Tuesday, 14 June 2016

Danau Toba, Destinasi Wisata Impian Saya


Sudah lama saya bermimpi melihat indahnya Danau Toba, melihat airnya yang biru dan tenang. Merasakan sejuknya suasana pegunungan dan berlayar menuju Pulau Samosir  yang berada di tengah danau Toba. Ahh, rasanya sudah ga sabar pengen kesana, terlebih saya ingin mengenal budaya masyarakat Batak yang banyak tinggal di pesisir Danau Toba.


Danau Toba terletak di pulau Sumatera tepatnya di Parapat. Jika kita naik pesawat kita akan mendarat di bandara Kuala Namu Medan dan sebaiknya istirahat dulu di Medan baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Pematang Siantar baru kemudian ke Parapat. Harga hotel di Medan beragam dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung kita ingin menginap di losmen, budget hotel atau hotel berbintang lima.

Kubur Batu (sumber gbr :Wonderful Indonesia)

Masyarakat Batak Toba dan Simalungun kebanyakan tinggal di Samosir, selain warganya yang ramah, mereka amat mencintai budaya mereka dan selalu berupaya untuk melestarikannya. Pulau Samosir memiliki bekas peninggalan zaman purbakala di antaranya ialah kuburan batu dan desa-desa tradisional. Seperti makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun dan Patung Sigale-Gale yang bisa menari.

Tari Tor-Tor (Sumber gbr : Maruliandreas.wordpress.com)
Saat berwisata, hal yang paling menarik bagi saya terutama seni budayanya. Seni budaya Bali masih terpelihara secara baik hingga saat ini, begitupun adat istiadat Batak di pulau Samosir. Tari Tor-Tor sering ditanpilkan untuk menyambut tamu, upacara ritual ataupun adat. Sayapun ingin ikut menari bersama warga sekitar, karena memang tarian ini merupakan lambang bentuk syukur kepada Mulajadi Nabolon, dewa pencipta alam semesta, dan rasa hormat kepada hula-hula dalam konsep kekeluargaan mereka.

Pesona Danau Toba tak hanya itu, di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Bayangin aja, di tengah danau ada pulau, dan ditengahnya ada danau lagi. Keren banget kan, jujur, saya bangga jadi orang Indonesia dan pengen suatu saat keliling nusantara.

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts