Lagu Sulung, Sebuah Kado yang "Cukup" Bagiku

Cara Mendapatkan Uang Online

 

nft marketplace

Kerja dari rumah? Gimana ceritanya!"

"Piye sing kerjo mbak?"

"Nek rapat piye 'jal?"

"Perusahaan tempatku bekerja tutup, jobless aku, hiks”

“Daganganku sepi, bagaimana aku dapat uang?”

***

    Virus Corona datang di triwulan pertama tahun 2020. Virus cuilik yang besarnya sepersembilan dari helai rambut kita berhasil membuat dunia terguncang. Gimana tidak, virus yang penyakitnya bernama Covid-19 ini membuat pagebluk nggak cuma di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Dan, pandemi menjadi teman kita hingga sekarang. Wabah penyakit yang menyebar secara luas di seluruh dunia mendatangkan berbagai dampak.

    Pandemi datang berbagai dampak datang bertubi-tubi. Perekonomian melemah, daya beli masyarakat menurun karena memang banyak yang kehilangan pekerjaan. Prioritas belanja hanya kebutuhan pokok dan kebutuhan kesehatan.

Nah, pekerja kreatif pun terkena imbasnya. Bahkan yang freelance sekalipun, karena job dari klien benar-benar berkurang, terlebih diawal pandemi. Saya sendiri turut merasakan, kerjaan menulis menurun drastis. Tapi di tahun ini perlahan semua kembali “menuju” normal.

Peluang Rejeki Bagi Pekerja Kreatif

Sobat Prima, pintu rejeki bisa terbuka dari mana saja, meski disaat sulit. Itu jika kita mau berusaha, tak berpangku tangan atau Cuma rebahan sambil menggerutu. Tentu uang tidak jatuh dari langit ye ‘kan.

Okay, berikut beberapa cara  menghasilkan uang online, yang bisa kalian lakukan dari rumah tentu dengan bantuan internet :

1.  Berjualan online /olshop

Berjualan saat ini sangat gampang, kita bisa memajang dagangan sosmed yang kita miliki atau berjualan di platform market place yang sudah banyak tersedia.

2.  Membuat blog

Menulis di blog selain bisa menuangkan ide, membagikan pengalaman kita atau menyalurkan passion menulis. Kita juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dan dollar lho. Dollar tentu bisa didapatkan dari adsense. Iklan dari google yang terpasang di blog kita itu sumber dollar. Tawaran review berbagai produk atau backlink juga bisa mendatangkan rupiah.

3.  Membangun Channel Youtube



Banyak orang berlomba-lomba membangun channel youtube karena memang adsense di youtube mengalir lebih cepat dari blog, saya sendiri sudah merasakan. Silakan lho kalau mau subscribe channel saya Prima Hapsari.

4.  Membuka kursus online

Saat ini lah saatnya bagi kalian yang memikili kemampuan seperti mahir bahasa asing, IT bahkan guru bisa membuka kursus online. Jika dimasa konvensional kursus harus memiliki tempat, fasilitas memadai dan bermodal besar. Justru sekarang saatnya yang bermodal kecil mengembangkan diri, tentu dengan keahlian dan pemasaran juga. Apalagi sekolah dan banyak hal dilakukan di rumah saja, membuka kursus online sangat dibutuhkan.

5.  Jasa Design Grafis

Sebelum pandemi sudah banyak plafform yang menjembatani designer grafis dan klien, banyak freelance dan tak perlu berkantor. Bagi kalian yang kreatif dan memiliki kemampuan ini tak ada salahnya menawarkan jasa kalian atau bergabung di platform.

6.  Menjadi Sosmed Influencer

Nah ini yang nampaknya sangat gampang tetapi membutuhkan beberapa skill, dari kemampuan promosi, fotografi hingga kreatifitas. Modalnya cuma posting di sosmed  tapi fee tiap postingan sangat lumayan, tergantung kepopuleran dan jumlah follower.

7.  Berjualan hasil karya foto digital

Kalian suka memotret dan hasil yang bagus. Sayang jika hanya disimpan di galeri smartphone atau komputer. Kalian bisa menjualnya seperti di laman internet. Upload foto kalian dengan resolusi sesuai persyaratan. Setiap ada orang yang mendownload gambar dan membeli gambar tersebut maka dollar akan masuk ke rekekning kalian.

Selain itu ada banyak lagi seperti bergabung dengan Afiliasi, berjualan software, menjadi penulis freelance, berjualan ebook. Semua pekerjaan ini sudah ada semenjak internet ada, tetapi masyarakat masih banyak yang awam dengan pekerjaan tanpa kantor seperti ini. Dan ketika pandemi datang dan semua hal beralih digital, pekerjaan ini mulai dilirik masyarakat.

 

NFT Market Place

 tokomall


Dunia digital melaju begitu cepat, termasuk pembayaran digital.

NFT (Non-Fungible Token) adalah token yang terekam di dalam blockchain. NFT digunakan untuk membuktikan kepemilikan atas sesuatu seperti karya seni. Non Fungible berarti token tersebut merupakan token yang unik dan tidak dapat diduplikasi. NFT dapat digunakan sebagai pembuktian kepemilikan atas properti digital terhadap satu orang.

 

Okay sederhananya begini aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, video, musik, dan item dalam game.

Hampir sama seperti bermain saham, NFT yang kalian  buat dapat diperjualbelikan secara online dengan menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency).

FYI gaes, pertumbuhan NFT sangat luar biasa, dikutip dari Pymnts, total volume penjualan NFT dalam enam bulan terakhir tahun 2021 hampir mencapai USD 2,5 miliar, atau setara dengan Rp 35,5 miliar. Wow khan!

Mengenal Pelopor Pasar  NFT – Situs TokoMall

Untuk bertransaksi  NFT Marketplace , TokoMall adalah pelopor pasar NFT di Indonesia yang memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dengan realita. Tokomall mendukung merek, artis dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi kreator ke panggung dunia. TokoMall memiliki kegunaan lain dimana NFT bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra ekslusif.

Kolektor

Cara mendaftar TokoMall terbilang cukup mudah, kalian hanya perlu menghubungkan dompet (wallet) MetaMask, sebagai alat untuk melakukan transaksi.

Sebagai kolektor, setelah terhubung kalian dapat melakukan pembelian NFT dengan mencari berbagai koleksi seni digital. Kolektor adalah user yang akan mendapatkan akses untuk menelusuri NFT yang ditampilkan di situs TokoMall. Kolektor bisa memiliki salah satu nFT yang tersedia dengan menukarkan dengan token yang disetujui.

Merchant

Merchant adalah user yang akan mendapatkan akses untuk menerbitkan dan mempublilkasikan NFT yang dapat dipilih untuk ditampilka di Situs TokoMall. Jika ingin menjual karya seni atau sebagai merchant, maka bisa membuka tab ‘buat’ lalu membayar biaya administrasi (gas fee) di MetaMask.

Untuk mendaftar sebagai kreator dan mempublikasikan NFT tidak dibutuhkan biaya tetapi sistem akan membutuhkan gas fee dalam token kripto untuk minting dan mempublikasikan NFT di dalam platform.

Menurut saya Situs TokoMall ini tidak ribet, NFT Marketpace ini memudahkan, karena kita tidak harus memiliki akun TokoCrypto dan melakukan KYC. Kita hanya perlu memiliki wallet atu dompet elektronik dengan alamat kriptomu didalam akun profil TokoMall. 

Bagaimana Sobat Prima, jangan pernah menyerah akan pandemi ini. Selama masih diberi kesehatan, yuk selalu semangat. Semoga artikel cara menghasilkan uang online bermanfaat ya. Pasti akan ada jalan dan jangan lupa selalu berdoa, 

Salam.

 


Comments