Mencari Penghasilan Tambahan dengan Kerja Freelance

 

sumber gambar : https://www.pearlaccountants.com/wp-content/uploads/2019/11/Freelancing-as-a-second-job-what-tax-do-I-pay.jpg

Meskipun sudah bekerja menjadi karyawan, seringkali masih membutuhkan penghasilan tambahan. Selain itu, ada juga yang karena alasan tidak bisa meninggalkan rumah, lokasi rumah yang sulit untuk melakukan usaha, menjadi kerja freelance, terutama kerja freelance online sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan.

Kerja Freelance baik offline maupun online mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tidak semua orang bisa menggantungkan pilihan hidupnya menjadi pekerja freelance, akan tetapi banyak orang yang mencari kerja freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Keuntungan dari bekerja sebagai freelance :

-       Fleksibel dengan waktu

-       Fleksibel dengan lokasi kerja

-       Mempelajari banyak hal baru

 

Kerugian dari bekerja sebagai freelance :

-       Tidak ada jaminan kesehatan

-       Tidak ada jaminan hari tua atau pensiun

-       Harus disiplin diri sendiri

Dengan menimbang keuntungan dan kerugiannya, akhirnya banyak yang menjadikan kerja freelance sebagai sampingan saja. Tetapi bukan berarti tidak ada yang menjadikan kerja freelance sebagai profesi utamanya.

Kerja freelance yang saat ini banyak dicari adalah kerja freelance online karena fleksibilitasnya sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamanya.

Apa saja pekerjaan freelance yang dapat dilakukan secara online :

 

  1. Desain Grafis

Profesi desain grafis adalah profesi yang paling banyak peluang kerjanya di dunia freelance online. Sejalan dengan banyaknya peluang kerja, persaingan antara pekerja freelance desain grafis juga menjadi berat.

Untuk menembus persaingan yang tinggi, mulai dengan desain grafik yang spesifik, tidak menawarkan desain grafis yang general.

  1. Programmer

Selain desain grafis, profesi lain yang juga memiliki banyak peluang kerja adalah programmer. Sedikit berbeda dengan desain grafis, programmer meskipun banyak peluang kerja dan juga banyak freelancer programmer, masing-masing mempunyai keahlian bahasa pemrograman sendiri-sendiri.

Jadi tidak generalisasi, setiap programmer akan fokus pada bahasa pemrograman tertentu. Demikian juga lowongan kerja programmer, akan mencari keahlian bahasa pemrograman tertentu, sesuai dengan kebutuhan.

  1. Digital Marketing

Karena pekerjaannya di dunia online, maka peluang kerja sebagai digital marketer juga sangat terbuka luas. Dengan semakin bermacam-macamnya aplikasi di dunia internet, profesi digital marketing juga ikut tersegmentasi.

Profesi digital marketing terbagi-bagi menjadi beberapa fokus. Untuk digital marketing yang khusus pada SERP (Search Engine Result Page) disebut sebagai SEO (Search Engine Optimization). Marketing di sosial media, lebih banyak dikenal sebagai SMM (Sosial Media Manager). Selain itu, masih ada juga yang fokus di marketplace.

Setiap digital marketing akan fokus pada satu keahlian, karena keahlian antara yang satu dengan yang lainnya sangat berbeda. Selain itu, digital marketing membutuhkan waktu cukup panjang untuk dapat dilihat hasilnya.

 

  1. Guru Online

Guru online bisa dibilang profesi freelance yang terbaru. Profesi guru online mulai banyak dicari dengan banyaknya penawaran bimbingan sekolah online. Baik dari situs bimbingan online luar negeri maupun bimbingan online Indonesia, yang gratis maupun yang berbayar.

Selain sebagai freelance di bimbel online, guru online juga bisa membuat bimbingan online sendiri, misalnya melalui channel Youtube. Apabila banyak yang mengikuti kelasnya, hasil adsense dari Youtube juga menghasilkan cukup banyak.

 

  1. Customer Service Online

Jasa outsourcing customer service sejak dulu sebelum dunia internet booming, sudah banyak. Dengan semakin berkembangnya dunia internet, jasa customer service online pun mulai muncul.

Customer service online biasanya melayani chat di situs website tempat bekerja, email atau layanan messaging seperti whatsapp, line, facebook message. Meskipun jarang, ada juga customer service online yang melayani layanan telepon.

 

  1. Penulis

 

Jasa penulisan akan selalu ada dan dicari. Peluang kerja freelancer untuk mendapatkan proyek menulis dari luar negeri memang kecil, tetapi menawarkan jasa penulisan di Indonesia sendiri cukup banyak yang mencari.

Karena saat ini, untuk mendapatkan hasil marketing yang bagus, yang diutamakan adalah konten. Bahkan ada istilah “Content is the king”. Jadi akan lebih bagus apabila penulis juga bisa mengetahui kaida penulisan untuk digital marketing.

 

***

 

Menyiapkan Diri Untuk Menjadi Freelancer 


Untuk memulai karir sebagai freelance online, bisa dengan mendaftar di situs-situs penyedia platform freelance online yang gratis. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar freelancer sukses di platform-platform tersebut :

-       Pelajari setiap platform dengan seksama

Setiap platform mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. Termasuk penghasilan dari freelance online biasanya dipotong dengan presentasi yang berbeda-beda.

-       Isi profil dengan lengkap

Mengisi profil dengan lengkap adalah keharusan. Platform freelance bekerja selalu lebih memprioritaskan freelance yang mengisi lengkap data-data profilnya

-       Siapkan daftar riwayat hidup

Seperti halnya melamar pekerjaan, mencari proyek freelance prosesnya juga sama dengan mencari pekerjaan, Siapkan daftar riwayat hidup yang selalu terupdate dan ditulis dengan singkat dan jelas. Cukup menyebutkan keahlian dan pengalaman kerja.

Agar daftar riwayat hidup terlihat menarik, bisa menggunakan template-template daftar riwayat hidup gratis yang ada di internet.

-       Asah kemampuan

Asah terus kemampuan. Akan selalu ada ilmu baru yang belum diketahui, freelance baru yang lebih banyak tahu hal baru. Jadi mengasah kemampuan setiap saat adalah keharusan seorang freelancer.

Buat portofolio yang menarik untuk menunjukkan kemampuan seorang freelancer. Klien akan lebih yakin bila melihat portofolio freelancer.

-       Jangan menyerah dan berdoa

Banyaknya persaingan membuat banyak yang ingin menjadi freelancer menyerah sebelum mendapat kerja online. Selalu memperbaiki kemampuan, tidak menyerah dan selalu berdoa.

 

Comments