6 Tips Aman Berkendara ala Prima


Sebagai rider alias pengendara motor yang  setiap hari menempuh perjalanan sepanjang 50 kilometer mengharuskan saya untuk ekstra hati-hati dalam mengendarai motor. Yes gaes, setiap hari saya ke kantor 50 km yang berjarak 25 kilometer dari rumah. Jika bolak balik maka dalam sehari minimal saya sudah menempuh  dengan waktu sekitar satu setengah jam.

Capek?

Pasti donk. 

Tapi karena sudah terbiasa jarak segitu mah enteng saja. Demi sesuap nasi dan segegenggam berlian gaes, harus semangat kerja. Ya walau kadang ngiringeliat temen kantor yang jarak dari kantor ke rumahnya cuma lima menit.

Karena berkendara yang aman menjadi keharusan bagi saya maka saya harus mempersiapkan beberapa hal agar saya berangkat dengan selamat dan sampai rumah lagi dengan keadaan selamat juga.

OK gaes, berikut beberapa tips aman berkendara ala Prima :

1.  Siapkan fisik 

Salah satu syarat utama dalam berkendara adalah sehat, fisik bagus dan tidak sedang sakit. Jangan sampai abis minum obat dan ternyata obat itu ada kandungan obat tidur tapi malah naik motor, jauh lagi. Itu sangat berbahaya. Berkendara membutuhkan konsentrasi tinggu jadi pengendara harus sehat. Jika perlu minum multivitamin agar selalu fit. 

2. Jangan lupa pake helm ber  SNI

Hayo siapa yang suka males pake helm? Selalu dipakai ya gaes, kalau bisa sih helm standart yang sudah berSNI. Bagian kepala itu sangat penting dan harus dilindungi. Apalagi pakai helm aman dari sempritan pak Polisi. COba aja lewat perempatan lampu merah tanpa helm, bakal dikejar deh. LOL
 
Btw, ngomongin helm saya jadi inget helm putih saya yang tak lagi putih karena catnya sudah pecah-pecah. Kondisi masih layak sebenarnya walau kaca juga udah mulai burem. Sumpah, sebenernya helm itu sudah jelek bingit. Kalau diingat-ingat mungkin usianya hampir 10 tahun. Wow, tak terasa yaa dia sudah menemani saya lama banget.

Dari dulu sih ngincer helm INK yang warnanya ngejreng-ngejreng, kualitas emang bagus. Saya jadi kepo berapa ya harga helm ink sekarang. 

3. Gunakan masker dan syal untuk leher

Berada di jalan selama berjam-jam itu bikin wajah penuh debu, menghirup polusi dan terpapar angin. Hal ini bisa disiasati dengan menggunakan masker dan syal untuk leher. Saya sendiri mengkoleksi beberapa masker. Ehm, bukan masker berwarna biru yaa tapi slayer warna warni yang saya gunakan sebagai masker penutup wajah.

4. Jika memungkinkan kenakan sepatu

Saya setiap hari berkendara selalu menggunakan sepatu. Ya iyalah masak saya ke kantor pakai sandal jepit. LOL. Tapi memang seharusnya pengendara motor agar lebih aman menggunakan sepatu. Jika terjadi kecelakaan atau sekedar gesekan kaki lebih terlindungi.

5. Bawa permen dan air minum sebagai obat kantuk

Nah, penyakit saya saat naik motot ya ini. Ngantukan, apalagi kalau malem habis ngeblog bikin lomba atau dapet job ((Ciyeeee)). Saya bisa liyer liyer di jalan, pernah salah belok karena merem di jalan, pernah juga nyemplung kali karena mata lengket. LOL. Setelah itu saya selalu sedia permer rasa pedas di saku, biar pas ngerasa ngantuk langsung makan permen. Atau berhenti sebentar minum agar tidak ngantuk lagi.


6.  Selalu cek kondisi motor kamu




Selain badan sehat, kondisi motor juga harus di perhatikan. Dari bahan bakar, ban, rem, dan rutin service. Apalagi motor yang sering dipakai, harus sering dicek, agar aman. Karena saya perempuan dan nggak ngerti masalah motor ya saya serahkan ke ahlinya alias tukang servise. Sebulan sekali servise dan ganti oli sekalian dicek ada yang rewel nggak. Agar motor enak dipakai dan nggak ngadat saat diajak jalan.



Ngomongin helm tadi, entah sampai saat ini saya masih maju mundur cantik. Jiaaan, emang pelit atau eman-eman ya helm bulukan masih tak pakai hingga sekarang. Sepertinya saya perlu digoda sama helm-helm cantik. Saya searching di Telunjuk.com salah satu situs Shopping search engine.Telunjuk.com  ini menampilkan harga barang terbaru yang kita terbaru yang dijual toko-toko online terpercaya di Indonesia. Ini akan memungkinkan inginkan, tanpa harus repot membuka banyak tab browser.  Yeee, saya bisa  mengetahui harga helm Ink secara lengkap dan memilih seller dengan penawaran terbaik. Kan, sekarang serba digital, banyak online shop lumayan nggak perlu keluar rumah. 



Saya pengen yang ini. Ada yang mau beliin?
 Gimana gaes? Saya perlu beli helm baru nggak?

Komentar

  1. jangan lupa bawa senjata (sim dan STNK) :D wah kalau helm itu saya juga mau :D tapi di rumah sudah ada sih tapi warna hitam :)

    BalasHapus
  2. yapp bener..cek motormu apalagi rem :D.. pernah penagalam buruk krna g rutin cek motor

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)