4 Film Bertema Cinta Beda Agama


Film CInta Beda Agama


Ngomongin tentang cinta tapi terpisahkan karena beda agama itu bikin ngilu gaes. Cinta yang tumbuh subur dalam hati terpaksa dibabat habis karena perbedaan yang tak bisa disatukan. Perbedaan agama dalam suatu hubungan memang jadi ganjalan yang sangat menyakitkan. Ada sih yang mampu melewati dan bersatu, tapi tetap meninggalkan luka bagi keluarga atau dirinya sendiri.

Ehm, adakah dari kamu yang lagi ngejalanin hubungan cinta beda agama? Ada dua pilihan sih, jalanin dulu hingga waktu tak terhingga atau putus dari sekarang. Keduanya menyakitkan. Akan lebih menyakitkan jika hubungan cinta sudah terlalu lama, sudah mendarah daging tapi akhirnya terpisah. SAKIT gaes. Lebih sakit dari diselingkuhin pacar.

Bagi pelaku cinta beda agama pasti pernah lihat film yang menceritakan cinta beda agama. Entah sebagai referensi, sekedar hiburan atau sebagai "teman". Film itu kamu jadikan teman, merasa senasib sependeritaan dengan tokoh di film.


Baca Juga : LAGU SEDIH TENTANG CINTA BEDA AGAMA
 

Beberapa film Indonesia yang bertema Cinta Beda Agama antara lain:

1. 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta


Rosid, pemuda muslim yang idealis dan terobsesi menjadi seniman besar seperti WS Rendra. Gaya seniman Rosid dengan rambut kribonya membuat Mansur, sang ayah, gusar karena tidak mungkin bagi Rosid untuk memakai peci. Padahal peci—bagi Mansur—adalah lambang kesalehan dan kesetiaan kepada tradisi keagamaan. 

Rosid menjalin hubungan dengan Delia, seorang gadis katolik berwajah manis, kepincut pada sosok Rosid. Tentu saja ini hubungan yang nekad . Rosid dan Delia adalah dua anak muda yang rasional dalam menyikapi perbedaan. Tapi orang tua mana yang rela dengan kisah cinta mereka. Maka mereka pun mencari cara untuk memisahkan Rosid dan Delia. Jurus Frans dan Martha, orang tua Delia, adalah dengan mencoba mengirim Delia sekolah ke Amerika. Berbeda lagi dengan Mansur. Ia berupaya menjinakkan Rosid dengan meminta nasihat Said, sepupunya yang ternyata tega menipunya.

Muzna, ibunda yang sangat dihormati Rosid, pun turun tangan. Sang Ibu dengan bantuan Rodiah, adik suaminya, menjodohkan Rosid dengan Nabila, gadis cantik berjilbab yang ternyata mengidolakan Rosid, sang penyair. Memang, cinta Rosid dan Delia begitu kuat, tapi sekuat itu juga tantangannya. Selain perbedaan agama ternyata ada beban psikologis yang harus dihadapi jika mereka meneruskan hubungan itu hingga ke ikatan pernikahan. Berhasilkah mereka bersatu dalam ikatan perkawinan? Memang nasib cinta tak ada seorang pun yang tahu.

2.  CI(N)TA

Film Cinta Beda Agama
Film ini bercerita tentang sosok Cina adalah lelaki Batak keturunan Tionghoa, yang beragama Kristen dan taat beribadah. Sedangkan Annisa, adalah muslim keturunan Jawa. Dia juga seorang bintang film yang cantik dan kesepian. tapi salutnya ia rajin beribadah (jarang2 loh ada bintang film rajin beribadah! hehee..).  namun karna prestasinya yang buruk di perkuliahan, membuat ia di pergunjingkan. Itu sebabnya dia bersahabat dengan telunjuk jarinya sendiri yang digambari wajah sedih. 


Waktu itu Tahun 2000, Cina baru masuk menjadi mahasiswa baru di Jurusan Arsitektur, Institut Tekhnologi Bandung. di sanalah pertama kalinya dia bertemu dengan Annisa, mahasiswa tingkat akhir (Senior) yang kuliahnya terhambat karena karirnya sebagai bintang film dan masalah keluarganya. Awalnya, Cina tidak menaruh perhatian pada Annisa, meskipun teman-temannya kerap membicarakan Annisa yang notabennya seorang artis. .

Awalnya, Cina tidak sengaja menabrak Annisa yang baru saja menyelesaikan maket proyek tugas akhirnya hingga maket tersebut rusak. Tanpa sepengetahuan Annisa, Cina membuat ulang maket Annisa. Namun, rancangan TA Annisa tetap di tolak karena prinsip idealisme yang dipegangnya. Cina pun tertarik untuk membantu Annisa menyelesaikan Tugas Akhirnya. 

Pertemuan yang intens, membuat Cina dan Annisa semakin dekat. Namun karena perbedaan yang ada di antara mereka, terjadilah dialog cinta yang banyak menggugat perkara tentang cinta, Tuhan, agama, dan kehidupan nyata.
Cina mencintai keduanya, ia mencintai Tuhan dan Annisa. begitu juga dengan Annisa, ia mencintai Tuhan dan Cina. dan di film ini juga di ceritakan kalau Tuhan mencintai keduanya, Cina dan Annisa.
Namun Annisa dan Cina tidak bersatu. Karena mereka menyebut Tuhan dengan nama yang berbeda.

Kedua nya pun memutuskan untuk melanjutkan hidup nya masing-masing. Cina memutuskan untuk mengambil beasiswanya ke Singapura yang belum di ambilnya karena dia mengambil kuliah di ITB. Sedangkan Annisa, akhirnya menerima perjodohan dari Ibunya. (sumber sinopsis)


3. Cinta Tapi Beda

Film Cinta beda agama

CAHYO, cowok ganteng asal Yogja, bekerja sebagai chef di Jakarta. Ia anak pasangan Fadholi dan Munawaroh, keluarga muslim yang taat beribadah. Cahyo berusaha lepas dari kesedihan setelah ditinggal selingkuh sang kekasih, Mitha.
Diana, gadis asal Padang. Perempuan berparas sangat Indonesia, mahasiswa jurusan seni tari. Ia tinggal bersama om dan tantenya di Jakarta. Keluarga Diana penganut Katolik taat. Cahyo dan Diana bertemu di pertunjukan tari kontemporer di Jakarta. Mereka memutuskan berpacaran walaupun berbeda keyakinan. Mereka bahkan serius melanjutkan hubungan hingga jenjang pernikahan. Diana was-was ketika Chayo mengajaknya menemui orangtuanya. Ibu Cahyo bisa memahami cinta anaknya, tapi tidak Pak Fadholi. Sampai kapan pun Pak Fadholi tidak akan merestui Cahyo. Bila Cahyo memaksa, Pak Fadholi memilih memutus tali keluarga. Tidak mudah bagi Cahyo dan Diana menjalani cinta beda keyakinan. Ibu Diana juga keberatan dengan pilihan putrinya. Kakak-kakak Diana, termasuk om dan tantenya, telah meninggalkan keyakinan mereka.
Demi kesehatan ibunya, Diana akhirnya kembali ke Padang dan menerima perjodohan dengan dokter Oka, lelaki pilihan ibunya dan seiman. Ia coba tutup hatinya untuk Cahyo. Cahyo melewati masa terburuk dalam hidupnya. Cahyo berkesimpulan bahwa Diana tak ada bedanya dengan Mitha yang lari ke pelukan laki-laki lain. Di Padang, Diana berusaha mencintai Oka, dan Oka berusaha membantunya melupakan Cahyo. Ada satu yang masih sulit dilupakan Cahyo maupun Diana, bahwa mereka sesungguhnya telah diikrarkan bukan karena keyakinan, tapi karena cinta... Seingat saya sih mereka akhirnya menikah dan menjalani pernikahan beda agama(sumber Wikipedia)


4.  Assalamualaikum Beijing

Film Cinta Beda Agama
Add caption


Sehari sebelum pernikahan dilangsungkan, Asmara (Revalina S. Temat) mendapatkan kenyataan pahit bahwa kekasihnya, Dewa (Ibnu Jamil) ternyata sempat berselingkuh dengan teman sekantornya Anita (Cynthia Ramlan).

Walau Dewa memohon agar pernikahan tetap dilanjutkan, Asma terlanjur patah hati. Terlebih, hubungan sekali yang dilakukan ternyata membuahkan janin, Anita hamil. Dengan membawa kesedihan, Asma pun menerima tawaran pekerjaan di Beijing, peluang yang didapatkan lewat bantuan Sekar (Laudya Cynthia Bella) dan Ridwan (Deddy Mahendra Desta), suaminya.

Di Beijing dalam salah satu perjalanan, Asma bertemu Zhongwen (Morgan Oey), lelaki tampan yang memperkenalkannya akan legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunan.Kebaikan dan perhatian Zhongwen, membuat Asma perlahan membuka hati. Walaupun sempat gamang ketika Dewa menyusulnya ke Beijing. Sayang, sebelum hubungan berlanjut, Asma terkena APS, sebuah sindrom yang membuat nyawanya terancam dan bisa menemui kematian setiap waktu. Zhongwen menjadi mualaf dan berusaha mengejar Asma yang menyembunyikan diri karena penyakitnya.

Dari ke empat film diatas mana favorit kalian?

Setiap orang pasti punya selera sendiri-sendiri. Keempat film tentang cinta beda agama yang saya tulis diatas memiliki ending, akhir cerita yang berbeda. Film 3 Cinta Dua dunia berakhir putusnya hubungan Rosid dan Delia, karena orang tua Rosid tidak setuju dengan hubungan mereka. Sedang film Ci(n)ta memiliki ending berpisahnya hubungan Cina dan Anisa, mereka memilih jalan sendiri-sendiri dan menyimpan cinta mereka dalam hati.  Film Cinta tapi Beda memiliki ending bahagia, mereka akhirnya bersatu setelah melewati rintangan yang tak mudah. Jika terjadi di dunia nyata akan susah meresmikan pernikahan beda agama. Sedang film terakhir Assalamualaikum Beijing berakhir nya hubungan karena sakit/maut.

Oh iya, aku punya artikel terbaru lho yang mungkin kamu akan suka membacanya. Artikel terbaru aku itu tentang beberapa cara mengatasi penuaan dini menggunakan black jam original raw yang punya banyak banget kelebihan dan manfaatnya lho. Pokoknya, penuaan dini tuh bisa cepet selesai dalam waktu cepat deh. Coba deh kamu baca gih artikelnya, awas lhoo besok langsung ngeborong cream black jam nya... :p"


Sobat Prima, ternyata tak mudah ya menjalani Cinta Beda Agama, semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu semua gaes.


Tertanda.
Mantan Pelaku Cinta Beda Agama

Komentar

  1. Wah lagi ngerti mbak prima pernah juga, kepo dong #LaluDijitak

    BalasHapus
  2. Waduh..endingnya hampir sad ending semua yak...gubrak, ga jadi nonton deh. Wkwkwk. Padahal tadinya sempet pengen lihat beberapa film di atas, bahkan semua judul deng, yaaah..akhirnya sad ending. I hate sad ending :(

    BalasHapus
  3. Belom ada 1 pun yg gw tonton, ntar nunggu ada di sctp aja

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)