Wednesday, 2 September 2015

Sehari Bersama Dancow Excelnutri+ : Ranch Adventure

Sejak kecil saya minum susu , sampai sekarangpun masih minum susu tapi susu untuk tulang. Maklum, sadar usia nih, pencegahan sih biar kelak ga osteoporosis. Begitupun kedua anak saya, mereka suka banget minum susu, nurun kali ya dari saya. 

Lho kok minum sufor?
Kedua anak saya lulus ASI ekslusif dan minum ASI aja sampai usia 1,5 tahun. Setelah lepas dari ASI mereka saya berikan susu Dancow, walaupun makan mereka banyak, menurut saya susu tetap perlu diberikan karena mengandung banyak gizi dan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Apalagi mereka sedang masa pertumbuhan, pastinya susu membantu pertumbuhan tulang mereka.

Susu Dancow sudah ga asing bagi saya karena semasa saya kecil Ibuk saya juga memberikan Dancow pada saya dan ketiga adik saya, so ga perlu testimoni dari siapapun karena saya sudah membuktikannya dan anak saya pun menyukai susu Dancow.

Beruntungnya saya, saat ada undangan menghadiri launching Excelnutri + dari Dancow dan seminar parenting bersama Shanaz Haque. Langsung donk semangat, apalagi penyelenggaranya susu favorit keluarga saya. Dan hepinya lagi, Dancow juga menyelenggarakan Ranch Adventure di Jogja City Mall pada hari Sabtu - Minggu 29-30 Agustus kemaren.


Bersama blogger dari Komunitas Blogger Jogja Sabtu kemaren kami menghadiri acara tersebut bersama anak masing-masing. Seru dan wow, itu komentar saya saat tiba di lobby Jogja City Mall,bayangin aja. Di lobby yang luas dan bersih berubah menjadi peternakan ala-ala cowboy gitu. Ada kelinci, domba, kuda, kolam ikan, labirin dan booth dimana kita bisa berfoto bareng keluarga. Anak saya Nathan excited banget dan ga sabar pengen masuk ke area Ranch Adventure. 


Sebelum masuk ke area, saya sekalian membeli susu buat Saka, anak kedua saya. Kebetulan, harganya lebih murah so langsung beli 3 kardus dan dapet hadiah tas. Karena saat itu jam makan siang, saya dan anak saya cuma keliling di area Ranch Adventure dan belum mencoba wahana satu-satu.



Acara media gathering dan seminar parenting dari Dancow Parenting Center diadakan di Bale Raos Resto,  saya bersama para blogger KBJ dan wartawan media massa lain menyempatkan makan siang agar perut terisi dan bisa konsen saat mendengarkan penjelasan dari Dr. dr. Ali Sungkar, SP.OG, dr. Stella Evangeline Bela, Mgizi, Sp.GK, Lia Mawarsari Boediman, MS. CP.PSY, para praktisi medis dari Dancow Parenting Center.



Tepat pukul satu Dancow media center dimulai, dipandu oleh Bapak Brata acara berlangsung hangat. Narasumber bergantian memberikan ilmu tentang kesehatan dan parenting yang bermanfaat bagi para orangtua, khususnya saya. 

Dr. dr. Ali Sungkar, SP.OG selaku dokter spesialis kandungan menjelaskan tentang pentingnya 1000 hari pertama, dimulai dari mulai kehamilan hingga usia 2 tahun. Dimana saat itu anak sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh. Agar anak tumbuh optimal dan mencegah terjadinya kecacatan pada anak. Ohya, kata beliau persiapan juga dimulai dari sebelum hamil, jika si Ibu dengan berat badan rendah ya harus meningkatkan BB dulu, agar bayi yang dilahirkan nanti lahir dengan BB normal. Jika Ibu dengan gizi buruk, sebisa mungkin diperbaiki agar rantai anak dengan gizi buruk terputus. Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi dan folat tinggi, agar janin berkembang sempurna. Makronutrien dan mikronutrien juga sangat dibutuhkan setelah lahir nanti.


Narasumber selanjutnya adalah dr. Stella Evangeline Bela, Mgizi, Sp.GK, beliau ahli gizi yang pastinya ga kekurangan gizi donk,hahaha #justKidding. Dokter cantik ini menjelaskan jika seorang anak sangat membutuhkan asupan gizi mulai dari lahir dengan pemberian ASi, setelah usia 6 bulan dikenalkan dengan MPASI dan pada usia 1 tahun sudah diperbolehkan makan makanan orang dewasa, hanya mungkin porsinya lebih sedikit. Selain makronutrien dan mikronutrien, anak-anak sangat memerlukan prebiotik dalam saluran cernanya.

Prebiotik adalah makanan yang berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan  mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.


Kesehatan anak dimulai dari sistem pencernaannya, karena disanalah proses penyerapan gizi berlangsung. Dengan adanya prebiotik, akan memacu tumbuhnya probiotik dimana probiotik berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroekosistem dalam sistem pencernaan, membantu proses pencernaan, berperan positif dalam sistem immun dan menetralkan atau menghilangkan racun. Anak-anak seringkali lepas dari pengawasan dan mungkin banyak bakteri jahat yang masuk ke perut. Dengan imunitas yang bagus, bakteri jahat akan dilawan dan anak tidak mudah sakit.


Narasumber yang ketiga adalah  Lia Mawarsari Boediman, MS. CP.PSY, menurut psikolog berkacamata ini, selain nutrisi yang baik seorang anak membutuhkan banyak cinta dan kasih sayang serta stimulasi agar menjadi anak yang kreatif dan percaya diri. Sebagai orangtua kita bisa memberikan stimulasi sesuai usianya dan memberikan kebebasan dalam mengeksplorasi lingkungannya. Point itu sudah saya praktekan, saya memberi kekebasan kedua anak saya bermain diluar tanpa takut kotor dan membiarkan mereka Sobo Kebon


Sesi selanjutnya, artis berwajah manis dan keibuan menambah acara semakin sumringah, karena ternyata Shanaz Haque itu bisa ndagel dan beberapa kali membuat kami tertawa. Dia bercerita tentang ketiga putrinya yang memiliki hoby dan sifat yang berbeda, bersama Gilang suaminya bekerja sama dalam membimbing ketiga anaknya. Setiap anak itu istimewa dan orang tua harus memberikan anak stimulasi dan nutrisi.

Dia memberikan rahasia untuk menunjukkan cinta pada anak :
1. Jangan pelit memberikan ciuman dan pelukan
2. Sering memuji dengan kata positif
3. Jangan pernah membandingkan tiap anak dengan anak lain, karena itu sangat menyakitkan dan rasa sakitnya bisa dibawa sampai mati. Lebih baik jika membandingkan dengan kondisi sebelumnya, misal "Sekarang lebih pintar menggambar ya dari minggu kemaren"


Sesi terakhir, Bapak Riza Novalas dari pihak Dancow menambahkan jika saat ini Dancow mengeluarkan inovasi baru dengan menambahkan Excel Nutriplus pada produknya. Setelah 90 tahun lebih berkarya di Indonesia Dancow turut mewujudkan anak Indonesia lebih sehat. Salah satunya dengan mengadakan event Rach Adventure yang diadakan diberbagai kota seperti Jakarta, Jogja dan selanjutnya akan diselenggarakan di Semarang, Makasar dan Medan.


Selesai sesi media gathering, para wartawan dan blogger diajak berkeliling di area Ranch Adventure. Nathan yang sudah mulai klisikan, bosen duduk dari tadi terlihat gembira dan antusias saat saya ajak mencoba berbagai wahana di sana.


Nathan asyik memberi makan kelinci angora

Haiii...... saya si kuda, pose dulu ahhh
"yeee....dapet ikan Buk"

Ikan yang ditangkap boleh dibawa pulang

Selain berinteraksi dengan binatang dan alam, ada zona untuk berkonsultasi dengan dokter ahli gizi dan psikolog juga. Orang tua bebas untuk bertanya tentang anak atau pola asuh. Saat orang tua berbincang dengan dokter, sianak bisa berkreasi dengan aneka mainan seperti mewarnai, lego dll.

Puas bermain, Nathan mulai rewel dan mengajak pulang padahal acara belum selesai. Untungnya, ada operet anak dari Sanggar Kumpul Bocah dari Bantul. Ceritanya menarik dan sangat menghibur, Nathan ga jadi pulang dan ternyata cerita yang disampaikan ditangkap baik oleh anak saya. Sampai dirumah dia masih mengingat tentang bakteri jahat diperut yang dikalahkan oleh bakteri baik. Cara itu saya gunakan untuk selalu mendorong dia makan makanan sehat dan minum susu.




Tibalah acara puncak, yaitu lauching DANCOW Excel Nutriplus oleh para punggawa Nestle dan Dancow. Ratusan balon diterbangkan menandai dibukanya penutup logo Dancow yang baru. 



Huaaaa, mandi balon nih. Nathan seneng banget liat balon yang sangat banyak dan pengen dibawa pulang semua. Lha, piye sing gowo muleh le! 


Akhirnya, dengan hati senang bertemu dengan teman KBJ, narasumber yang kompeten dan berpetualang di dunia koboy harus diakhiri. Yes, saya pulang membawa goodie bag yang sangat menarik dari Dancow dan Nathan hepi bisa bermain bersama hewan-hewan di Ranch Adventure. Terimakasih Dancow, sering-sering ya bikin event kayak gini. Muacchh.


19 comments:

  1. Wah..mak prima ternyata sempat borong dancow. Iya tu operetnya keren ya..pas bgt ceritanya buat memotivasi anak2 biar gampang minum susu sn makan yg banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ari, kebetulan si kecil susunya juga Dancow.

      Delete
  2. Baru sadar kalo ada mak prima di belakang fotone arka hihiii.. Sayangnya kita ndak sempat foto bareng ya mak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada rempong ama anak masing-masing jadi emak2nya lupa selfie, hehe

      Delete
  3. mak priimmm, belum nyelpie kita yaaaa.... *perhatian tersita untuk krucilsss

    ReplyDelete
  4. sepetinya seru banget acaranya. apalagi ada hewannya juga :D
    ngomong-ngomong di semarang kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, apalagi buat anak-anak. Sayang kami tidak diberi bocoran dikota lain kapan aja, maap yaa

      Delete
  5. waaa seru yoooo..aku pas dijakarta ada itu mau datang tapi ga jadi :"(
    mba maaf itu gambar ibu yang lagi menyusui diapus aja..maaf soalnya keliatan pd nya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah tak hapus gambarnya mbak, maap kemaren ga merhatiin

      Delete
  6. Seruu banget ya mak....bagus foto-fotonya....sayang belum sepat foto2 emaknya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pada seru amak anak2 masing masing, lupa motret emak2 dah

      Delete
  7. Lha...foto-fotonya banyak amiiittt dan bagus semuanya.

    Oia, Ikannya itu boleh di bawa pulang thho? Tahu gettu, kmrn hasil tangkapan Azka yg setimba itu ta bawa pulang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dibawa pulang cuma dua buah mak, ga boleh semuanya, ntar dancow bangkrut pada bawa setimba semua, hihihi

      Delete
  8. Aq dulu juga anak dancow heheh zaman kecil dulu beli dancow dapat kaset anak2 sampe skrg koleksinya masih ada hihihi padahal tape recorder udah ngga zaman hahha. Lagi nungguin acaranya di Surabaya nih, bagus banget konsepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu susu kan ga sebanyak sekarang, jaman dulu dancow dah paling bagus ya mak. Semoga acara di Surabaya secepatnya yaa

      Delete
  9. Ulasan Mak Prima keren, sempet ikutan talkshow. Nathan kooperatif sih, kalo Ais kemaren dah ngamuk-ngamuk sih, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aik bosen didalam kok yaa,, tapi acara belum abis juga dah ribut pengen liat kuda.

      Delete
  10. Keren bingggoooooo ya mak, acaranyaaaa... Sukaaaak sukaaakkk :))

    ReplyDelete
  11. Seru yaa..semarang tgl 26 sept mba moga seseru yang yogya yak..

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts