Serunya Lomba Paduan Suara KORPRI



Guna merayakan hari Korps Pegawai Republik Indonesia, KORPRI Bantul juga tak mau kalah mengadakan berbagai lomba untuk merayakan harinya para PNS itu. Sejak awal bulan November, aneka lomba digelar. Sebut saja pertandingan olah raga antar SKPD. Ada lomba bulu tangkis, boli, futsal dan jenis olah raga lain.

Yang paling dinantikan setiap tahun adalah lomba Paduan Suara dan Pengucap Panca Prasetya KORPRI.  Apalagi di tahun ini ada lomba baru. Yaitu kompetisi menyanyi solo yang harus ditampilkan oleh para Kepala SKPD. 

Untuk lomba paduan suara, ada peraturan baru yang berbeda dari tahun sebelumnya, Dirigen haruslah orang kedua di SKPD. Misal jika di Dinas yang menjadi dirigen haruslah Sekretaris, atau jika di Sekretariat Daerah dirigennya adalah Asisten Sekda.

Semua SKPD antusias mempersiapkan lomba ini. Dari mencari pelatih, hingga latihan paduan suara rutin setiap minggu. Ehm, biarpun menyanyi adalah hal sepele. Alah, cuma nyanyi gampang. Tapi banyak kepala kantor yang nervous lho menghadapi lomba ini. Walaupun sudah terbiasa berbicara didepan publik dan biasa menjadi leader, tapi menyanyi di depan umum itu tidak mudah dan membuat para kepala SKPD nyalinya mengendur.

Begitupun dengan saya, bersama anggota paduan suara berlatih keras bersama para Kepala Bagian yang diwajibkan untuk mengikuti paduan suara. Dari ratusan PNS di Sekretariat, saya dan ke17 teman yang lain tetap semangat berlatih, walaupun pekerjaan akhir tahun menumpuk.




Dan, tibalah hari yang dinanti. Tanggal 1 dan 2 Desember merupakan pelaksanaan lomba Paduan Suara dan Pengucap Panca Prasetya. Sedang di tanggal 3 dan 4 untuk lomba menyanyi solo para kepala SKPD.

Dengan rok baru, sepatu baru, bross baru dan jilbab baru Tim Sekretariat Daerah maju di hari kedua yaitu tanggal 2 Desember.  Dag dig dug jantung tetap  tak bisa hilang walau sudah berusaha relaks. Apalagi saya bertugas sebagai pengucap Panca Prasetya. Serasa pundak saya ditaruh beban ratusan pegawai Sekda.


Untuk paduan suara kami menyanyikan lagu wajib Mars KORPRI dan lagu pilihan Bantul Projo Taman Sari. Ohya, yang bikin kami ger geran adalah saat pertama kali pak Assek II memimpin lagu atau menjadi dirigen. Terbukti ya, keahlian apapun bahkan kealian tersebut dianggap biasa, tidak penting jika bukan ahlinya juga sulit. Seperti menjadi dirigen, bagi yang terbiasa akan terlihat lincah dan terampil, tapi bagi yang belum pernah menjalankan, hanya menggerakkan tangan saja sudah kaku.

Rupanya perjuangan kami tidak sia-sia, walaupun saat latihan tidak pernah full team. Karena para pimpinan yang super sibuk dan no time untuk latihan. Kami tetap dapat juara ke tiga dari ke 65 grup paduan suara dari seluruh PNS di wilayah Bantul.





Di hari ketiga atau saat lomba menyanyi solo untuk para pimpinan SKPD sangat dinanti hampir semua PNS di Bantul. Semua ingin melihat kepiawaian mereka dalam bernyanyi. Saya dan teman-teman di Bagian Administrasi Pembangunan pun tak mau kalah. Memberi support kepada pak Kepala Bagian kami. Beliau menyanyikan lagu Iwan Fals yang berjudul Mata Indah Bola Pingpong. Ya, lumayanlaah.

Dari 70 an kepala SKPD ada yang suaranya benar-benar bagus, ada yang tampilannya gaul, ada yang fals, ada yang tempo menyanyinya nggak pernah singkron ama instrumen, bahkan ada yang bawa teks lagu juga banyak.

Menyanyi atau mendengarkan musik itu penting lho. Untuk menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan. Jika seseorang hanya bekerja full tanpa refreshing bisa menyebabkan kelelahan otak. Dari Kabarindo.com saya kutip 5 manfaat menyanyi :

Manfaat Menyanyi untuk Kesehatan

Berikut inilah manfaat dari menyanyi untuk kesehatan tubuh.
1. Membuat Anda Tetap Awet Muda
Bernyanyi merupakan cara yang bagus untuk menjaga pita suara, serta ketika bernyanyi otot sekitar wajah akan lebih banyak bergerak, sehingga dianggap sebagai aerobik wajah yang membantu untuk mengencangkan kulit wajah. Jika hal ini terus dilakukan secara rutin maka akan membuat wajah tampak awet muda.
2. Memperbaiki Postur Tubuh
Aktivitas bernyanyi dapat membantu untuk meluruskan tulang punggung dan bahu, serta setiap tarikan nafas saat bernyanyi membuat otot perut dan dada menjadi lebih kuat, maka menyanyi jika dilakukan setiap hari dapat membantu untuk memperbaiki postur tubuh.
3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Sistem imun yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebagai bentuk pertahanan dalam mencegah berbagai penyakit, maka dengan bernyanyi diyakini dapat meningkatkan antibody dan system imun yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit atau infeksi.
4. Memperkuat Jantung dan Paru-Paru
Bernyanyi dengan menggunakan pernafasan paru-paru, berarti hal ini bisa dibilang sebagai bentuk olahraga yang sehat untuk memperkuat kinerja jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu, aktivitas mengolah vocal ini juga dapat membantu meredakan batuk atau asma.
5. Membuat Suasana Hati Lebih Baik
Menyanyi merupakan aktivitas yang ampuh dalam melawan stress, jumlah asupan oksigen yang berlimpah masuk dalam darah yang dialirkan ke otak, kemudian otak merilis endorphin yang hasilnya mempengaruhi suasana hati menjadi lebih tenang. Maka bernyanyilah, buat nada yang merdu ketika Anda bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Hati senang, pendengar pun riang.

Ok Kembali ke para pimpinan yang berlomba solo singer yaaa, di hari itu kami para staf dimanjakan dengan hiburan yang bener-bener menghibur.  Terlihat beberapa peserta yang nervous dan setelah tampil merasa sangat plong atau lega. So, jangan memandang sebelah mata profesi para penyanyi ya. Bisa menyanyi dengan bagus dan menghibur itu tidak MUDAH.



Komentar

  1. suaranya pasti bagus-bagus ya mbak,coba di viceoin jadi bisa buat kenang2an

    BalasHapus
  2. Hhihi, foto terakhir yang lainnya pada anteng mbak aprint ga ikut jaim mbak... Beul mbak, menyanyi itu tak mudah ya... Saya pernah disuruh nyanyi di depan umum Waktu kuliah dulu, grogiiii....

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)