Cara Membedakan Spare Part Mobil Keluaran Suzuki Original Dengan Imitasi

 


Dalam membeli spare part mobil tentu saja kita harus menyesuaikan dengan budget atau keuangan kita.

Karena adanya permasalahan tersebut tentu saja membuat banyak oknum-oknum jahat yang sampai mengeluarkan spare part mobil palsu dengan harga yang jauh lebih murah bahkan harga miring.

Spare part mobil asli biasanya dikeluarkan langsung oleh produsen atau rekanan yang mendukung adanya pembuatan spare part tersebut. Misalnya sparepart mobil keluaran Suzuki tentu saja jika kalian membelinya secara resmi, kalian akan mendapatkan spare part mobil Suzuki yang original.

Spare part mobil palsu ini biasanya sering diperhalus dengan istilah KW. Bahkan KW atau spare part mobil palsu ini juga ada golongannya, ada KW 1 dan juga KW 2. Daripada kalian harus salah beli, alangkah lebih baik jika kalian mempelajari terlebih dahulu tentang cara membedakan spare part mobil asli dan yang palsu.

Cara Membedakan Spare Part Mobil Keluaran Suzuki Original Dengan Yang KW

Istilah KW biasanya merujuk pada barang yang palsu atau bukan asli. Sebenarnya hal ini tidak salah karena biasanya pembeli membutuhkan alternatif suku cadang, terutama dalam masalah harga.

Spare part KW biasanya dijual lebih murah dibandingkan spare part yang original atau asli. Kekurangan kalian membeli spare part KW adalah dari usia ketahanan spare part KW yang pastinya akan lebih singkat dibandingkan dengan Spare part yang asli.

Spare Part mobil KW biasanya hanya bisa didapatkan di bengkel-bengkel kecil atau bengkel besar. Sementara untuk spare part asli hanya bisa tersedia atau kebanyakan tersedia di bengkel resmi mobil kesayangan kita.

Jadi sebenarnya kita bisa dengan mudah mendapatkan spare part mobil keluaran Suzuki yang original dengan cara mendatangi dealer resmi penjualan Suzuki tersebut. Lalu bagaimana jika kita sedang berada di dalam kondisi kita harus membeli spare part asli di luar bengkel resmi.

Supaya tidak salah beli, berikut adalah beberapa cara untuk membedakan dan membeli spare part original agar tidak tertipu dengan oknum penjual nakal.

1.            Perbedaan Harga Sudah Sangat Jelas

Yang paling mudah ditemui kasusnya adalah harga spare part pada umumnya lebih mahal dibandingkan spare part yang palsu. Jika terdapat penjual yang menawarkan spare part dengan jaminan original namun dengan harga yang lebih murah, maka Kalian harus berhati-hati dan benar-benar memperhatikan kemasan serta bahan komponen spare part tersebut apakah memang benar spare part tersebut asli atau palsu.

Hal ini karena terkadan ada spare part palsu yang kemasan serta bahannya hampir serupa dengan spare part mobil original. Untuk itu kalian harus ekstra teliti dalam membeli spare part mobil original.

2.            Kemasan Yang Berbeda

Setelah kalian memperhatikan masalah perbandingan harga, selanjutnya kalian harus memperhatikan dan mengenali spare part asli atau bukan dengan cara mengamati dari bentuk kemasan tersebut.

Produsen spare part asli tentu saja akan memberikan ciri khusus di kemasan spare part yang mereka buat. Banyak sekali spare part palsu yang mengimitasi dan meniru kemasan serupa, namun pada umumnya akan terlihat jelas hasil dari jiplakannya tersebut.

Biasanya spare part mobil palsu akan memiliki tulisan yang tidak jelas, tidak memiliki hologram atau bahkan kode produksi. Sementara untuk spare part original biasanya akan disertai dengan hologram dan juga kode produksi.

3.            Garansi Resmi

Terakhir kalian harus membeli spare part yang memberikan garansi resmi. Sebenarnya tidak semua spare part asli memiliki garansi, namun pada umumnya pihak bengkel resmi akan memberikan jaminan garansi sebagai service excellence mereka.

Berbeda lagi dengan bengkel umum yang kebanyakan tidak berani memberikan garansi karena bisa menambah pekerjaan yang tidak dibayar.

Jika kalian masih kurang yakin dengan kualitas yang ditawarkan oleh spare part. Alangkah lebih baik jika kalian menanyakan garansi terkait produk spare part yang akan kalian beli tersebut.

Untuk mengenali jenis sparepart kalian bisa mendapatkan informasi dari katalog atau website resmi Suzuki di www.suzuki.co.id

 

Comments