6 Beberapa Tanda-tanda Haid yang Perlu Para Wanita Ketahui

 


Menstruasi adalah siklus alami yang biasa terjadi pada seorang perempuan. Biasanya, siklus ini terjadi tiap sekitar 4 minggu. Mulai dari hari pertama menstruasi mulai, hingga dengan hari pertama menstruasi berikutnya tiba. Walau demikian, tidak semua wanita mengalami siklus atau tanda tanda haid yang sama. Siklus haid terkadang bisa datang lebih cepat, akan tetapi bisa juga lebih lambat perbedaan yang berkisar antara 21 hingga 35 hari. Nah untuk perempuan yang baru memulai haid atau menstruasi, artikel ini akan memberikan beberapa tanda-tanda menstruasi. Diantaranya

1.       Terjadi Nyeri Payudara

Salah satu tanda yang biasanya di alama perempuan jika mau haid atau menstruasi yaitu nyeri pada payudara. Kondisi ini berkaitan dengan peningkatan kadar hormone estrogen pada paruh pertama siklus haid yang merangsang pertumbuhan saluran ASI di payudara. Selain peningkatan kadar estrogen, hormone progesterone juga meningkat di tengah siklus dan menyebabkan kelenjar susu membengkak. Hal ini lah yang dapat memicu perubahan pada payudara sehingga membuatnya terasa sakit dan bengkak sebelum menstruasi.

2.       Sakit Kepala

Selain nyeri pada payudara. Tanda-tanda haid lainnya yaitu sakit kepala. Hal ini sering terjadi di alami oleh sebagian wanita yang akan memasuki waktu haid. Sakit kepala saat haid muncul begitu saja secara alami, besar kemungkinan kadar estrogen tubuuh yang mengganggu hormone di otak.

3.       Mood yang menjadi tidak karuan

Saat akan memasuki waktu haid atau menstruasi kalian pasti bawaanya selalu ingin marah-marah trus. Apa pun yang terjadi di dekatmu selalu terlihat salah. Tidak heran orang-orang terdekat kalian sering jadi pelampiasannya. Perubahan mood jelang haid ini memang di alami sebagian besar wanita. Karena hormone estrogen meningkat drastic dan memyebabkan kalian mengalami mood swing. Kondisi ini akan berlangsung hingga menstruasi akan berakhir. Dan akan kembali naik jelang siklus menstruasi kembali. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya kalian mengalihkan aktivitas yang bisa membuatmu merasa nyaman dan senang.

4.       Gangguan tidur

Saat akan menstruasi datang tidak banyak para wanita merasa sulit tidur. Padahal tubuhmu sudah sangat lelah dan ingin segera merebahkan diri di Kasur. Akan tetapi mata tidak kunjung terpejam. Ini juga bisa menjadi tanda datanya menstruasi. Menstruasi sering di katakana sebagai masa kesuburan, hal itu memang benar karena produksi hormone estrogen dan progesterone meningkat untuk melalukan pembentukan lapisan Rahim dengan jumlah tinggi. Aktivatas ini menimbulkan rangsangan yang membuat tubuhmu merasa kurang nyaman dan mengalami sulit untuk tidur.

5.       Merasa Mudah Lelah

Merasa mudah lelah meskipun tidak melakukan aktivitas yang begitu berat. Hal ituu mungkin menjadi salah satu tanda-tanda akan memasuki waktu menstruasi. Kelelahan dapat terjadi karena beberapa sebab. Pertama karena kadar hormone yang memang tidak seimbang. Kedua merupakan efek dari perubahan mood yang tidak stabil. Dan penyebab lainnya yaitu karena sebagian perempuan mengalami kesulitan tidur selama masa sebelum menstruasi.

6.       Jerawat

Jika tiba-tiba jerawat tumbuh pada wajah, bisa jadi hal itu merupakan tanda haid yang akan datang. Jerawat yang muncul di sebabkan oleh kadar hormon progesterone yang semakin mengingkat saat menjelang menstruasi. Produksi minyak sabum, lalu bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat terjadi. Oleh sebab itu, kalian tidak perlu khawatir, diamkan saja agar tidak bertambah banyak.

Comments