Staycation Asyik di Amarelo Hotel Solo

amarelo hotel solo pengalaman menginap

Berkunjung ke kota Solo tak pernah membuat saya bosan. Apalagi bisa staycation sekaligus menyambangi tempat bersejarah di Solo seperti Pura Mangkunegaran ataupun kulineran malem malem di Galabo. Seperti weekend yang lalu saya bareng tim hore a.k.a duo anak lanang dan mas bojo kembali numpang tidur di Amarelo Hotel.

Kenapa milih Amarelo Hotel? Pertama, harganya masuk di kantong, review di beberapa website booking lumayan dan lokasinya strategis. Sobat Prima, Amarelo Hotel masuk kategori hotel bintang tiga dan kemaren saya dapat harga Rp. 350.000 untuk kamar deluxe include breakfast. Lumayan kan. Dan lagi, Amarelo Hotel punya resto kece di rooftopnya gaes. Cocok dah buat hangout bareng geng atau dinner romantis ama cemceman. Ihiiir.

Nah, kayak apa review Amarelo Hotel versi Dunia Prima? Simak terus yaa mas mbak.

Saya chek -in sekitar pukul 3 sore, sengaja check in sesuai jadwal karena ingin lihat sunset dari rooftop. Menemukan Amarelo Hotel susah susah gampang, saya pakai GPS dan hasilnya malah keblasuk, karena jalan depan hotel ditutup karena sedang direnovasi. Nah, mungkin itu yang bikin bingung mbah Google, sehingga walaupun sudah mengikuti rute GPS tapi hotel ngga ketemu-ketemu.

Sebenarnya lokasi Amarelo Hotel sangat gampang dicari, jika Anda dari Jogja, lurus saja ke Jl Slamet Riyadi, sampai Gladak ke kanan dan ngikutin jalan pinggir alun-alun, kembali ke barat atau jalan depan pasar Klewer lurus saja sampai ketemu perempatan Singosaren Plaza ke kanan sedikit, nah hotel ada di kanan jalan. Inget jangan sampai keblablasen yaa, karena jl depan SIngosaren Plaza satu arah.

Tempat parkir di Amarelo Hotel terbatas, saya saja datangnya lebih awal dapet parkir mojok dan mepet banget, kalau kehabisan tempat parkir terpaksa parkir di pinggir jalan.

Proses Check in lumayan cepet, sebelumnya saya sudah booking via Agoda, karena banyak pilihan pemesanan. Bisa bayar di tempat, ada fasilitas pembatalan sebelum tanggal yang ditentukan setelah saya ceki ceki harga di Agoda memang agak miring, bagi member dan bayar pakai CC ya gaes. (bukan sponsored post LOL).

Begitu dapet kunci kamar kami langsung naik ke lantai 4 menuju kamar kami. Duo anak lanang sih sudah jingkrak jingkrak dan bersemangat naik lift. Mereka memang sukak kalu diajak staycation gini, sama lah kayak emaknya. LOL

Lift di Amarelo Hotel transparan alias dindingnya dari kaca sehingga kita bisa lihat keluar. Bagi yang takut ketinggian mungkin ngga nyaman dengan lift seperti ini. Mungkin ngerasa "singunen" kalau kata orang Jawa.

Begitu sampai di kamar saya harus segera menyalakan AC, karena ruangan kamar panas. Maklum sih karena menghadap ke barat dan sinar matahari langsung masuk kamar. Tapi, seharusnya kamar sudah diprepare begitupun AC sudah nyala sehingga tamu datang sudah dingin. Tapi, yawis gapapalah.

Fasilitas di kamar deluxe standar lah, twin bed single, pemanas air, brangkas, kulkas dan lemari. Dengan harga under 400 ribu, fasilitas Amarelo lumayan lengkap apalagi toilet bersih, toiletris lengkap dan ada hairdryer juga. Beda banget sama budget hotel yang saya pesan di Semarang yang lalu. Harga hampir sama tapi nggak ada teko pemanas, toilet sempit, dan handuk serta sprei kurang bersih.

Cuma, kenapa wifi kamar nggak kencengyaaa, ada sih sinyalnya cuma ndlap ndlup dan akhirnya ngga bisa dipake. Sepertinya wifi menggunakan wifi ruang atau digunakan satu lantai, bukan wifi per kamar begitu, jadi sedih donk. Untung sih, saya ngga bawa laptop, karena biasanya staycation pun saya selalu bawa"kerjaan" sembari memanfaatkan wifi hotel.

Baca juga : 7 Alasan Kamu harus Menginap di Aston Solo

Dan sore itu kami menikmati Solo dari jendela kamar, sayang jalan depan hotel sedang di rombak, pemandangan enggak banget, tapi kaca jendela bisa dibuka dan duduk duduk di balkon hotel.

Saya dan masbojo ngga berencana untuk keluar dan jalan jalan, tapi ingin makan malam saja di resto hotel. Tapi, menu resto kan begitu begitu, duo anak lanang pasti kurang tertarik dengan menunya. Saya ajak mereka makan di KFC di mall, kan deket cuma di depan hotel. Kalau mereka sudah kenyang, emaknya tenang gaes.

Jam setengah 8 saya naik ke rooftop di lantai lima, restoran memang dibuka untuk umum, sehinga lift untuk tamu resto dari lantai satu langsung naik ke lantai lima, kecuali yang punya kunci kamar, bisa mengakses kamar lantai dua sampai empat.

Jam segitu resto masih, sepi. Ada beberapa couple yang sepertinya menikmati malam minggu bareng pacar. Saya sengaja duduk di luar, mumpung langit cerah dan bisa menikmati malam itu. Restoran terbagi menjadi tiga bagian, ada yang di dalam ruangan dan yang out door ada di sebelah kiri dan kanan.  Restonya lumayan luas, hiasan pot pot sangat banyak ada di sepanjang pagar. Rupanya resto ini menggunakan konsep go green. Susunan tanaman di botol plastik pun memberi nuansa tersendiri. Belum lagi lampu-lampu yang bikin suasana jadi romantis. Ingin sih romantis-romanstisan sama mas bojo, tapi duo anak lanang ribuuut mulu, huaaaah. Suasana romantis hilang gaes. LOL

Jam 9 resto mulai ramai, beberapa keluarga ataupun rombongan cewek bareng gengnya membuat suasana resto mulai semarak. Live musik juga sudah dimulai, setiap weekend memang ada band disini jadi pengunjung bisa menikmati santap malam sembari mendengarkan alunan musik.

Sebenarnya saya ingin duduk-duduk lama di situ, menikmati musik dan sedikit tequila, hahaha. Ngga boleh yaaaa, sudah malem waktunya bobo dan ngeloni bapaknya, eh duo anak lanang. LOL

Pagi hari di Solo enaknya ngapain? Ikut car free day donk, kan dari Amarelo hotel jalan ke Slamet Riyadi cuma bentar. Ohya, setiap nginep di Solo saya selalu ikut car free day disana. Rame banget dan apapaun ada, dari penyewaan sepatu roda, segala menu makanan ada, jual hotwheel cuma 13 ribu hingga Samsat keliling ada disini.

Baca juga : Taman Balekambang Solo

Puas jalan jalan pagi kami kembali ke hotel dan sarapan. Eh, mandi dulu ngga yaaa, saya lupa gaes. Pokoknya sarapan sampai kenyang. Menu breakfast yaa lumayan lah standar hotel bintang tiga. Duo anak lanang makan nasi goreng sama omelet saja, emaknya makan apa yaaa? Semua dimakan weees. LOL

Perut kenyang kami kembali ke kamar, bersih bersih dan packing. Kami berencana jam 9 check out, karena mau ke Kraton Solo. Seumur-umur saya belum pernah masuk ke Kraton Solo, seringnya cuma lewat dan kulakan baju di Klewer pas jaman dulu. Ya, niatnya mengenalkan budaya dan sejarah sama duo anak lanang. Biar pikniknya ngga cuma ngemall mulu, mereka juga harus tahu sejarah dan budaya negri mereka.

Sobat Prima, so far Amarelo Hotel menyenangkan, dua hal yang paling saya sukai sih kamarnya yang nyaman dan toilet bersih serta restonya. Jika Anda berencana staycation atau menginap di Solo, Amarel Hotel bisa jadi pilihan. Ngapain sih pilih hotel mahal kalau fasilitasnya hampir sama.  Cuma Amarelo Hotel memang ngga ada kolam renangnya yaa gaes.

Komentar

1. stay cation yg seru banget ya kak

BalasHapus
  2. Cakep yaa hotelnya mba, pengen deh eksplorasi Solo lebih banyak lagii..

3. Duh yaa ngelonin bapaknya eh maksudnya anak lanang ya mba keduanya.. Kebalikan aku. Wedok semuah hihi...
    Udah lama nggak ke Solo, kangen jadinyaa

BalasHapus
  4. Wah baca ini jadi kangen ke Solo deh. Kalau ke Solo mau nyobain nginep disini ah.

5. Duh mupeng jalan-jalan dan nginap di hotel nih aku mak..udah lama nggak liburan...

6. Hwaaa asik banget staycation di Solo. cakeeeub juga nih hotelnya, bisa jadi referensi kalo pan kapan mampir Solo :D :D

BalasHapus
  7. wah mantap ay , nyaman dan perlu dicatat kalau ke solo ini tempat tujuan menginap

8. sky loungenya kelihatan nyaman. Tapi kalau anak-anak masih kecil gitu, rada susah mau romantisan, ya hehehe

9. Tumben ya mbak, hotel tanpa kolam renang.. Tapi recomended juga mb, hotelnya bersih. Tapi anakku rebutan2 gitu nggak ya klo nginep2 di hotel..?

BalasHapus
  10. eh, mba. Simple an mana pake agoda apa traveloka buat ngurus hotel2 cak ini?

Balasan
    1. Traveloka lebih simpel kalau mau ngurus hotel, sebab bisa bayar dengan uang tunai.
      Tapi Agoda memang punya pilihan hotel yang lebih lengkap karena jaringannya juga lebih luas.

Hapus
  11. lumayan murah ya mba tarifnya, fasilitasnya jg lumayan :D. bener mba daripada pilih penginapan mahal mending uangnya dipake buat jalan-jalan :D

12. menarik sekali, pasti seru sembari menikmati suasana kota solo dari rooftop

13. Aku suka wallpaper kamarnya. Bolehlah ya kalo pas jalan-jalan ke Solo nginep di Amarelo. Trus pagi-paginya CFD. Anak-anak pasti suka. Sip-sip, thanks infonya mba' :)

14. Tempat yang asyik ya ini mba. Fasilitasnya juga ok

BalasHapus
  15. pasti yang paling asik, saat liat pemandangan dari rooftop.. pasti cakep tuh view nya apalagi klo malam

16. Wah, suka cfd di solo ya, jangan-jangan kita pernah ketemu. Aku udah tiga kali cfd an juga di sana. Makmal di galabo, tapi nginapnya di hotel apa ya, hihiii lupa. Noted deh, ntar kalo kesana mau nyoba staycation di Amarelo

17. nahhh makasi mba prim review-nyaaa

--bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  18. Cfd nya hari apa aja y , untuk srapan nya kira2 kalo gak include kamar budget berapa