Skip to main content

Ditraktir Nonton Raminten Cabaret Show, Ternyata Begini Rasanya!

Rintik hujan belum juga berhenti. Perlahan titik-titik hujan itu mulai berkurang volumenya. Warna langit  kelabu mulai menghilang. Jalanan Jogja mulai padat, maklum saja Jumat sore waktunya para perantau pulang ke kampung halaman dan para pekerja meninggalkan tempat mereka mendulang rupiah dan kembali ke rumah.
Rintik hujan tak mengurangi semangat saya tetap melajukan motor menuju kawasan yang paling ingin didatangi oleh wisatawan tetapi sangat dihindari oleh orang Jogja. Malioboro. Jika tidak terpaksa rasanya orang Jogja males ke sini 'kan?
Macet. Berjubel manusia. Tapi, bagi orang luar Jogja, Malioboro serasa magnet dengan kekuatan super kuat.
Sesampai di Malioboro hujan telah berhenti. Rupanya Tuhan tahu keinginan umatnya. Para wisatawan ingin menikmati Malioboro tentunya tanpa berbasah-basahan. Begitupun saya yang harus berjalan kaki dari Malioboro Mall menuju Mirota Batik. Dari ujung ke ujung ye kan.
Jumat yg lalu seorang teman, Mas Bagus dari Cepu sedang berulang tahun dan…

Menu Selayang Pandang, Menu Special dari Sekar Kedhaton Resto

 

Senja mulai temaram. Kotagede yang sudah cantik terlihat makin menawan di sore hari. Kulambatkan laju kendaraan, seolah tak ingin melewatkan keriuhan sepanjang jalan Kotagede. Dulu, Kotagede merupakan ibukota Kesultanan Mataram. Tak heran jika pesonanya masih terasa hingga abad millenium sekarang.


Akhirnya kuhentikan laju kendaraan. Sebuah restoran dengan design bangunan sentuhan etnik Jawa cukup membuat saya takjub. Sekar Kedhaton Restauran nama resto itu.  Masuk ke dalam Sekar Kedhaton berasa berada dalam rumah bangsawan tempo dulu. Megah, mewah, etnik dan otentik.

"Selamat sore, silakan masuk" sapaan ramah dengan senyum manis tersungging di bibir perempuan yang dengan sigapnya membukakan pintu. Akupun tak mau kalah donk, segera saya membuat simpul di kedua ujung bibir dan menghasilkan senyum manis bagi mbak-mbak tadi.

Tempat yang Nyaman dan Luas





Restoran ini berlantai dua. Nuansa Jawa begitu kental. Dari mebeleir kayu berukir, seperangkat gamelan, tiang besar dan hiasan dinding berwarna hijau yang nota bene warna khas keraton Jogja. Lantainya pun dari ubin jaman old gaes.  Ada beberapa ruang di lantai bawah yang disekat dengan pintu kaca. 

Menu Selayang Pandang di Bulan November

 
Lawar kacang panjang



Ayam Nyat-Nyatan

Kering tempe kacang

Sate Lilit

Di bulan November ini Sekar Kedhaton menawarkan menu Selayang Pandang pada Malam Minggu dan Selasa Siang. Ditiap minggunya kuliner yang disajikan dengan menu yang berbeda. Di minggu pertama ada kuliner Bali, selanjutnya ada kuliner khas Banjar, Sulawesi dan selanjutnya di minggu terkakhir ada kuliner dari Sumatera. Nah, bisa jadi ajang untuk mengenal kuliner Indonesia lho, tiap minggu ke Sekar Kedhaton dan bisa mencicipi kuliner khas dari daerah lain.

Mana favoritmu gaes ?
Ini adalah sepiring menu yang aku ambil saat makan malam di Sekar Kedhaton tempo hari. Ada nasi kecombrang yang dibungkus daun pisang, sate lilit, kering tempe kacang, lawar kacang panjang, nyat-nyatan ayam dan ikan bakar jimbaran.

Yang paling juara adalah nasi kecombrangnya. Gurih, pulen dan aroma kecombrangnya menggugah selera. Rasanya makan pakai nasi aja udah cukup lho. Lalu untuk sate lilit juga enak, empuk dan tidak amis. Sambal matahnya mantaplah, kemudian untuk kering tempe dan nyat-nyatan ayam hampir mirip dengan masakan Jawa dan sayur lawar kacang panjangnya bikin seger.


Menu Selayang Pandang disajikan ala carte, pengunjung dipersilakan mengambil makanan sesuai dengan selera dan tentunya disesuaikan juga dengan porsi makan. Bunga kamboja yang menjadi penghias, bikin suasana Bali makin kentara.




Untuk bisa menikmati kuliner ala Bali yang lezat ini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 119.000 perpax. Untuk warga Jogja bisa dapat potongan harga 30%, wah lumayan kan. Pastinya jangan lupa menunjukkan KTP dengan domisili Jogja donk ya. Karena aku punya KTP Jogja kayaknya minggu depan pengen dinner lagi disini bareng mas bojo. Hihihihi.

Aneka dessert dan kue tradisional

Eniwei, setelah kenyang menikmati menu utama, rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi dessert. Es melonnya juara lho. Saya ambil beberapa gelas. Padahal biasanya aku nggak minum es, eh karena seger jadi nambah terus. LoL.

Ada yang tahu nama kue khas Kotagede ini?

Untuk snack juga disiapkan Kipo, Moto Kebo dan Wajik. Untuk kue yang namanya Kipo ini cukup terkenal dan jarang ditemukan di luar Jogja, karena memang khasnya berasal dari Kotagede.



Sekar Kedhaton memiliki tempat parkir yang luas. Bisalah muat beberapa bis besar. Lokasi strategis tepat dipinggir jalan, bersebelahan langsung dengan toko souvenir perak dan di sebelah depan ada coffe shop dengan tema nusantara. Resto ini sudah menjadi langganan para turis asing maupun domestik, sehingga tak heran banyak tamu rombongan yang makan siang dan dinner disini.



Nah, buat kamu yang ingin kulineran khas Indonesia tanpa perlu keliling Indonesia, cus datang aja ke Sekar Kedhaton di hari Selasa siang dan Malam Minggu. Happy Kulineran yaak!

***

Sekar Kedhaton
Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173

Comments

  1. Aku pernah makan di sini sekali. Menunya oseng daun pepaya, enak banget bikin nagih. Pingin nambah tapi malu tapi pingin nambah. Akhirnya ya tetep nambah sih :)))

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …