .com, .net, .org. Domain Indonesia ada .id, .web.id, co.id. Atau domain termurah bisa pakai .xyz. top, win, .club dll. SIlakan ceki-ceki websitenya di www.niagahoster.co.id

2. Hosting

Selain domain, hal penting lainnya yaitu hosting. Hosting adalah  tempat untuk menampung semua data-data yang kamu masukkan kedalam website/blog.  Istilahnya dalam dunia nyata bisa diibaratkan sepertigudang untuk menampung barang-barang didalamnya. Agar domain bisa berjalan dan diakses di internet oleh banyak orang. Gunakan Hosting yang punya kredibilitas yang baik, aman dan terbukti terpercaya. Yang gampang aksesnya dan punya pelayanan yang baik bagi para pelanggannya. Hal ini akan sangat membantu, jika suatu saat terjadi masalah pada hosting yang kamu gunakan.

3. Theme

Theme atau tema yang menarik juga akan sangat mendukung website atau blog kamu. Ada banyak tema yang bisa kamu gunakan, yang berbayar ataupun gratis.Jenis theme ini juga berbeda, ada yang bentuknya ecommerce dan ada juga yang bentuknya seperti blog saja, dengan kolom-kolom yang juga tersedia dengan beraneka ragam. Kamu bisa memilih sesuai selera dan sesuaikan dengan niche tulisan kamu. Ohya, pilih tema yang responsif agar proses loading cepat dan gampang diakses.

4. Plugin

Sebenarnya saya belum begitu paham tentang plugin, tapi bagi yang ahli dan biasanya yang menggunalan wordpress banyak pilihan plugin.  Salah satu contoh plugin yang ada adalah: plugin All in One SEO Pack, Plugin Akismet, Plugin AntiVirus, dll.

Plugin WordPress yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar, bisa di sebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress, yang dapat digabungkan dengan blog menggunakan akses poin dan metode yang disediakan oleh wordpress.

***

Gimana sobat Prima sudah siap menulis di Blog? Kalau tadi saya sudah membahas tentang hal teknis ya, untuk dasar menulis sih dari hati aja dulu. Seperti cinta. Ciyeee. Menulis saja sesuai hati, minat dan kesukaan kamu. Curhat juga boleh asal jangan lebay dan memakai kata bahasa yang alay. 

Baca tulisan saya yang awal-awal, semuanya curhat dan yang penting menurut saya sih curhat kita ada manfaatnya bagi pembaca. Cerita tentang anak yang sakit dan pengobatannya juga ada manfaat buat pembaca lho. Atau menulis tentang traveling kamu bersama anak, pasti pembaca blog yang suka piknik bakal terinspirasi.

Di Mana Menyewa Hosting Berbayar?

Jika memtuskan untuk menyewa hosting berbayar, sebaiknya kamu memilih perusahaan hosting yang sudah terbukti kualitasnya, yang mudah dihubungi jika  mengalami kesulitan dan kredibilitas perusahaannya memang sudah terbukti banyak dipakai oleh orang lain. Untuk mengetahui yang mana yang baik, coba gunakan mesin pencari seperti google atau yahoo atau mesin pencari lainnya, dan membaca review orang tentang perusahaan hosting yang punya reputasi dan kualitasnya terbukti bagus.

Niagahoster, Web Hosting Indonesia

Mungkin ada yang pengen tahu dimana bisa beli domain dan pasang hosting, kamu bisa pilih aneka domain di Niagahoster. Niagahoster adalah layanan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia. Layanan hosting Indonesia kelas bisnis yang menggunakan data center bersertifikasi tier-4 yang canggih dan modern dari DCI Indonesia. Layanan hosting yang menjamin kualitas uptime dan akses website yang cepat. 

Niagahoster merupakan bagian dari Hostinger Group, sebuah grup hosting international yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Dengan pengalaman yang dimiliki, Niagahoster merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan website kamu.

Selain layanan web hosting, Niagahoster juga menyediakan domain murah, domain internasional maupun domain Indonesia, server VPS murah, keamanan SSL/HTTPS, email hosting, jasa pembuatan website, hingga periklanan Google Adwords.

Keunggulan Niagahoster

    Maree kita bahas keunggulan Niagahoster lebih spesifik ya gaes. Sekalian belajar bareng.

    1. Niagahoster menggunakan server IIX yang handal untuk website WordPress dan bisnis kamu. Fleksibel dan terjangkau bagi pelaku bisnis, web designer dan web developer.  Selain itu layanan cPanel hosting standar industri dengan CloudLinux, SpamExperts, kaya fitur, ratusan template dan aplikasi website gratis hanya dengan 1 klik!


    2. Niagahoster memberikan  menjamin garansi uptime hingga 99%. Apabila pelanggan tidak puas  Niagahoster berani memberikan garansi uang kembali hingga selama 30 hari. Tanpa syarat tentunya. Niagahoster memberikan support 24 jam! Melalui tiket bantuam, live chat dan telepon selama 24 jam dalma 7 hari. Tentunya pelayanan yang utama agar pelanggan terbantu apalagi jika menemui kendala.


    3. Niagahoster merupakan Web Hosting dengan Server Indonesia terbaik & canggih yang disimpan
    di Datacenter tier-4 DCI Indonesia. 
    4.  Bantuan technical support berpengalaman yang siap membantu segala pertanyaan dan permasalahan seputar layanan web hosting yang pelanggan miliki.
    5. Dapatkan paket Hosting Unlimited Server Indonesia dengan Diskon Terbaik & Jaminan Harga Termurah di Kelasnya.
    6.  Pelanggan bisa mendapatkan Domain & sertifikat SSL GRATIS untuk setiap pembelian paket Web Hosting. 
    7.  Sistem keamanan ekstra dan Bitninja Smart Server Security yang akan melindungi website pelanggan dari serangan Hacker, DDos, Spam dan Malware perusak. 

    8.  Yang terakhir ini menarik gaes, kita bisa dapat komisi afiliasi menarik. Ajak orang lain menggunakan layanan Web Hosting Niagahoster & dapatkan komisi penjualan sebesar 70%! 
    Untuk paket harga bisa lihat digambar berikut :


    Bagaimana gaes. Sudah siap bikin blog belum, sudah tahu tho dimana  beli domain untuk blog kamu. Banyak keunggulan yang diberikan oleh Niagahoster.  Yuk bikin blog. Jangan sampai rekam jejakmu hilang. Simpan dengan baik meskipun hanya di dunia maya. Menulislah, maka kamu akan abadi.


    Kantor Niagahoster

    PT. Web Media Technology Indonesia
    Jalan Selokan Mataram Monjali
    MT I/304, RT 019 RW 042, Dusun Karangjati, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman,
    Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Indonesia
    Support: cs@niagahoster.co.id

    Komentar

    1. Sangat bermanfaat bagi yang pingin buat blog :)

      BalasHapus
    2. Nais info mbak prima.. kalau buat aku, punya blog itu bener-bener membantu mengembangkan networking. Bisa menggabungkan dan mengenalkan orang yang belum pernah ketemu lewat Blog Walking. :D

      BalasHapus
    3. infonya bermanfaat banget mbak buat yang mau bikin blog baru tapi masih ragu. dengan adanya blog dengan domain berbayar, membuat orang meliriknya untuk bekerjasama. apalagi di jaman sekarang.

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)