Hyperemesis Gravidarum

Ada yang tahu istilah diatas......yang udah pernah hamil mungkin tahu yaa...Hyperemesis Gravidarum itu rasa mual dan muntah yang berlebihan pada ibu hamil,biasanya terjadi pada trimester pertama,disebabkan karena hormon, dan penyebab pastinya secara medis juga belum ditemukan.

Saat hamil anak pertama saya mengalami rasa muntah yang amat sangat berlebihan menurut saya(lebay.com).
Soalnya dalam satu hari yang terhitung berapa kali saya muntah, mungkin hampir tiap menit, sampai tidak ada yang bisa dikeluarin. 

Muntah pertama sebulan setelah hamil, masih wajar sich frekwensi muntahnya. Tapi setelah bulan ke dua ,ehm rasanya sesuatu banget, muntah terussssss, kepala kliyengan, rasanya seperti masuk angin tapi kok berbulan - bulan (bayangin dech...) kalau tidur pengennya gelap - gelapan tanpa lampu sama sekali, ga mau liat tivi, apalagi iklan makanan...hueeex....sampae ga kuat ke kamar mandi , terpaksa dech disamping bed ada ember. Ditambah suami dapet proyek diluar kota (aseek kan...:-( , tapi untungya mertua saya baik n sabar banget, aku slalu disiapin teh anget ,walopun abis diminum langsung diembur keluar ,nich perut sama sekali tidak mau diisi,  tiap malem dielus- elus (enak kan)
.
Sampai pada akhirnya saya sudah ga kuat,ke RS dan opname dech, seumur- umur saya tuch jarang sakit, paling masuk angin itupun setahun paling 1 ato 2x, dan ternyata saya kalah ama dede bayi,,,,bikin emaknya yang (sok)kuat tepar setepar-teparnya. Setelah diinfus3 harian mulai bisa makan dikit-dikit, badan mulai berkurang lemesnya , dan terpaksa ga masuk kerja .Dan kembali , suami tidak bisa menemani , cuma ibu saya dan mertua. Hiks...hiks....nasib....

Setelah boleh pulang ma dokter , beberapa hari agak normal tapi minum obat anti mualnya kontinyu, kalo efek obat hilang , kembali....hueekk.....Dan saya berfikir ga mungkin minum obat nya terus-terusan kasian dede bayinya....yachhhh  muntah lagi , dan ga nyampe 2 minggu opname lagi..........

Ibu yang ga tega ngliat saya ,menemani terus di rumah , dan ngelus - elus punggungku tiap malem,saat saya mulai desperate , saking nahan rasa sakit didada tiap abis muntah karena yang dikeluarin dah ga ada cuma cairan ples darah yang sudah menghitam karena lambungnya luka.

Badan ampe kurus (seandainya ga perlu muntah2 mau dech punya badan kayak gini ...hehe...) Secara turun 13 kg low....
Di Rs 4 hari , dan kali ini ditemani suami (terpaksa pulang dari mencari sesuap nasi ...dan segenggam berlian tentunya ).
Penampakan pas Opname

Setelah doyan maem


Setelah boleh pulang ,ibu ngajak ke mbah dukun bayi ,biar dipijet soalnya dulu pas mulai hamil saya pergi melayat(didaerah saya ibu hamil ga boleh melayat) , percaya ga percaya saya slalu patuh ma ortu.Sampai disana ga dipijet , cuma dielus-elus n dikasih mantra (hahaha...dalam hati ketawa juga.).Entah kebetulan atau emang sudah waktunya berkurang tuch emesis (karena sudah memasuki bulan kelima) , saya mulai doyan maem n muntahnya berkurang.

Untuk bisa makan juga perlu proses lho, pengennnya apa dimakan, tapi setelah makan harus diem , tetep duduk n ga banyak gerak paling enggak sejam , kalo enggak bakalan muntah lagi (bayangin.....).Dan itu  kejadian selama berminggu - minggu ampe akhirnya bisa normal lagi , n  lahap lagi , n ndut lagi.........(HOREEEE).

Dan menurut saya , terjadinya Hyperemesis ini didapat secara turunan, soalnya dikeluarga ibu saya, banyak yang mengalaminya , termasuk ibu saya , jadi inget pas hamil adik terkecil saya , ibu saya sampe berbulan - bulan cuma tiduran dikasur dan cuma makan salak sama pisang rebus(bayangin dech gizi dari mana).

Dan pernah googling juga, biasanya bayi hyperemesis mempunyai IQ yang lebih tinggi dari bayi biasa( semoga ya dede bayi cerdas), mungkin bener juga, cos pas saya tanya ke ibu , hamilnya siapa yang paling parah muntahnya, ternyata adik saya yang terkecil , dan terbukti adik saya itu yang paling pintar n cerdas (ya beda dikit ma mbaknya...hahahaha).

Kawand,,ternyata menjadi ibu tidak mudah,  apalagi masih harus menyusui, membesarkan, mendidik dllllll....
(Ibu, semoga saya lebih bisa berbakti padamu ). Dan bagi kawan yang mengalaminya, sabar aja , itu cuma sebentar koq, sebanding dengan baby lucu yang bakal lahir nantinya....Tetap semangat yaaa...
Salam sehat...
BE A MOM IS A HAPPINESS.....

Komentar

  1. walah, saya baru denger istilah itu, mak. nakutin juga ya.. maklum, blom pernah jadi ibu. heueheu

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)