Kegiatan Belajar Yang Unik di TK Eksperimental Mangunan

Haiiii, haloooooo, apa kabar temans semua, sehat kannn! Beberapa waktu yang lalu saya pernah cerita tentang anak saya yang mulai masuk TK Eksperimental Mangunan. Gimana saya dan suami yang mesti gantian nungguin karena dia belum mau ditinggal. Dah siap sih, tau ndiri dia pemalu gitu, bahkan saya ngasih deadline ampe sebulan buat nungguin dia. Etapi, diluar espektasi saya, ternyata cuma seminggu dia mau ditiinggal. Ya walopun dihari pertama ditinggal masih nangis dan tangisannya terdengar ampe parkiran 'bo! Hati rasanya teriris, bener padahal sepele gitu. Tapi gurunya dah nganjurin ditinggal, ya tega nggak tega. Ga sampe lima menit sih, ternyata tangisannya ga terdengar lagi. Dan saya tenang berangkat ke kantor.

Walopun agak repot karena nungguin, tapi senengnya bisa ngikutin pelajaran di kelas. Jadi tahu ngapain aja anak TK Eksperimental Mangunan di kelas dan pelajaran apa yang diberikan.


Seperti biasa pelajaran dimulai dengan berdoa dan saling sapa, ohya, walaupun sekolah ini dibawah naungan yayasan Katholik, tapi doanya tidak menggunakan cara agama tertentu. Hanya memejamkan mata dan menyanyikan sebuah lagu Burung Pipit. Dan semenjak sekolah, Nathan jadi rajin berdoa sebelum makan dan sebelum tidur. Padahal dulu cuma pas mau tidur, itupun kadang saya lupa, hihi, sekarang dia yang slalu ngingetin. Karena hari itu pas hari Rabu, ada pelajaran Musik Pendidikan, tiba-tiba masuk seorang pemuda gondrong membawa gitar, kirain orang ngamen, hahaha ternyata Pak Ndaru yang mengajarkan tentang musik. Dia mengajak anak-anak bernyanyi dan mengenalkan tentang gitar. Dipertemuan selanjutnya Nathan bercerita kalau Pak Ndaru tidak lagi membawa gitar tapi  mengenalkan terompet. Jadi inget pas saya TK dulu, tiap hari cuma nyanyi lagu pelangi dan balon atau lagu anak lain, mengenal alat musik hanya lewat buku. Ohya, sepertinya di TK anak saya tidak diharuskan membeli buku semacam LKS itu, tapi anak-anak boleh meminjami aneka buku di perpustakaan.



 Anak-anak terlihat hepi saat Pak Ndaru mulai memainkan gitarnya, saya aja ikut manggut-manggut dan bernyanyi kecil, Pak Ndarupun antusias mengiringi anak-anak bernyanyi. Jangan kaget ya ama penampilan guru disini, pake sandal gunung, rambut gondrong tapi saya kaget cara berkomunikasi dengan anaknya mantep, dia mengajar dengan gembira dan ada kontak mata antara guru dan murid.


Setiap hari, kegiatan belajar mengajar tak hanya di dalam kelas, ada satu sesi dimana anak-anak diajak belajar mengenal lingkungan ataupun bermain diluar kelas. Ya, namanya taman kanak-kanak, dunia mereka masih bermain. Pasti anak-anak disini ga merasa jemu atau bosan, karena saya yang tua aja ngrasa hepi. Ohya, sistem belajar mengajar disini memang beda ama sekolah lain, kalau kata saya sih malah kayak outbond yang penuh game. 



Kali ini anak-anak diajak berjoged bersama, berpasangan ama anak TK A dan joged menggunakan balon, haha kayak lomba 17 an aja ya. Tak hanya murid, guru - gurupun antusias bergoyang. Saat musik berbunyi anak-anak harus bergoyang dan saat musik berhenti mereka jadi patung alias ga boleh gerak.


TK Eksperimental Mangunan tidak punya brosur seperti TK lain yang menawarkan aneka esktrakurikuler keren seperti Calistung, drumband, robotik. Saat rapat antara guru dan wali murid dijelaskan tentang kegiatan belajar mengajar di TK Eksperimental Mangunan, disamping kegiatan reguler seperti menyanyikan lagu doa,kegiatan pengembangan motorik kasar, bermain didalam/luar kelas, snack time yang dibawa dari rumah dan ada pembelajaran khas, yaitu Komunikasi Iman, Bahasa Inggris, Musik Pendidikan,Membaca buku bagus, Tari dan senam. Anak-anak setiap hari Jumat belajar menari bersama seorang guru yang memang trampil menari tari daerah maupun kontemporer. Lucu banget ngliat anak-anak menari lagu Mentok-mentok, kayak bebek goyang-goyang.

Yang bikin saya agak kaget, ada pelajaran bahasa Jawa di kelas TK. Seneng sih, sejak kecil anak-anak diajarkan bahasa Ibunya, bahasa daerah yang makin lama makin dilupakan ama wong Jowo. Tak salah saya memilih sekolah ini, tak hanya bangunannya yang Njawani, tapi anak-anak diajak kembali untuk mengenal budayanya, khususnya Bahasa Jawa.



Di hari Sabtu, selain senam ada permainan yang mendidik. Pas saya nungguin kemaren, anak-anak secara estafet membawa air didalam cangkir dan dipindahkan ke ember secara berkelompok. Secara tidak langsung anak-anak belajar tentang kerjasama dan kompetisi. Dan terlanjuur basah, anak-anak diguyur pake kran ama gurunya. Wuaaahhh, riang banget mereka mainan air, yahhh dirumah aja dilarang-larang mainan air eh disekolah malah "keceh" ama gurunya. 

Ikut bersekolah TK bareng anak saya membuat saya jadi hepi, hahaha... secara cara belajarnya asyik dan semoga Nathan betah sekolah disana. Tapi, semenjak dia ga mau ditinggal, saya tidak bisa ikut "sekolah" lagi dan tiap hari bertanya ama Nathan, ngapain aja di sekolah tadi.

Gimana temans, jika anak anda pemalu, tak usah bingung, seiring waktu dan ekstra kesabaran, mereka pasti akan sama dengan anak yang lain.

Komentar

  1. TK Eksperimental. jadi ingat SD Percobaan. kira2 spt itu ga mbak?
    konsepnya asyik ya. saya setuju itu TK betul2 bermain. keinginan belajar ditumbuhkn sedikit2 ngikuti naluri anak.

    betul mbak. sabar. saya nungguin anak dr TK A-B. pas dia masuk SD saya yg khawatir piya-piye. ternyt stlh SD sejak hari pertama lgsung cul. alhamdulillaah. mmg anak itu kdg tidak terduga. kita aja yg suka ngejudge anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sd eksperimentalnya juga ada mbak, duluan malah. Iya,kadang kitanya menjudge berlebihan. Smoga anak2 makin enjoy belajarnya ya mbak dan kelak jadi anak berguna

      Hapus
  2. cocok bgt buat anak pemalu TK semacam ini bisa ajang bersosialisasi anak dan memupuk rasa percaya diri

    BalasHapus
  3. Mangunan taunya kebun buah doang
    Ga tau ada sekolahan keren di sana
    Tapi kok jauh sih..?

    BalasHapus
  4. melihat kehebohan mereka di tk jadi ingat masa kanak-kanak dulu yang selalu ceria...

    #kilasbalik

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)