Yuk, Intip Berbagai Organ Tubuh Yang Terbantu oleh Minum Air Putih!



Komposisi tubuh manusia yang didominasi oleh cairan, membuat berbagai organ di dalam tubuh pun bekerja dengan efektif bila cairan terpenuhi. Minum air putih sehari  paling sedikit dua liter atau sesuai dengan kebutuhan tubuh   agar kesehatan kita tidak terganggu. Jika tidak berbagai masalah kesehatan siap untuk menghampiri.
Berbagai organ penting di dalam tubuh akan terganggu kerjanya jika kita tidak mengkonsumsi air putih dengan benar. Berikut ini adalah beberapa organ tubuh yang kerjanya sangat terbantu dengan mengkonsumsi banyak air putih. 
1.  Ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ dalam sistem ekskresi atau system pembuangan. Ginjal bekerja untuk membuang racun dan sisa metabolisme tubuh yang tidak terpakai melalui urine. Jika kita tidak cukup mengkonsumsi air putih maka kerja ginjal akan berat dan lambat laun akan menurun dan akhirnya terjadi kerusakan.
2. Kulit
Organ lain yang kerjanya sangat terbantu oleh air putih adalah kulit. Kulit yang merupakan organ tubuh paling luar yang fungsinya melindungi seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Maka tidak mengherankan jika kulit seringkali kehilangan kelembaban alaminya dan menjadi rusak karena sering bersinggungan dengan lingkungan luar. Untuk menjaga kesehatan sel kulit kita  harus mengkonsumsi banyak air putih.
3. Jantung
Jantung bertugas untuk memompa darah sehingga dapat mengalir ke seluruh tubuh untuk menghantarkan makanan dan oksigen. Jika kita mengkonsumsi banyak air putih maka darah akan menjadi lebih encer dan kerja jantung pun akan lebih ringan. sehingga kita akan terhindar dari hipertensi.

Itulah beberapa organ tubuh yang terbantu jika kita mengkonsumsi banyak air putih. Salah satu Air putih yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah Aqua. Karena Aqua menawarkan banyak kelebihan, siantaranya adalah mengandung berbagai macam mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain dari itu aqua memiliki kesegaran alami yang ditawarkan oleh mata air pegunungan. 

Nah, saya juga mau berbagi  waktu yang tepat untuk minum air putihh, karena ternyata meski sekedar minum tapi agar lebih efektif maka waktunya harus tepat.

1. Setelah Bangun Tidur

Saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 7-8 jam. Ketika bangun, umumnya kita akan merasa haus, yang merupakan indikasi tubuh telah kekurangan cairan. Oleh karena itulah, kita perlu mengisi ulang persediaan air tubuh dengan meminum satu sampai dua gelas air putih. Selain itu, meminum air putih di pagi hari juga memperlancar metabolisme dan membantu membuang racun dalam tubuh.

2. Sebelum Mandi

Aturan minum air putih yang kedua adalah meminum air putih tepat sebelum mandi. Kesegaran air putih apabila dipadukan dengan kehangatan air yang didapat ketika mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Sebelum Makan (Pagi, Siang, Malam)

Ternyata, meminum air putih ketika proses makan berlangsung malah melemahkan kinerja cairan pencernaan. (2)

Waktu yang tepat untuk meminum air putih adalah 30 menit sebelum makan. Jaga porsinya, karena jika konsumsi air putih terlalu banyak makan dapat mengganggu proses pencernaan karena dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan enzim-enzim yang diperlukan dalam perut untuk mencerna makanan.

Comments