Skip to main content

Bahaya Polusi Udara Bagi Wajah Kita



Sering terpapar polusi ternyata nggak hanya berefek buruk pada pernafasan. Polusi juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kita, baik itu wajah maupun kulit anggota badan yang lain. Dampak polusi pada kulit kita antara lain penuaan dini dan iritasi kulit hingga kanker kulit. Dampak kerusakan bisa berbeda-beda pada tiap orang. Entah itu dari jenis polutan ataupun jangka waktu terpapar polusi.


Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung tubuh dari benda asing, seperti radiasi ultraviolet, bahan kimia, dan kuman. Kita  mungkin berpikir bahwa kulit hanya terpapar oleh benda asing dan zat berbahaya saat sedang berada di luar ruangan atau di lingkungan kerja. Tapi bisa saja lho kita terpapar polusi di dalam rumah. 

Jenis polutan yang berasal dari rumah kita:
  • Bau perabotan atau barang-barang bangunan yang biasanya kita sebut sebagai “bau barang baru”. Biasanya memang menghilang dalam waktu beberapa minggu, tapi emisi yang ditimbulkannya dapat menjadi polusi di rumah selama bertahun-tahun.
  • Senyawa organik volatil, termasuk formaldehida, yang berasal dari produk pembersih serta produk berbahan kayu dan plastik.
  • Zat ozon dari mesin printer dan fotokopi.
  • Asbestos dalam gedung atau bangunan tua.
  • Serat kecil dari perabot yang terbang ke udara tiap kali Anda menyapu.
  • Asap knalpot dari jalanan yang masuk ke dalam rumah.
  • Ventilasi buruk yang mengakibatkan tidak cukupnya udara segar di dalam rumah, atau penyaringan udara yang buruk.
  • Asap rokok

Yuk  Jaga Kulit Kita dari Polusi

Menjaga kesehatan kulit sebenarnya nggak sulit kok mas, mbak. Hindari saja semua polutan seperti  polusi udara yang berisiko mengganggu kesehatan kulit. Polusi udara bisa disebabkan oleh asap kendaraan bermotor, debu, asap rokok, gas buangan pabrik, dan berbagai sumber lainnya
.
Jika kulit kita terkena polusi udara setiap hari tanpa mendapatkan perawatan intensif, kesehatan kulit tentu akan rentan terganggu. Kulit  bisa mengalami beragam masalah, misalnya kusam, warna kulit menggelap, kering, dan bersisik. Hadeh, nggak mau 'kan jika kulit kita kusam atau malah banyak flek hitam?

Nah, cara mudah merawat kulit agar tetap segar, bersih dan bebas dari paparan polusi :
  • Rajin Membersihkan Kulit
    Cuci muka setiap hari dengan sabun yang lembut di kulit. Luruhkan sel-sel kulit mati agar kulit bisa membentuk lapisan baru dengan cara melakukan scrubbing, dan selalu aplikasikan pelembap.
  • Jangan merokok
    Merokok menyebabkan kulit keriput, timbulnya kerutan pada wajah, kelopak mata menjadi kendur, pewarnaan kulit menjadi tidak merata, kulit menjadi kasar dan kering. Hindari asap rokok sebisa mungkin karena asap rokok dapat merusak struktur kulit.
  • Gunakan Tabir Surya
    Kombinasi polusi udara dan cahaya ultraviolet (UV) dapat melipatgandakan dampak buruk radiasi UV pada kulit. Oleh sebab itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 atau lebih. Kulit Anda membutuhkan perlindungan sinar UV untuk membantu mengurangi risiko kanker kulit dan tanda-tanda penuaan dini. Kamu bisa memilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium dioxide yang dapat menghalangi penyerapan sinar ultraviolet pada kulit.
  • Asupan antioksidan
    Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Karena antioksidan dipercaya dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Sumber antioksidan terbaik adalah buah dan sayuran. Beberapa sumber antioksidan antara lain anggur merah, teh, kiwi, brokoli, tomat, mangga, jeruk, wortel, kacang-kacangan, bayam,asparagus, blueberry, serta sayuran hijau.
  •  Gunakan Body Lotion Berkualitas
    Hasil gambar untuk Vaseline Healthy White SPF 30Body lotion yang berkualitas bisa menangkal polusi udara pada kulit. Vaseline Healthy White SPF 30++ Serum yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan kulit. Produk Vaseline ini mengandung vitamin B3 dan anti oksidan yang dapat mencerahkan warna kulit. Risiko kulit kusam dan menggelap karena dampak polusi udara pun bisa diminimalkan. Warna kulit jadi lebih merata dan terhindar dari keriput, flek hitam, dan gangguan kesehatan lainnya.



    Vaseline Healthy White SPF 30++ Serum juga mengandung Sun Protecting Factor (SPF) 30 yang ampuh menangkal dampak buruk sinar UV A dan UV B matahari. Nah, kamu nggak perlu khawatir bila harus beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam pada siang hari. Produk Vaseline Healthy White SPF 30++ sudah diformulasikan khusus untuk membantu kulit kita memerangi polusi udara.
 So, take care 'n be a healthy.

Comments

  1. Aku sekarang juga pakai lotion dari vaseline, ada bonus spf jadi gak perlu pakai sunblock lagi :D

    ReplyDelete
  2. Wah ini nih yang belum aku lakuin sejak dulu, pakai sublock. Kadang suka males, huhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…