Lagu Sulung, Sebuah Kado yang "Cukup" Bagiku

Cara Ibadah Agama Resmi yang Ada di Indonesia

 


Indonesia merupakan negara yang kaya dengan keanekaragaman. Bisa kita lihat, negara kita memiliki selogan bhineka tunggal ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Begitu pula dengan agama-agama yang ada di indonesia. di indonesia masyarakat memiliki anutan agama yang berbeda-beda. Bermaca-macam agama yang ada di indonesia, yaitu Islam, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu.

1.       Islam

Muslim diwajibkan untuk shalat lima waktu setiap hari. Setiap bagian dari hidup mereka seharusnya mengingatkan mereka untuk menyembah Allah. Muslim memiliki hari khusus untuk shalat berjamaah untuk laki-laki pada hari Jumat siang. Sholat siang ini disebut shalat Juma’at yang dilakukan pada saat solat dzuhur. Umat Muslim didorong untuk datang ke masjid untuk sholat Jum'at atau bersama Muslim laki-laki lainnya. selain shalat muslim juga di wajibkan untuk berpuasa pada bulan ramadhan, dan melakukan beberapa ibadah Sunnah seperti berdzikir, membaca asmaul husna dan artinya dan ibadah lainnya.

2.       Kristen

Umat Kristen pada umumnya merayakan Sabat dan beribadah pada hari Minggu, sebuah praktik bagi beberapa orang yang dimulai setelah membaca Alkitab tentang kebangkitan Yesus. Umat Kristen melihat ini sebagai hari untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan mereka sering mengadakan kebaktian pada hari Minggu. Cara menjalankan Sabat bervariasi tergantung pada tradisi dan orangnya. Beberapa orang Kristen yang melakukan sabat akan menghindari pengeluaran uang dan membatasi aktivitas mereka pada hari ini. atau beberapa di antara mereka akan menghabiskan waktu di alam bersama keluarga mereka, atau meluangkan waktu untuk mengunjungi orang sakit atau mereka yang membutuhkan.

3.       Buddha

Umat Buddha tidak merayakan hari suci mingguan. Akan tetapi, beberapa umat Buddha menjalankan Uposatha, atau hari istirahat, mendengarkan dan mendiskusikan ajaran dan meditasi Buddha. Waktu dan frekuensi Uposatha didasarkan secara longgar di luar kalender lunar, dan dapat berbeda menurut sekte. Bergantung pada tradisi dan orangnya, umat Buddha menghadiri kuil atau pemujaan di rumah mereka. Mereka juga akan beribadah selama festival dan perayaan yang berbeda sepanjang tahun. Umat Buddha tidak menyembah tuhan dengan cara yang sama seperti orang Kristen dan Muslim. Mereka memuja dan menghormati Buddha, tetapi tidak melihatnya sebagai Tuhan.

4.       Hindu

Tidak ada hari yang ditetapkan untuk beribadah dalam agama Hindu. Konon, dewa yang berbeda terkait dengan hari yang berbeda dalam seminggu.  Umat Hindu akan sering beribadah di pagi atau sore hari, di rumah, di kuil, atau selama ziarah.

5.       Kong hu chu

Kong hu chu pada awalnya adalah agama yang di larang di Indonesia, namun setelah era reformasi pada tahun 2000 kong hu chu di resmikan menjadi agama yang legal di indonesia. ibadah umat kong hu chu biasanya dilakukan di kelenteng. Ritual atau ibadah yang biasanya dilakukan oleh umat kong hu chu yaitu dengan cara membakar dupa sambil berdoa kepada patung-patung yang mereka anggap bernyawa. Sehingga doa yang mereka panjatkan mereka percayai akan sampai pada dewa yang mereka  maksud.

Itulah beberapa ibadah beberapa agama yang resmi ada di indonesia. semoga artikel ini memperluas wawasan kalian. Terimakasih sudah membaca artikel kami, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Comments