Lukisan Langit, Novel Terbaru Agnes Davonar yang Penuh Misteri

Sebagai pecinta warna biru langit, saya sangat suka dengan cover novel berjudul Lukisan Langit yang baru saja selesai saya baca. 160 halaman saya nikmati dalam waktu dua jam saja. Singkat memang, tapi lumayan membawa imajinasi terbang ke kota Palu dan beberapa pantai cantik di Sulawesi.

Seperti judulnya, novel ini memang bercerita tentang "lukisan". Tokoh utama yang bernama Rama memiliki impian menjadi pelukis sejak kecil, namun ayahnya tidak mendukung minat dan bakat dari Rama. Didikan yang keras dari sang ayah untuk menjadikan Rama seorang dokter rupanya mempengaruhi alam bawah sadar Rama dan hal inilah yang membuka teka-teki siapa Angel, wanita kedua yang dicintai Rama, padahal dia sudah bertunangan dengan Agnes.

Okay, sebelum menuju sinopsis cerita Lukisan Senja, berkenalan dulu yuk sama penulisnya!

Agnes Davonar  merupakan nama pena dari penulis kakak beradik Agnes Li dan adiknya yang bernama Teddy Davonar. Mereka berdua bersatu dalam karya. Agnes sebagai penulis sedangkan Teddy sebagai CEO. Saat ini mereka menyandang predikat penulis berbakat dalam jajaran penulis sastra di Indonesia. 

Agnes dan Teddy


Berawal dari novelis dan cerpenis online. Agnes Davonar memperkenalkan tulisannya ke masyarakat melalui blog. Karya-karya Agnes Davonar memikat para pembacanya dan novel-novelnya telah dicetak dan laris manis. Hingga sekarang sudah ada 42 karya yang mereka terbitkan. Kesuksesan Agnes bahkan hingga ke dunia film. Sebut saja film Surat Kecil Untuk Tuhan, Misteri Kematian Gaby dan Lagunya Jauh, Ayah Mengapa Aku Berbeda?, My Last Love, My Blackberry Girlfriend, hingga Bidadari Terakhir adalah film layar lebar yang diangkat dari tulisan Agnes Davonar.

 

Bagaimana, sudah kenal maka jadilah sayang 'kan? ^;^

***

Sinopsis novel Lukisan Senja:

Pasti kalian sudah penasaran dengan cerita novel terbaru dari Agnes Davonar ini. OKay, langsung ya. 

Kisah heroik dari Rama - tokoh utama- mengawali cerita Lukisan Senja. Rama bersama kelima rekan dokternya bertugas di Palu serta kota-kota kecil disekitarnya. Mereka menolong seorang warga lokal yang tenggelam di laut. Sebut saja Hendra. Pria muda berambut keriting itu membalas budi pada Rama dengan bersedia menolong Rama selama di Palu. Dari menjadi guide, sopir hingga membantu Rama sembuh dari bayang-bayang Angel yang misterius.

Sheila, Lusi, Yudha, Eko dan Lukman adalah rekan Rama. Mereka sama-sama berasal dari Jakarta meskipun dari universitas yang berbeda. Pembaca akan diajak dalam cerita dokter-dokter muda yang dalam kesehariannya sama dengan anak muda lain yang mengejar konten demi feed IG, narsis, suka jalan hingga romantika percintaan.

Misteri tentang Angel dimulai dari sebuah  galeri lukisan bernama Rumah Lukisan. Galeri kecil tetapi cukup ramai dan sering dikunjungi turis asing. Di sanalah Rama melihat sebuah lukisan berjudul "Angel-Lukisan Langit untuk R" dan jatuh cinta pada perempuan cantik yang dia temui di galeri.

Perlahan, Rama mulai melupakan Agnes tunangannya. Hubungan mereka terganggu dengan cinta baru yang Rama temukan. Dia jatuh cinta pada Angel, perempuan sederhana yang lukisannya sangat indah. Disini, saya sebagai pembaca bertanya-tanya, sebenarnya siapakah Angel. 

Dia tiba-tiba selalu muncul di dekat Rama, bahkan saat Rama bertugas di pulau-pulau terpencil yang jaraknya belasan jam dari kota Palu. Intensitas mereka bertemu semakin sering, meski Rama harus merahasiakan pertemuan mereka pada rekan dokternya. 

Angel dan Rama berkirim berita melalui surat yang mereka selipkan di pintu galeri Rumah Lukisan. Ketika senja Rama meletakkan pesan yang dia tuliskan dalam selembar kertas di bawah pintu. Paginya Rama akan datang untung mengambil surat balasan.

Klimaks dari novel ini ketika mereka sudah selesai bertugas di Palu dan harus kembali ke Jakarta. Rama sempat tidak ingin pulang ke Jakarta karena ingin selalu bersama Angel, tetapi berkat saran teman-temannya dan Hendra, dia mau pulang ke Jakarta.

Tetapi, bukan happy ending yang terjadi di Jakarta. Rama memutuskan untuk tidak meneruskan pertunangan dengan Agnes bahkan pernikahan yang sudah direncanakan batal. Rama memilih kembali ke Palu untuk menemui gadis idamannya, Angel.

Tapi, tak dinyana, Rama turut menjadi korban gempa dan tsunami di Palu. Berbulan-bulan Hendra membantu merawat Rama. Beruntung Rama masih terselamatkan. Dia mendapatkan pesan dari Angel agar Rama juga melukis menuruti kata hatinya. 

Bakat Rama tersalurkan di Rumah Lukisan. Perlahan dia bangkit bahkan sukses menggelar pameran lukisan tunggal. Tapi Angel tak kunjung Rama temukan hingga sebuah surat dia terima.

"Aku terkesan dengan semua yang telah kamu buat. Aku menunggumu di dalam Rumah Lukisan. Sekarang"

Angel 

Nah, bagaimanakah endingnya? Happy atau sad? Apakah Rama bisa bersatu dengan Angel dan bagaimana nasib Agnes yang sudah setia menunggu Rama?

Rasanya nggak adil jika saya ceritakan semua dan kalian kehilangan sensasi kepo dan penasaran.  Yang jelas, membaca novel ini makin ke tengah berasa membaca cerita misteri. Padahal cerita romantis sebenarnya.

"Biarkan itu menjadi rahasia. Sesuatu bernilai lebih saat menjadi sebuah rahasia, bukan?"


 

Nilai yang bisa diambil dari novel Lukisan Langit :

Setiap membaca buku atau novel, saya mencoba mengambil intisari dan value yang bisa saya terapkan dalam hidup saya. Begitupun dengan Lukisan Langit, yang seperti novel-novel Agnes Davonar lain. Yang tak hanya memberi cerita menyentuh tetapi bisa memberi insight bagi pembacanya.

1. Jangan memaksa anak mewujudkan cita-cita kita.

Kita punya cita-cita setinggi langit atau cita-cita yang mulia boleh. Tetapi, jika kita menginginkan anak menjadi seperti yang kita cita-citakan jguga boleh sebenarnya. Dengan syarat TANPA PAKSAAN. Segalah hal yang dipaksa itu nggak enak. Sakit. Sebisa mungkin, jika bisa kita malah mensupport bakat dan minat anak. Pemaksaan terlalu keras bisa berpengaruh buruk ke kejiwaan seseorang, seperti yang terjadi pada Rama.

2. Berani keluar dari zona nyaman, mewujudkan cita-cita sendiri

Setelah terkungkung puluhan tahun dengan ambisi ayahnya, Rama berani pergi dari kehidupannya di Jakarta dan mulai melukis. Bakat jika diasah dengan baik pasti akan berbuah manis.

3. Kesetiaan.

Salah satu tokoh yang meski tidak sering muncul. Bahkan hanya sekilas dan jadi latar belakang kehidupan Rama, tetapi tokoh Agnes lah yang menjadi kunci "kesembuhan" Rama dan Rama bisa meninggalkan Angel.

Meski sudah diputus dan ditinggalkan jauh keluar kota, tetapi Agnes tetap setia pada Rama dan dengan segala usaha berjuang untuk Rama. Agnes bahagia ada perempuan lain yang bisa membuat Rama kembali bersemangat, meski hatinya hancur. Setidaknya Rama merasa bahagia.

4. Mengalah

Sosok mendominasi Agnes sangat kentara dituliskan dalam novel ini. Rama yang di rumah hidup di bawah tekanan ayahnya, dalam hubungan percintaan pun Rama selalu Agnes. Happy ending dari novel ini  berkat sikap "mengalah" Agnes. Untuk pertama kalinya Agnes mengalah pada Rama, dan dia bisa mengembalikan Rama kembali.

***

Bagaimana Sobat Prima, sudah penasaran dengan Lukisan Langit? Cus, beli di toko buku langganan kamu. Nikmati karya pena Agnes Davonar. Barangkali kisah kalian sudah terlukiskan di langit.

Novel Lukisan Langit


Judul Buku : Lukisan Langit

Penerbit      : PT. Kanisius

Pengarang   : Agnes Davonar

ISBN           : 978-979-21-6690-3

Halaman     : XXI , 160 hlm

Harga          : Rp. 60.000,-

Tahun          : 2021

Baca novel sambil ngopi, syurga.


Comments