Bahaya Polusi Udara Bagi Wajah Kita



Sering terpapar polusi ternyata nggak hanya berefek buruk pada pernafasan. Polusi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kita, baik itu wajah maupun kulit anggota badan yang lain. Dampak polusi pada kulit kita antara lain penuaan dini dan iritasi kulit hingga kanker kulit. Dampak kerusakan bisa berbeda-beda pada tiap orang. Entah itu dari jenis polutan ataupun jangka waktu terpapar polusi.


Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung tubuh dari benda asing, seperti radiasi ultraviolet, bahan kimia, dan kuman. Kita  mungkin berpikir bahwa kulit hanya terpapar oleh benda asing dan zat berbahaya saat sedang berada di luar ruangan atau di lingkungan kerja. Tapi bisa saja lho kita terpapar polusi di dalam rumah. 

Jenis polutan yang berasal dari rumah kita:
  • Bau perabotan atau barang-barang bangunan yang biasanya kita sebut sebagai “bau barang baru”. Biasanya memang menghilang dalam waktu beberapa minggu, tapi emisi yang ditimbulkannya dapat menjadi polusi di rumah selama bertahun-tahun.
  • Senyawa organik volatil, termasuk formaldehida, yang berasal dari produk pembersih serta produk berbahan kayu dan plastik.
  • Zat ozon dari mesin printer dan fotokopi.
  • Asbestos dalam gedung atau bangunan tua.
  • Serat kecil dari perabot yang terbang ke udara tiap kali Anda menyapu.
  • Asap knalpot dari jalanan yang masuk ke dalam rumah.
  • Ventilasi buruk yang mengakibatkan tidak cukupnya udara segar di dalam rumah, atau penyaringan udara yang buruk.
  • Asap rokok

Yuk  Jaga Kulit Kita dari Polusi

Menjaga kesehatan kulit sebenarnya nggak sulit kok mas, mbak. Hindari saja semua polutan seperti  polusi udara yang berisiko mengganggu kesehatan kulit. Polusi udara bisa disebabkan oleh asap kendaraan bermotor, debu, asap rokok, gas buangan pabrik, dan berbagai sumber lainnya
.
Jika kulit kita terkena polusi udara setiap hari tanpa mendapatkan perawatan intensif, kesehatan kulit tentu akan rentan terganggu. Kulit  bisa mengalami beragam masalah, misalnya kusam, warna kulit menggelap, kering, dan bersisik. Hadeh, nggak mau 'kan jika kulit kita kusam atau malah banyak flek hitam?

Nah, cara mudah merawat kulit agar tetap segar, bersih dan bebas dari paparan polusi :
  • Rajin Membersihkan Kulit
    Cuci muka setiap hari dengan sabun yang lembut di kulit. Luruhkan sel-sel kulit mati agar kulit bisa membentuk lapisan baru dengan cara melakukan scrubbing, dan selalu aplikasikan pelembap.
  • Jangan merokok
    Merokok menyebabkan kulit keriput, timbulnya kerutan pada wajah, kelopak mata menjadi kendur, pewarnaan kulit menjadi tidak merata, kulit menjadi kasar dan kering. Hindari asap rokok sebisa mungkin karena asap rokok dapat merusak struktur kulit.
  • Gunakan Tabir Surya
    Kombinasi polusi udara dan cahaya ultraviolet (UV) dapat melipatgandakan dampak buruk radiasi UV pada kulit. Oleh sebab itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 atau lebih. Kulit Anda membutuhkan perlindungan sinar UV untuk membantu mengurangi risiko kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Kamu bisa memilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium dioxide yang dapat menghalangi penyerapan sinar ultraviolet pada kulit.
  • Asupan antioksidan
    Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Karena antioksidan dipercaya dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Sumber antioksidan terbaik adalah buah dan sayuran. Beberapa sumber antioksidan antara lain anggur merah, teh, kiwi, brokoli, tomat, mangga, jeruk, wortel, kacang-kacangan, bayam,asparagus, blueberry, serta sayuran hijau.
  •  Gunakan Body Lotion Berkualitas
    Hasil gambar untuk Vaseline Healthy White SPF 30Body lotion yang berkualitas bisa menangkal polusi udara pada kulit. Vaseline Healthy White SPF 30++ Serum yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Produk Vaseline ini mengandung vitamin B3 dan anti oksidan yang dapat mencerahkan warna kulit. Risiko kulit kusam dan menggelap karena dampak polusi udara pun bisa diminimalkan. Warna kulit jadi lebih merata dan terhindar dari keriput, flek hitam, dan gangguan kesehatan lainnya.



    Vaseline Healthy White SPF 30++ Serum juga mengandung Sun Protecting Factor (SPF) 30 yang ampuh menangkal dampak buruk sinar UV A dan UV B matahari. Nah, kamu nggak perlu khawatir bila harus beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam pada siang hari. Produk Vaseline Healthy White SPF 30++ sudah diformulasikan khusus untuk membantu kulit kita memerangi polusi udara.
 So, take care 'n be a healthy.

Komentar

  1. Aku sekarang juga pakai lotion dari vaseline, ada bonus spf jadi gak perlu pakai sunblock lagi :D

    BalasHapus
  2. Wah ini nih yang belum aku lakuin sejak dulu, pakai sublock. Kadang suka males, huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)