Lagu Sulung, Sebuah Kado yang "Cukup" Bagiku

Pilihan Investasi Terbaik Masa Kini

 

usd idr

“Ah, mumpung ada uang mau ganti gadget ah”

“Ada sisa bonus akhir tahun nih, boleh lah beli tas branded

“Lumayan, bonus dari bos bisa buat upgrade sepeda”

***

Ehm, siapa yang merasa tangannya panas ketika memegang uang dan buru-buru membelanjakannya? Hahaha, sepertinya pada nunjuk ke diri sendiri.  Merasa happy karena bisa self reward tapi bisa dibilang juga sebagai pemborosan.

Gaes, banyak orang yang merasa masa muda adalah masanya bersenang-senang dan menikmati hidup. Tapi tahukah kalian jika rejeki tidak selalu lancar, realita tak selalu mulus seperti rencana? Berinvestasi menjadi alasan bijak agar masa depan lebih terjamin.

Pentingnya Investasi

Investasi merupakan suatu kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Tentu kita memiliki goal dari berinvestasi, bisa tujuan jangka pendek atau jangka panjang. Berlibur bersama keluarga misalnya adalah tujuan jangka pendek dan memiliki dana pensiun di masa tua adalah salah satu tujuan jangka panjang. Dan untuk mewujudkannya kita harus menyisihkan dana untuk investasi dari sekarang, jangan menunggu besok dan besok saja.

Nah, agar tujuan kita tercapai maka kita harus menentukan jenis investasi yang tepat. Saat ini banyak pilihan investasi jangka panjang. Kita hanya perlu menyesuaikan mana investasi yang sesuai dengan anggaran yang kita miliki dan tujuan kita berinvestasi. 

Berikut adalah jenis-jenis investasi jangka panjang:

  1. Deposito

Jenis investasi ini lebih baik daripada tabungan dimana jika belum jatuh tempo uang tidak dapat diambil sebelum waktu yang telah disepakati. Jika tetap ingin mengambil maka akan mendapatkan denda atau sanksi yang telah disepakati. Selain itu, kelebihan lainnya dari jenis investasi ini adalah resiko yang rendah serta bunga yang didapatkan lebih besar. Akan tetapi bunga yang kita terima tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis investasi lain.

  1. Emas

Investasi emas adalah jenis investasi yang cukup diminati masyarakat di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena harga emas setiap tahunnya mengalami peningkatan. Jika tertarik berinvestasi emas, maka lebih baik jika membeli emas batangan atau koin agar tidak terkena biaya tambahan seperti biaya pembuatan. Selain memiliki harga yang stabil dan cenderung naik, emas merupakan jenis investasi yang tahan lama dan mudah dijual. Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat memberikan penghasilan atau keuntungan yang rutin mengingat adanya kemungkinan harga emas turun.

  1. Properti

Jenis investasi ini hampir sama dengan jenis investasi emas, dimana harga properti selama ini cenderung naik. Pasikan kalian membeli properti seperti rumah dengan lokasi yang strategis dan menjualnya di masa yang akan datang karena hal tersebut dapat menaikan harga jual. Akan tetapi jenis investasi properti ini memperlukan modal yang cukup besar dan tidak mudah untuk menjualnya

  1. Investasi Saham.

Saham merupakan instrumen investasi yang membuktikan kepemilikan perorangan atau perusahaan atas aset suatu perusahaan atau perorangan lainnya. Manfaat utama yang akan diterima oleh investor saham adalah pembagian dividen dan selisih harga jual dengan harga beli.

  1. Investasi Reksadana

Investasi reksa dana adalah pengumpulan dana oleh masyarakat yang pengelolaannya dilakukan oleh Manajer Investasi. Selanjutnya, Manajer Investasi akan menempatkan dana tersebut dalam bentuk portofolio efek seperti saham, obligasi dan beragam instrumen lainnya untuk mendapatkan manfaat. Reksa dana sendiri sangatlah terjangkau karena memungkinkan nasabah untuk berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu saja. Reksa dana sendiri juga terdiri dari beberapa jenis, sehingga Anda harus memastikan terlebih dahulu produk reksa dana yang kita pilih sesuai dengan profil risiko investasi.

  1. Investasi Bitcoin

Bitcoin adalah instrumen investasi yang sedang trending dan banyak diminati masyarakat saat ini. Aset cryptocurrency yang satu ini pertama kali dikembangkan oleh  Satoshi Nakamoto pada 2009 guna memecahkan beberapa kekurangan mata uang kripto yang besar. 

Mata uang digital ini memiliki fungsi serupa layaknya mata uang biasa. Bedanya, Bitcoin hanya tersedia di dunia digital. Banyaknya investor yang melirik Bitcoin membuat instrumen investasi ini semakin populer dan menguntungkan.  Untuk keamanan sendiri,  aset kripto sudah disetujui sebagai instrumen investasi yang sah di Indonesia oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti). Tapi Bitcoin belum bisa menjadi alat pembayaran di Indonesia. 

Investasi jangka panjang merupakan penanaman aset kekayaan dari perorangan atau perusahaan kepada perusahaan dan perorangan lainnya demi memperoleh manfaat seperti imbal hasil tetap atau penguasaan atas objek lain. Beberapa jenis instrumen diatas bisa kalian pilih untuk berinvestasi dan kelak mendapat manfaat. 

Bitcoin Pilihan Investasi Generasi Milenial

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi). Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara. 

Dikutip dari Kompas saat ini ada beberapa layanan yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya PayPal. Bitcoin bahkan bisa digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla Inc. Nah, sangat menarik bukan?

Btw, saat ini Bitcoin semakin populer, terutama setelah miliarder pemilik Tesla Inc, Elon Musk, melalui akun Twitter-nya, menyatakan dukungannya terhadap mata uang baru tersebut. 

Cara kerja Bitcoin

Bagi pemula sangat penting untuk mempelajari cara kerja Bitcoin. Langkah pertama ialah dengan meng-install wallet Bitcoin di komputer atau ponsel. Langkah ini secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama. Sama seperti email, kita bisa saling berbagi alamat Bitcoin kepada orang lain, sehingga mereka bisa membayar atau sebaliknya. 

Sebagai langkah awal berinvestasi Bitcoin kalian dapat register dan membeli di Tokocrypto, untuk cek harga terbaru saat ini bisa dilihat di usd idr . Berikut tiga cara  untuk mendapatkan Bitcoin yaitu membeli bitcoin menggunakan uang 'nyata', menjual uang dan menerima pembayaran dengan Bitcoin dan menambang bitcoin dengan menggunakan komputer.

Bagaimana Sobat Prima, apakah sudah menemukan investasi terbaik kalian. Pastikan mempelajari semua instrumen dengan seksama dan semoga berhasil.


Comments