Ketika 11 Chef Berkolaborasi dalam Archipelago Food Festival 2023


Suasana Prawiro Restaurant  malam itu begitu meriah. Para chef dengan semangat menunjukkan keahlian memasaknya. Senyum sumringah menyambut tamu dari semua staf dan jajaran hotel Alana Malioboro serta Archipelago grup membuat kami sangat excited bahkan sebelkum memcicipi 100 menu yang tersaji dalam acara Archipelago Food Festival 2023 yang diselenggarakan pada Jumat, 3 Februari 2023 pekan yang lalu. 


Prawiro Restaurant berada di lantai satu Alana Hotel & Conference Center Malioboro yang berlokasi di Jl. Mayjend Sutoyo, No.52, Mantrijeron, Yogyakarta. Hotel yang memiliki letak sangat strategis, tak jauh dari Pojok Beteng Wetan dan Malioboro.  Selain fasilitas hotel yang lengkap, Alana Hotel Malioboro sering mengadakan event kuliner dengan tema-tema tertentu. Dan, semua masakan di Alana itu enak-enak gaes.

Bagian depan Alana Hotel Malioboro

Saya beserta teman-teman media berkesempatan untuk menikmati serangkaian acara Archipelago Food  Festival 2023. Acara ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh Archipelago Grup. Melibakan 11 chef yang bernaung di bawah Archipelago International. Para chef berkolaborasi menyajikan suguhan kuliner istimewa dengan tema Carnivora's Night. 



Tema pada gelaran kuliner tersebut All You Can Meat Nusantara Cuisine, kesebelas chef menyajikan hidangan istimewa olahan daging yang dikreasikan menjadi hidangan kuliner nusantara. Jadi ada yang menyajikan kuliner khas Jawa, Sulawesi, Sumatra, Kalimantan dan daerah lain di Indonesia. Masakannya khas nusantara seperti Tengkleng Kambing Khas Solo, Rawon khas Jawa Timur, Iga Bakar, Soto Tangkar Jakarta, Bebek Goreng Surabaya, Rendang Sapi Padang, Ikan Dabu-Dabu Sulawesi, Nasi Jinggo Bali dan masih banyak menu kuliner lainnya. Dari hidangan pembuka, utama hingga aneka dessert all you can eat cuma Rp150.000,-.



Begitu acara dibuka saya segera mencicipi aneka sate dan iga bakar. Ada sate ayam, sate sapi, sate kambing, sate lilit ikan dan iga bakar dengan ukuran super besar. Semuanya disajikan panas dengan asap mengepul. Yang bikin seru saat chef memainkan api saat membakar daging. Fire man gaes. Hehehe. Setelah persatean, saya mengincar kambing guling dan lontong, kemudian Tengkleng Solo, ngemil martabat, cake coklat, klepon, mochi, makan batagor, siomay, mpek-mpek, rujak es krim yang enak banget es krim jadulnya dan saya tutup dengan minum jus yang super seger.















Tamu pada malam itu banyak, selain ruangan di Prawiro Restaurant beberapa meeting room juga disulap menjadi ruang makan dengan meja bulat. Semua meja penuh, dari kolega Archipelago, media hingga tamu-tamu yang berlangganan di sini.









“Archipelago Food Festival merupakan event yang sangat menarik sekaligus memberikan
kesempatan bagi para pelaku Food & Beverages hotel khususnya yang berada di bawah
naungan manajemen Archipelago International untuk menunjukan keahlian dan kreatifitas
serta membangun relasi dan kerjasama antar pelaku Food & Beverages hotel. Sekaligus
acara ini digelar untuk memperkenalkan kualitas olahan masakan kreasi Chef ternama
Archipelago International kepada publik di Yogyakarta” kata Joezar Rinaldi, General Manager The Alana Hotel & Conference  Center Malioboro Yogyakarta.


Dua jam di Prawiro Restaurant membuat saya jadi Carnivora, semua daging diolah dengan sempurna dan rasa khas nusantara begitu terasa. Saya suka dengan tema Nusantara Cuisine, agar kita tidak lupa dengan masakan-masakan nusantara yang tak kalah enak dan hits dengan kuliner negara lain. Jangan sampai kuliner nusantara tidak menjadi raja di negrinya sendiri.

Simak terus media sosial Alana Hotel Malioboro gaes, jadi saat ada gelaran kuliner kalian tidak ketinggalan. Untuk contact bisa langsung dengan mas Tian selaku PR  di nomor 085937005500.

Sampai berjumpa di review kuliner selanjutnya.

Contact The Alana Hotel & Conference Center Malioboro

Tian Riauska Fandy
Public Relations Manager
The Alana Malioboro Hotel & Conference Center
malioboroprm@alanahotels.com
085937005500




Komentar