Lagu Sulung, Sebuah Kado yang "Cukup" Bagiku

Tips Sederhana Hidup Sehat


Halloha sobat Prima semuanya, semoga selalu sehat ya. Karena sehat adalah awal dari hidup bahagia. Kekayaan berlimpah takkan ada artinya jika tubuh tidak sehat, memiliki segalanya juga percuma jika badan tidak fit atau sakit-sakitan. Apalagi kebahagiaan, makin sulit untuk diraih.

Pandemi sepertinya sudah mereda ya, ketakutan akan Covid-19 tidak semenakutkan dua tahun terakhir, tetapi bukan berarti kita kembali abai akan kebersihan dan kesehatan diri sendiri ataupun keluarga.

Menjaga kesehatan keluarga dimulai dari diri sendiri, sebagai ibu saya sangat menjaga kesehatan saya sendiri agar saya dapat menjaga kesehatan suami dan anak-anak.

Gaya hidup sehat dimulai sedari dini, sedari kecil anak-anak harus dibiasakan mempraktekkan gaya hidup sehat. Selain sebagai “tabungan” bagi kesehatan mereka kelak, agar mereka saat dewasa sudah terlatih dan tidak kaget.

Gaya hidup sehat juga tidak perlu ribet dan muluk-muluk, takutnya malah susah dan males untuk memulai gaya hidup sehat tersebut.

Okay, kita mulai dari yang sederhana saja ya, saya mau share gaya hidup sehat di keluarga Prima :

  1. Menjaga kebersihan



Nah, yang pertama dari hidup sehat adalah menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan tubuh dengan rutin mandi, gosok gigi, keramas hingga potong kuku. Tak lupa kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan. Dari lingkungan dalam rumah yang harus rutin dibersihkan begitu juga halaman rumah. Pastikan tak ada sampah menumpuk atau air menggenang yang bisa menyebabkan datangnya lalat atau nyamuk yang mengundang penyakit.

  1. Menjaga Kualitas Makanan



Saat ini kita dimudahkan dengan teknologi yang berpengaruh ke praktisnya kita memesan makanan. Hanya dengan order dari gadget, makanan segera tersaji di hadapan kita. Dan kebanyakan adalah fast food atau masakan yang kandungan gizinya tidak sesuai yang kita butuhkan seperti karbohidrat, sayur, protein dan buah. Secara kesehatan dan kebersihan pun kita tidak bisa memastikan. Maka solusi termudah adalah masak sendiri. Karena duo anak lanang belum suka pedas, maka saya lebih sering masak makanan yang tidak pedas. Adik sih sukanya sop brokoli, meski agak ribet untuk sarapan dan makan siang saya menyiapkan sendiri makanan untuk anak-anak dan cemilan sehat agar asupan gizi mereka terpenuhi. Sedang untuk menu makan malam, meski tidak tiap hari kami memilih untuk membeli lauk matang. Semampu kalian ya, jika lelah sesekali nggak masak nggak papa kok. Ohya jika sedang malas masak yang ribet maka bikin Mie Lemonilo boleh kok, varian rasanya banyak dan aman.

  1. Jaga Kualitas Tidur

Saat kita tidur tubuh dan otak beristirahat, sel-sel dalam tubuh diperbaharui. Mudahnya direfresh. Jadi saat bangun maka lelah akan hilang, itu jika kualitas tidur kita bagus. Sebaliknya jika secara kuantitas dan kualitas tidur kita tidak tercukupi maka daya tahan tubuh bisa lemah dan mudah terserang penyakit. Saya termasuk orang yang gampang tidur, jam setengah sembilan anak-anak sudah berjejer di kamar tidur dan dalam hitungan menit kami semua sudah tidak sadar. Saya memang tidak membiasakan anak-anak tidur malam sejak kecil, agar mereka bisa bangun pagi tepat waktu.

  1. Berolahraga



Cara terakhir ini bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang karena pilihan olahraga banyak, dari senam di rumah atau lari-lari sekitar komplek yang gratis atau menyempatkan diri ngegym di pusat olahraga. Kalau saya dan anak-anak sukanya renang di akhir minggu atau sekedar jogging di lapangan dekat rumah. Olahraga ini bagi saya yang susah adalah mencari waktunya, karena kadang merasa sok sibuk. Beruntung sih anak-anak selalu mengejar-ngejar saya untuk mengantar mereka renang jadi ikutan olahraga deh.

  1. Traveling



Cara menjaga kesehatan bisa dengan traveling, wisata alam atau yang menantang bisa kalian pilih seperti hiking atau camping bersama. Camping membutuhkan fisik yang kuat dan sehat, aktivitas fisik saat camping membuat kita lebih bugar.


Sobat Prima, melindungi orang-orang tersayang adalah hal super penting termasuk dengan cara memastikan setiap anggota keluarga tetap sehat. Ada pepatah mengatakan jika bersih adalah pangkal sehat, lalu sehat pangkal apa? Maka sehat adalah pangkal bahagia. Itu menurut mbak Prima. Okay, sampai disini tips menjaga kesehatan, jangan lupa selalu sehat dan bahagia.


Comments