#HealthyTalk : Obat Herbal untuk Diabetes Melitus

Sebelumnya saya pernah menulis tentang penyakit Diabetes Melitus (DM) dan  Cara Mencegahnya. Begitu berbahayanya penyakit yang punya nama lain kencing manis inti dan menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian di hampir seluruh dunia. Jika dulu Diabetes Melitus banyak di derita oleh golongan orang berduit, tetapi sekarang penyakit ini tak mengenal status dan golongan gaes, jika pola makan dan gaya hidup tidak sehat siap-siap saja di datangi si DM yang menakutkan.

Lantas apakah penyakit Diabetes Melitus ini bisa diobati?


Bisa donk, Tuhan memberikan cobaan pasti ada penyelesaiannya, begitupun penyakit pasti ada obatnya. Penderita Diabetes Melitus disarankan selalu check up rutin setiap bulan untuk mengetahui kadar gula dalam darahnya. Kadar gula darah memang harus dikontrol agar tidak terjadi lonjakan dan mengakibatkan komplikasi.

Sobat Prima, suatu penyakit sebenarnya bisa kita kendalikan asal selalu cek dan mengurangrekani pantangannya. Salah seorang rekan di kantor sudah lama mengidap diabetes dan tetap terlihat fit seperti biasa. Karena dia memang mengurangi gula, tidak makan makanan yang berkolesterol tinggi dan rutin check up ke dokter penyakit dalam. Tak hanya itu dia juga mengganti gula pasit dengan pemanis dari Tropicana Slim.

Apakah penderita Diabetes Melitus harus selalu minum obat dokter/kimiawi?

Banyak jalan menuju Roma, begitu pula banyak cara menuju kesembuhan. Bagi saya sih yang penting berusaha sesuai kondisi dan kemampuan diri kita. Selain berobat ke dokter ada juga pengobatan alernatif atau dengan minum obat herbal. 

Beberapa tanaman ternyata bisa juga digunakan untuk pengobatan ataupun pencegahan penyakit Diabetes Melitus lho gaes, beberapa diantaranya antara lain:

1. Mengkudu
Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membtuk alkaloid yang berfunsi untuk membuka pori pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes. caranya
  • Ambil 1 buah mengkudu
  • Kemudian diblender, setelah itu peras airnya
  • Masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas
  • Jika Anda tidak tahan dengan rasa dan baunya, Anda juga bisa manambahkan sedikit madu

2. Mengobati diabetes dengan kunyit

Kunyit sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan. Karena sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, maka kunyit bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Cara menggunakannya.
  • ambil 1 rimpang kunyit dan tambahkan dengan setengah sendok garam.
  • Kemudian rebus dalam satu liter air hingga air mendidih.
  • Saring air rebusan tersebut dan biarkan agar dingin.
  • Setelah dingin, minumlah air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja.
  • Minumlah secara teratur dua kali dalam satu minggu.
Dengan cara ini, kadar gula darah penderita diabetes akan stabil sehingga mencegah komplikasi penyakit lainnya.

3. Mengobati diabetes dengan tanaman mahkota dewa

Tanaman herbal lainnya yang mampu atasi penyakit diabetes adalah tanaman mahkota dewa. Bahkan kepopuleran tanaman mahkota dewa belakangan ini semakin naik karena manfaatnya yang begitu penting dalam pengobatan berbagai penyakit. Untuk mengobati penyakit diabetes dengan tanaman mahkota dewa juga tidak sulit.
  • Siapkan 3 hingga 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa.
  • Kemudian tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih.
  • Rebus menggunakan air 3 gelas dan terus rebus agar mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas.
  • Minumlah air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes bisa diatasi.

4. Mengobati penyakit diabetes dengan tanaman brotowali

Ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat. Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat. Caranya.
  • ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm.
  • Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.
  • Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.
5. Daun kemangi
Daun kemangi merupakan tanaman alami yang dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal. Dan lebih ikmat lagi, kemangi yang disandingkan dengan akan lele pasti akan sangat menggoda selera. Namun dibalik itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.

6. Buncis
Buncis juga menjadi salah satu obat diabetes kering yang cukup efektif. hal ini karena kandungan B-sitosterol pada buncis bisa mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, namun tetap menjaga insulin tetap normal di dalam tubuh. Buncis obat diabetes ini mampu mengurangi gula darah jika Anda bisa mengolahnya dengan benar. Berikut cara membuat obat diabetes alami dari Buncis :
  • Siapkan 1/2 Kg yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian buncis di rebus menggunakan 2 gelas air.
  • Setelah mendidih angkat buncis dan masukkan ke dalam gelas.
  • Minum ramuan alami tersebut pagi dan malam sebelum tidur.

Komentar