Manfaatkan Telemedicine di Tengah Pandemi Covid-19



Pernah nggak kalian membayangkan ada virus kecil yang ukurannya 30x lebih kecil dari helai rambut kita dan saat ini memporak-porandakan dunia. Segalanya jadi ambyar, seperti hatimu saat kehilangan dia. Ambyar. Saat ini pandemi Covid-19 belum jelas kapan akan berakhir. Mungkin menunggu ada vaksinnya atau obatnya. Yang repot saat pandemi dan virus mengancam itu tentu pasien yang rutin berobat ke rumah sakit atau saat kita tiba-tiba sakit.
Mau ke rumah sakit kok horor, tetapi ada keluhan sakit entah kita sendiri atau anggota keluarga yang lain. Terus bagaimana donk, masak tidak diobati? Tambah sakit 'kan berabe juga. Tenang gaes. Bukannya sekarang sudah era digital. Kemajuan teknologi dan internet tak hanya digunakan untuk online meeting di kantor saja atau zoom bareng temen-temen. Tetapi dunia kesehatan juga sudah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (telemedicine) atau telekonsultasi.

Bahkan pemerintah melalui Kementrian Kesehatan sudah mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.02/MENKES/303/3030 pada 29 April yang lalu. Surat edaran ini bisa menjadi acuan masyarakat serta pelayan kesehatan untuk menggunakan telemedicine sebagai solusi konsultasi kesehatan tanpa harus bertemu langsung untuk mengurangi terpapar virus Corona, terutama di kawasan rumah sakit yang tentu sangat riskan.

Apalagi di daerah yang terkena PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang mengharuskan masyarakat tetap di rumah saja, bahkan saat sedang sakit. (Tentu sakit yang diderita masih dalam taraf ringan dan tidak mendesak untuk ditangani secara langsung). Jika tidak mendesak, pemeriksaan ke dokter secara langsung di rumah sakit atau klinik memang seharusnya ditunda karena pandemi Covid-19. Melalui telemedicine dokter akan memberikan saran yang harus dilakukan pasien sebagai pertolongan pertama dan memberi pengertian tentang tanda bahaya dari penyakit tersebut dan  yang kapan  waktu yang tepat pasien harus datang ke rumah sakit. 

Mau Telemedicine? Pakai Halodoc Aja!





Jika telemedicine baru marak atau kalian dengar akhir-akhir ini, setelah pandemi. Sangat disayangkan karena metode ini SANGAT BERMANFAAT, kalian bisa baca artikel saya di tahun 2017 dimana saya sudah mulai menggunakan aplikasi Halodoc


Platform Halodoc sangat membantu saya, dimana saya bisa berkonsultasi dengan dokter hanya dari rumah saja, membuat jadwal konsultasi dengan dokter di rumah sakit atau klinik, mencari dokter saya inginkan bahkan membeli obat. Platform Halodoc semakin lama fiturnya semakin lengkap, diperbaharui dan disempurnakan dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan sistem pembayaran yang semakin mudah dan praktis. 



Seperti saudara saya yang tempo hari pasang status di akun sosial media, dia bertanya apakah ada yang memiliki kenalan dokter anak. Kemudian saya chat dia, kenapa tidak konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc saja. Dan saya menyarankan jangan pergi ke rumah sakit di masa sekarang ini. Takut kena virus corona. Ternyata dia juga tidak bisa keluar dari kompleks karena kompleks pabrik sert perumahan ditutup.




Dia berkonsultasi dengan dokter via aplikasi Halodoc dan agak tenang. Selama keluhan tidak mendesak, kita tak perlu datang langsung ke dokter. Tetapi, ada baiknya kita tetap harus berkonsultasi dengan dokter meski hanya via chat atau telephone. Dokter akan memberi diagnosa awal dan jika perlu obat juga akan memberi resep obat. 

Sobat Prima, yang saya suka dari aplikasi Halodoc ini, bisa membantu kita menemukan dokter terdekat
Jika location di hp kita aktifkan, kita bisa menemukan dokter yang kita cari seumpamanya spesialis anak yang lokasinya terdekat dengan rumah kita atau lokasi saat itu. Dan kita tinggal chat atau membuat jadwal untuk berkonsultasi.

Sobat Prima, jaga selalu kesehatan fisik serta jiwa. Ingat selalu untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah. Jika asupan makanan dirasa kurang lengkap bisa ditambahkan multivitamin. Kurangi konsumsi berita yang sekiranya tidak perlu agar jiwa tetap waras, yang penting tetap aware dengan kesehatan diri sendiri serta keluarga. Terapkan protokol kesehatan dengan serius agar Covid-19 jauh-jauh dari kita semua. 

Semoga selalu sehat, jaga diri dan tetap tersenyum.




Comments