Thursday, 1 September 2016

Saatnya Mengajari Anak Tentang Kebersihan Badan


Makin ke ke sini aktivitas anak lanang makin beragam dan kadang aneh-aneh. Dari main tanah dicampur air dan kerikil, ngedrum pake kursi ditumpuk tumpuk dan kejadian kemarin sore  saat saya sedang masak. Ternyata mereka menuang bedak ke toples kosong kemudian dicampur dengan minyak telon dan dibikin adonan. OMG hello, dilanjut bedak di sebar-sebar di ruang tengah dan mereka jadi badut.

Ehm, menjadi orang tua memang harus ekstra sabar gaes. Saat saya lagi slow dan nyante saya biarin saja mereka tapi kalo lagi banyak kerjaan di kantor dan hati kemrungsung saya bakal marah-marah. Seperti minggu kemaren dek Saka makan roti tapi malah dicuwil cuwil buanyak dan disebar dilantai. Spontan saya marah-marah sampai teriak dan abis itu saya menyesal melihat anak-anak ketakutan.

Kebetulan, selang sehari saya membaca sebuah artikel yang menceritakan tentang seorang anak perempuan tiba-tiba kejang dan diam saja hingga dibawa ke RS karena shock setelah dibentak Ibunya.  Saya takut donk jangan sampai kejadian seperti itu terjadi pada anak-anak saya. Ampun, saya janji nggak bakal galak lagi ya masih dikit lah tapi nggak sampai teriak dan butuh usus panjang untuk sabar. Dan beberapa hari ini saya tetap tegas tapi tidak keras dan galak, lebih calm ajah.



Tapi, menyangkut masalah kebersihan saya benar-benar agak bawel dan tegas. Anak-anak harus menjaga kebersihan badan apalagi aktivitas mereka berhubungan dengan debu, tanah dan kotoran. Sedari kecil saya mengajari duo anak lanang untuk selalu bersih apalagi saat mau makan dan sebelum tidur. 

Beranjak besar tubuh anak-anak akan lebih cepat kotor dan bau badan karena tak hanya kotor tapi kelenjar minyak mereka lebih aktif. Jika anak bersih mereka lebih wangi, jauh dari penyakit dan lebih cakep donk.


Tips menjaga kebersihan badan pada anak-anak saya :

1. Rutin mandi 2 kali sehari. Bahkan jika mereka sangat kotor saat siang mereka akan saya mandikan lagi baru tidur siang.

2. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan

3. Selalu menyikat gigi pagi dan sore

4. Rutin keramas dua hari sekali




Saya sih nggak muluk-muluk amat, kadang mereka masih lupa cuci tangan dan males saat saya keramasi dan saya maklum. Biasanya saya akan membujuk mereka lagi untuk cuci tangan dengan sabun yang wangi seperti LIfebuoy. Apalagi sekarang ada Lifebuoy jenis baru yang berbentuk gel. Busanya banyak dan lebih efektif membersihkan.

Nah, sobat Prima apa yang kalian lakukan agar anak-anak selalu bersih, share yaa.

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts