Lagu Sulung, Sebuah Kado yang "Cukup" Bagiku

Ketahui Perbedaan Asuransi Kredit, Tradisional dan Unit Link

AXA MANDIRI


Asuransi kredit, asuransi jiwa tradisional, dan unit link dihadirkan sebagai pilihan untuk nasabah. Selama ini, kita memang mengenal asuransi hanya sebatas tabungan yang bisa digunakan sebagai perlindungan dan jaminan masa depan. Seiring dengan perkembangan zaman, asuransi telah memiliki berbagai jenis dan keuntungan. 

Pengertian dan Perbedaan Asuransi Kredit, Tradisional dan Unit Link

Asuransi jiwa terbaik seperti AXA Mandiri akan memberikan jaminan dan perlindungan maksimal kepada nasabahnya. Di luar manfaat yang didapatkan asuransi tersebut sebaiknya ketahui dulu jenis-jenisnya. Dalam dunia asuransi terdapat beberapa jenis seperti asuransi kredit, asuransi jiwa tradisional dan juga unit link. 

1. Asuransi Kredit

Apakah yang dimaksud dengan asuransi kredit? Yaitu sebuah proteksi dari perusahaan asuransi yang diberikan kepada lembaga keuangan seperti bank dan lainnya. Bank dan lembaga finansial lainnya tersebut merupakan pihak tertanggung. 

Tujuan dari pemberian asuransi tersebut adalah untuk memberikan perlindungan kepada tertanggung dari segala risiko gagal bayar oleh debitur mereka. Bank maupun perusahaan finansial lainnya pastilah menanggung resiko tidak dibayarnya pinjaman oleh debitur. 

Jika debitur suatu bank atau lembaga finansial lainnya meninggal dunia sebelum melunasi pinjamannya maka asuransi yang akan menjaminnya. Bentuk premi berupa jaminan pelunasan hutang bukan dalam bentuk uang tunai. 

2. Asuransi Jiwa Tradisional

AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang menyediakan berbagai pilihan asuransi jiwa dan kesehatan. Pengertian dari asuransi jiwa tradisional yaitu asuransi yang lebih menekankan pada manfaat perlindungan kepada nasabahnya. Premi yang dibayarkan nantinya bisa digunakan untuk meminimalisir dampak akibat gangguan kesehatan ataupun meninggal dunia. Premi akan diberikan dalam bentuk santunan dan juga klaim asuransi.

Nilai premi pada asuransi jiwa tradisional seperti yang ditawarkan oleh AXA Mandiri bisa dikatakan tergolong rendah jika dibandingkan dengan unit link. Nasabah juga tidak akan mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkannya tersebut.

3. Unit Link Asuransi

Lalu apakah yang disebut dengan unit link dalam asuransi? Unit link adalah produk asuransi yang memiliki nilai investasi jangka panjang. Unit link tidak digunakan untuk tujuan konsumtif seperti pada asuransi jiwa tradisional. Asuransi unit link merupakan pilihan tepat bagi nasabah yang ingin melakukan investasi jangka panjang hingga 99 tahun.

Cara Kerja Asuransi Unit Link

Asuransi unit link memiliki cara kerja sebagai berikut :

  1. Premi yang dibayarkan nasabah berupa investasi yang jenisnya bisa dipilih seperti obligasi, saham, uang pasar ataupun campuran.

  2. Nilai polis adalah nilai uang yang digunakan untuk biaya seperti administrasi dan biaya tambahan lainnya.

  3. Nilai polis bisa ditarik oleh nasabah dan digunakan untuk keperluan uang sekolah atau uang pensiun. Penarikan nilai polis baru bisa dilakukan setelah semua biaya dibayarkan.

  4. Nilai polis akan terus aktif jika jumlahnya masih bisa untuk membayar biaya asuransi. Jika sebaliknya maka nilai polis akan terhenti atau disebut polis lapse.

  5. Nilai polis mempunyai pengaruh yang cukup besar pada asuransi unit link tersebut.

Manfaat dan Keuntungan Asuransi Unit Link

Memilih asuransi unit link sebenarnya akan memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi nasabah dengan uang lebih. Manfaat jangka panjang yang dirasakan nasabah tidak hanya untuk diri sendiri namun juga keluarga tercinta. Adapun manfaat dan keuntungan asuransi jiwa unit link yaitu :

1. Memberikan Manfaat Investasi

Dengan menjadi nasabah dari asuransi unit link secara otomatis nasabah akan mendapatkan manfaat berupa nilai investasi jangka panjang. Investasi sangat diperlukan mengingat kondisi kehidupan kemungkinan tidak akan sama sepanjang waktu. Tujuan dari investasi antara lain yaitu untuk jaminan biaya pendidikan, dana pensiun dan sejenisnya. Dengan memiliki investasi hidup di hari tua akan lebih tenang.

2. Memberikan Manfaat Proteksi atau Perlindungan

Seperti asuransi jiwa tradisional dari AXA Mandiri lainnya, asuransi unit link juga akan memberikan manfaat perlindungan kepada nasabah. Perlindungan yang dijamin dengan asuransi misalnya sakit, cacat karena kecelakaan dan meninggal dunia. Ketika sang pencari nafkah utama mengalami kejadian seperti di atas dan tidak lagi bisa mencari uang maka nasib keluarga akan terjamin. Uang sekolah tetap bisa dibayar dengan adanya asuransi unit link tersebut.

Pilihan pada asuransi jiwa tradisional maupun asuransi unit link kembali kepada kondisi dan keadaan finansial serta kebutuhan nasabah itu sendiri. Apapun pilihan asuransi Anda, percayakan hanya kepada AXA Mandiri. Termasuk juga pentingnya asuransi kesehatan AXA Mandiri di masa pandemi seperti ini yang memang sangat penting. Jadi, demi proteksi diri di masa sekarang maupun masa depan, sangat direkomendasikan untuk menggunakan asuransi AXA Mandiri.


Comments