Thursday, 19 November 2015

Penyebab Sariawan dan Obat Mujarab untuk Sariawan

Ibu mana sih yang tidak sedih saat anaknya sakit.  Seperti saya sekarang yang lagi galau karena Mas Nathan sariawan berhari-hari dan makannya sedikit sekali. Mungkin dia kecapekan karena sabtu kemaren dari Solo dan minggunya lanjut pergi ke tempat saudara di Kendal. Roadtrip jauh sudah biasa bagi dia, tapi cuaca yang tidak mendukung membuat daya tahan tubuhnya rendah dan gampang terserang virus.

Kedua anak saya jarang terkena penyakit seperti batuk, pilek atau radang tenggorokan yang banyak menyerang anak-anak. Tapi area mulut mereka yang sering sakit, seperti sariawan atau giginya pas numbuh pasti dia demam. Bagaimanapun saya tetap bersyukur, hanya sariawan yang sering menghinggapi mereka.  Daripada kena penyakit penyakit berat dan minum obat macem-macem, saya jauh beruntung karena obat mereka kalau enggak Albothil, Kenalog atau Candistatin. Biarpun sepele cuma sariawan, tapi bikin sedih juga karena mereka tidak mau makan dan berat badan turun seketika.

Apa saja sih penyebab sariawan?

1. Sariawan karena jamur

Beberapa kali anak-anak terkena sariawan. Bisa karena luka tergigit, jatuh dan luka di mulut, jamur dan virus. Anak saya yang pertama terkena sariawan setelah umur satu setengah tahun. Ada jamur berwarna putih dilidahnya. Hal ini disebabkan karena dia minum susu dari dot dan saya telat membersihkan lidahnya. Mas Nathan terpaksa minum sufor setelah saya hamil anak kedua saat dia masih 1,5 tahun. ASI saya turun drastis karena morning sickness berlebih.

sumber gambar

Yes, minum dot membuat lidah cepat kotor dan berjamur. Apalagi jika jarang dibersihkan. Tapi tidak semua mengalaminya. Banyak anak saudara yang minum dot dan tidak dibersihkan lidahnya tapi tidak pernah sariawan. Sedang anak saya, lupa ngebersihin bakal membuat lidahnya putih-putih dan jika tidak segera dibersihkan akan membuat dia sariawan. 

Biasanya sariawan juga dibarengi dengan suhu tubuh meningkat, sehingga dokter akan meresepkan parasetamol juga untuk menurunkan panas tubuhnya. Jamur candida ini bisa disembuhkan dengan antibiotik. Bisa ditemukan di apotik-apotik, atau konsultasi terlebih dulu dengan dokter anak. Ada beberapa obat mujarab untuk sariawan karena jamur, seperti Kandistatin, Nystantin, Mycostantin dll. Harganya bervariasi antara 45 ribu sampai 70 ribu.

2.  Sariawan karena luka di mulut atau lidah

Kedua anak saya pernah mengalami sariawan karena luka di mulut dan lidah. Mas Nathan sewaktu usia 1,5 pernah jatuh dan gusinya berdarah. Saya periksakan ke dokter dan hanya diberi resep obat jamur. Beberapa hari dia tak kunjung sembuh, sama sekali tidak mau mebuka mulutnya apalagi makan, Minum susupun saya berikan melalui sendok, suap persuap dengan sedikit paksaan. Saat saya buka mulutnya dan gusinya saya tekan sedikit langsung keluar darah dan gigi-giginya agak goyah. 


sumber gambar

Saya sempat depresi dan bingung apa yang harus saya lakukan, sampai orang tua menyarankan untuk membawa ke RS saja karena Mas sama sekali tidak mau makan dan minum susu. Beruntung, seorang teman saya menyarankan untuk membeli KENALOG dan mengoleskannya di gusi. Dengan sedikit paksaan saya oleskan Kenalog digusinya, setelah beberapa jam, ajaib dia sudah mau minum dotnya lagi. 

Kenalog baik digunakan untuk luka dimulut, seperti tergigit. Segera oleskan kenalog dan luka itu tidak menjadi sariawan. 

Begitupun dengan anak kedua, semenjak usia satu tahun saat tidur dia sering sekali tergigit hingga lidahnya berdarah, di sprei, baju ataupun sarung guling. Apa penyebabnya dokter juga tidak bisa menjawab dengan pasti. Ada beberapa penyebab, mungkin lidah anak saya terlalu lebar, kebiasaan gigi gemeretuk saat tidur dan suami saya sepertinya mempunyai kebiasaan itu. Saya bertanya pada beberapa dokter anak, kapan dia akan berhenti menggigit. Dan jawaban dokter, nanti saat dia mulai besar dan bisa mengontrol gigi serta lidahnya. Jangan tanya seperti apa perasaan dan mimpi buruk yang terjadi tiap malam. Syukurlah, semenjak dua tahun dia sudah jarang menggigit lidahnya dan saya bisa tidur dengan tenang.


Luka yang dia timbulkan karena gigitan menyebabkan luka sariawan yang cukup besar. Saya obat dengan kenalog terkadang albotil. Belum sepenuhnya sembuh sudah tergigit lagi. Begitu seterusnya sampai saya bosan untuk mengobati dan saya biarkan sembuh sendiri.
sumber gambar

Jika sariawan pada rongga mulut atau lidah saya lebih memilih menggunakan Albothil. Setelah dioleskan pada sariawan menggunakan cotton bud, rasa sakit dan peradangan akan jauh berkurang. Tapi rasa sakit saat obat ditempelkan itu perih banget. Saya aja yang dewasa nangis lho saat saya ngobatin sariawan saya sendiri. Anak-anak mungkin juga akan menangis, tapi setelah itu akan segera sembuh.

Nah, jangan sampai yaa anggota keluarga kita terkena sariawan, cara mencegah sariawan antara lain :
1. Jaga kebersihan lidah, mulut dan rongga mulut
2. Sikat gigi dengan perlahan-lahan, apalagi ketika menggosok gigi anak. Jangan sampai membuat luka dan  
    menyebabkan sariawan.
3. Jangan makan makanan yang terlalu panas dan berlemak
4. Perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah serta vitamin C

Nah, sobat Aprint di cuaca yang tidak menentu ini jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, konsumsi makanan sehat dan multi vitamin. Dan jangan lupa untuk selalu menghindari stress.

3 comments:

  1. Sariawan emang nggak enak bangeeet. Perih-perih gimana gitu dan jadi nggak doyan makan. TFS ya Maakk

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya mak.. Kl sy alhamdulillah jarang sariawan, begitu ada 1 langsung deh turun BB *lebay dikit* enak yg obat kumur pake rasa itu utkku.. Kl albothyl gak nahan perihnya..

    ReplyDelete
  3. Pas banget baca ini, kebetulan memang aku lg sariawan....kegigittt

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts