Friday, 6 November 2015

Candi Kalasan, Candi Pemujaan Dewi Tara


candi kalasan jogja
Candi Kalasan Jogja

Rasanya tak adil jika saya sudah memposting beberapa candi di Jogja tapi candi di sebelah rumah malah tidak saya promosikan. Candi Kalasan berlokasi di Kalibening, Kalasan, Sleman. Berada tepat disisi timur jalan Jogja Solo km 12. Jika anda naik bis dari arah Jogja, tinggal turun di depan polsek Kalasan. Tinggal menyebrang dan masuk ke gang


Hampir setiap hari saya mengunjungi Candi Kalasan, lebih tepatnya sih cuma lewat. Jalan-jalan naik motor ama duo anak lanang dan berhenti sebentar di depan candi sambil mengamati dan mengagumi bangunan bersejarah tersebut. Nggak usah iri ya, candi ini satu kampung ama saya yaitu Kalibening. Dan saya bisa tiap hari melihat candi gratis. Hehehe.



Candi Kalasan merupakan  candi  Budha, dengan 52 stupa bangunan pendukung lainnya ada juga tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, berbentuk stupa. Candi Kalasan di bangun semasa pemerintahan Rakai Panangkaran. Candi Kalasan adalah candi Budha tertua di Jogjakarta dan Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 777 saka atau 778 M oleh Rakai Panangkaran dari dinasti Sanjaya. Candi Kalasan didirikan untuk penyembahan Dewi Tara bagi umat Budha. Candi tidak digunakan oleh keluarga Sanjaya karena mereka menganut agama Hindu. Rakai Panangkaran mendirikan candi ini karena bujukan oleh gurunya yang beragama Budha. Candi ini menunjukan kerukunan antar umat Hindu dan Budha pada masa itu.



Ada beberapa bagian candi yang tidak utuh lagi. Mungkin rusak karena termakan waktu. Keunikan Candi Kalasan terdapat pada hiasan yang indah dan pahatan batunya halus. Selain itu ornamen dan relief pada dinding luarnya dilapisi sejenis semen kuno yang disebut Valjralepa. Menggunaan Valjralepa bertujuan untuk melindungi candi dari lumut dan jamur. Valjralepa juga memperhalus pahatan relief dan memberi efek warna keemasan pada Candi. Lapisan valjralepa jarang ditemukan pada candi-candi kawasan Prambanan. Selain candi Kalasan candi yang menggunakan Valjralepa yaitu candi Sari. Candi Sari merupakan satu rangkaian dengan pembangunan candi Kalasan. Candi Kalasan sebagai tempat peribadatan sedangkan candi Sari berfungsi sebagai asrama bagi biksu Budha.


Walaupun hanya ada satu candi, tapi Candi Kalasan tetap digemari wisatawan. Entah domestik maupun asing, sering saya melihat turis dari ASIA dan para bule. Tapi emang lebih banyak turis dari Korea atau Jepang. Duo anak lanang seneng ngeliat para turis yang cakep-cakep. Mungkin mereka berpikir koq kulit mereka putih banget yaa, hehehe.

Nah, temans Aprint yuk maen ke Candi Kalasan, jangan lupa mampir gubuk saya ya :)

4 comments:

  1. Asik dong anak-anak bisa main tiap hari di candi, mbak :)

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah kesini. :)

    ReplyDelete
  3. aku tahunya ayam kalasan hehehe kalua candi kalasan belum pernah berkunjung kesana

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts