Skip to main content

Buang Khawatir Bersama GOJEK

Era digital sungguh membahagiakan banyak orang. Terutama saya yang merasa sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi digital. Keberadaan teknologi digital membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Misalkan saja dalam urusan transportasi. Sebulan sekali saya ada tugas luar dari kantor. Dulu sebelum ada ojek online, suami saya harus kerepotan mengantar saya ke bandara atau stasiun. Jika waktunya siang hari mungkin tak masalah, namun seringnya saya harus berangkat malam atau sampai di Jogja malam. Itu sungguh merepotkan karena jika sudah lebih dari jam 8 anak-anak biasanya sudah tidur. 
Sungguh saya tak tega jika melihat anak-anak harus ikut mengantar dan tidur di mobil, kemudian pas pulang mereka sadar sudah nggak ada mamaknya, bakal bikin perang dunia III.  Hahahaha.
Sepertinya saya harus berterima kasih pada penemu dan pemilik GOJEK yang sudah mengembangkan aplikasi yang sangat berguna ini. Saya bisa memesan mobil ataupun motor dengan mudah, diantarkan sampai lokasi tujuan tanpa repot…

Yuk, Ajari Buah Hati Mengenali Jajanan Sehat Sedini Mungkin


Masalah klasik bagi orang tua yang memiliki anak kecil terlebih balita adalah jajan. Yes, jajan itu sepertinya sangat sepele tetapi memiliki dampak yang sangat berpengaruh bagi anak-anak. Nah, sebagai Ibu kita dituntut untuk bisa memilah mana jajanan yang layak atau tidak bagi sikecil.

Sore itu si adek lagi-lagi meminta jajan. Uangnya sih nggak seberapa tetapi efeknya bisa luar biasa jika dia dibiarkan jajan sembarangan. Sudah beberapa bulan ini adek sering terkena batuk dan pilek. Karena tidak mau keterusan saya mengamati gejala yang timbul dan pemicu dia batuk. Ternyata dia mengkonsumsi permen dan aneka snack yang merknya tidak jelas. Itu terjadi jika stok jajanan di rumah habis, kemudian dia jajan bareng si bapak atau mbah dan dituruti semua yang dia pengeni tanpa mengecek kandungan gizi, merk dan aman nggak dikonsumsi anak-anak.

Setelah kejadian itu saya selalu menjaga stok jajanan buat adek dan mas. Sebisa mungkin selalu ada agar dia tetap bisa ngemil tapi yang dikonsumsi aman, saya tenang dan tidak berakibat buruk. 

Anak-anak dalam masa pertumbuhan sepertinya selalu merasa lapar. Contoh ya untuk kedua anak saya yang masih TK. Pagi sebelum berangkat sekolah mereka sarapan dengan menu lengkap. Di sekolah membawa bekal seperti sandwich, puding atau buah. Pukul sepuluh mereka sudah pulang sekolah sampai rumah pasti nyari makanan tapi bukan makanan berat. Nah, itulah mengapa saya selalu menyediakan aneka jajanan di rumah. Terkadang kue basah, kalau yang ini bapaknya suka beliin pukis di pasar yang dilewatin pas pulang sekolah. Sering juga aneka buah. Untuk menghindari bosan cemilan di rumah banyak macamnya, dari wafer, biskuit, snack ringan, permen dll. 

Sambil bermain mereka biasanya nyemil jajanan itu. Pukul dua belas mereka makan siang, dilanjut bobo siang. Habis bangun mereka bermain dan ngemil lagi. Mandi sore dilanjut makan malam. Amboi. Ternyata duo anak lanang hobi makan dan ngemil ya. Plek sama emaknya. :D

Karena kebutuhan akan jajanan atau cemilan yang ruar biasa ini, saya harus cermat dalam memberikan jajanan bagi mereka. Berikut hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli jajanan, antara lain :

1. Tanggal kadaluarsa

2. Sertifikat halal

3. Tempat membeli

4. Kemasan atau pembungkus

5. Warna

6. Bentuk

7. Bau

8. Kandungan nutrisi

9. Pengawet dan pemanis


Saya selalu mengusahakan untuk mengecek 9 hal diatas. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi keluarga sudah kadaluarsa, tidak halal, mengandung pengawey dan pemanis, kemasannya sudah koyak, warna dan bentuk yang terlalu mencolok atau tidak sesuai aslinya dan tak ada nutrisi didalamnya. 'Kan zonk yaa.

Pengaruh Positif  Dari Makanan Jajanan 

 

Sebagai Ibu milenial saya orangnya tidak terlalu kaku. Anak tidak serta merta saya larang jajan ataupun makan jajanan yang sudah saya siapkan. Bahkan ada sisi positifnya juga lho. Dengan makanan jajanan anak bisa mengenal beragam makanan yang ada sehingga membantu seorang anak untuk membentuk selera makan yang beragam, sehingga saat dewasa dia dapat menikmati aneka ragam makanan (Khomsan, 2003). 
 Manfaat kebiasaan anak jajan atau menikmati jajanan yakni : 
  1. Sebagai memenuhi kebutuhan energi 
  2. Mengenalkan diversifikasi (keanekaragaman) jenis makanan 
  3. Meningkatkan gengsi diantara teman-teman 

 

Anak-Anak Boleh Makan Permen Nggak Sich?


Ngomongin tentang jajanan pasti langsung inget sama permen. Yaps, benda mungil yang manis dan hampir selalu ada di kantong orang ini memang ngangenin. Ukurannya memang kecil tapi sering banget dicari orang terlebih sama anak-anak.



Mengemut permen bisa menimbulkan perasaan rileks dan senang. Yang gede aja seneng makan permen apalagi anak kecil. Tetapi, rasanya yang manis sering menimbulkan kekhawatiran bagaimana efeknya terhadap kesehatan.

Saya sih jadi ibu nggak terlalu galak cuma judes. Hahahaha. Tapi menyangkut makanan tadi memang agak "galak". Saya membolehkan duo anak lanang makan permen tapi tidak sembarangan permen. Permen favorit kami yaitu Pindy Susu. Pasti kamu sudah pernah ngerasain permen Pindy Susu donk, atau setidaknya pernah mendengar karena permen ini mudah ditemukan di warung-warung kecil, minimarket ataupun supermarket.



Duo anak lanang pasti anteng kalau udah mengulum Pindy Permen Susu, meskipun begitu saya membatasi asupan permen sehari maksimal 3 buah saja. Mungkin ada yang pengen tahu kenapa saya membolehkan anak lanang mengkonsumsi permen Pindy Susu:

1. Rasa susunya enak



Saat mengulum permen pasti yang kita cari adalah kenikmatan  dari si permen. Nah Permen Pindy Susu ini teksturnya kenyal. Warna sesuai dengan rasanya, jika rasa coklat permennya juga coklat, kalau rasa strawberry warnanya pink kemerahan.

Berbeda dengan permen lain yang rasanya cenderung manis bahkan sangat manis, permen Pindy Susu malah cenderung nggak manis banget. Rasa susunya lebih menonjol dan nggak bikin serak di leher. Btw, baru kali ini ngerasain permen yang tidak menonjolkan rasa manis. Itu artinya permen Pindy Susu tidak mengandung gula terlalu banyak. Aman gaes.

2. Sudah berlabel halal dari MUI



Sebelum makanan apapun masuk ke tubuh sudah seharusnya dicek apakah makanan tersebut layak atau tidak termasuk dari segi kehalalannya. Begitupun permen yang diproduksi pabrik. Kadang kita main percaya saja. Tapi, jangan sampai tertipu mam, paps.

Lihat dengan seksama di kemasan. Nah permen Pindy Susu sudah terdapat logo halal dari MUI. Pastinya aman dikonsumsi terlebih bagi saudara Muslim.

3. Lulus Uji dari BPOM



Alasan ketiga kenapa saya memperbolehkan anak lanang makan permen Pindy Susu karena permen tersebut sudah terdaftar di Badan POM RI, yaitu Pindy Kembang Gula Lunak Rasa Susu dan Stroberi dengan nomor izin edar BPOM RI MD 224510008005 diproduksi oleh PT. Inasentra Unisatya – Kabupaten Bogor. Izin edar diterbitkan Badan POM RI setelah dilakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, mutu, dan gizi produk termasuk proses produksi serta labelnya.


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan berbagai produk makanan dan minuman yang telah beredar di pasaran dan telah mendapatkan izin edar aman untuk dikonsumsi. peraturan pemerintah tentang keamanan, gizi, dan mutu pangan.  Nah, mama tenang anak senang 'kan.

4. Kadar gula tidak tinggi

 

Bagaimana dengan komposisi Permen Pindy Susu? Semua sudah tertera lengkap di bagian belakang bungkus permen Pindy Susu. Kandungannya ada gula, dirup glukosa, lemak nabati, bubuk buttermilk, lemak susu anhidrat, pembentuk gel gelatin sapi, pengental gom Arab, perisa sintetis strawberi,coklat dan susu. Kalori dalam sebuah permen ada 10kkal dan kandungan gulanya cuma 1 gram. Nah, sedikit banget yaa.

5. Terdapat 3 Varian Rasa yang Disukai Anak-Anak



Permen Pindy Susu ada 3 varian rasa rasa susu, strawberi dan rasa coklat. Semuanya ada rasa susunya. Kalau saya sih paling suka rasa coklat sedangkan duo anak lanang memilih rasa strawberi yang ada sensasi asam dari strawberi.



Jangan Percaya Hoax, Permen Pindy Susu Aman Dikonsumsi



Ehm, seneng 'kan makan permen tanpa kawatir.  Tapi beberapa waktu yang lalu para orangtua sempat kawatir dengan berita negatif tentang Permen Pindy Susu. Berita bersliweran tentang permen susu yang mengandung narkotika dan membuat anak "fly". Namun, setelah diselidiki ternyata itu hanyalah berita bohong. Hoax gaes.

Jadi orangtua sekarang harus smart dan tidak asal percaya dengan sebuah berita. Mending cek dan ricek terlebih dahulu. Tabaayuun isitilahnya. Badan POM sendiri sudah mengeluarkan pernyataan jika itu tersebut tidak benar dan Permen Pindy Susu aman dikomsumsi.

Baca juga : Klarifikasi Badan POM Tentang Permen Pindy Susu

Eniwei, selain produk yang bagus permen Pindy Susu mempunyai pelayanan yang  bagus. Pelanggan bisa berkomunikasi dengan markom Permen Pindy Susu untuk berkonsultasi tentang produk. 

Berikut akun sosmed Permen Pindy Susu :
IG : Permenpindy_ID
Facebook : Http://ww.facebook.com/permenpindy
Nah, jika si kecil minta Pindy Permen Susu jangan dilarang mams. Boleh kok makan permen, tapi tetap batasi jumlahnya. Apapun yang berlebihan tidak akan berakibat baik. Biarkan anak-anak menikmati sensasi kenyil-kenyil permen Pindy dan enaknya rasa susu.

 

Ajak Si Kecil Mengenali Jajanan Sehat

 

Mams, paps memberikan jajanan sah-sah aja kok asal tidak berlebihan dan pastikan jajanan tersebut sehat dan tidak berefek negatif. Jika sedari dini anak kita sudah diedukasi tentang jajanan sehat. Mereka akan paham mana jajanan yang boleh mereka konsumsi dan tidak. Apabila anak sudah terbiasa makan jajanan sehat, kelak mereka juga jadi anak yang tumbuh sehat dan berjiwa sehat pula.

Comments

Popular posts from this blog

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…

Kolam Renang Water Park Tirta Taman Sari Bantul

Kolam Renang Taman Tirtasari Bantul - Hayoo siapa suka berenang? Pasti banyak orang yang hobi berenang atau hanya sekedari ciblon main air, termasuk saya. Di kota besar banyak terdapat kolam renang di hotel atau water boom dengan fasilitas super lengkap. Bahkan, sebulan yang lalu ada water boom yang di klaim sebagai water boom terbesar se Jawa Tengah. Jogja Bay nama tempat itu.


Kali ini saya tidak akan membahas tentang Jogja Bay, tapi kolam renang di Bantul. Sebuah water park yang tidak terlalu besar, tapi lumayanlah untuk ukuran kota kecil seperti Bantul. Walaupun sederhana tapi sederhana, waterpark Tirta Tamansari ini selalu ramai pengunjung. Di hari libur banyak pengunjung bersama keluarga. Sedangkan saat hari biasa atau bukan hari libur, para siswa dari TK hingga SMA belajar berenang disini.

Bayangin aja, tiket masuk Waterpark Tirta Tamansari Bantul ini cuma 6000 IDR di hari biasa dan 8000 IDR di hari libur. Mulai anak berusia 2 tahun harus membeli tiket masuk dan  walaupupun pen…