Mengenal Jogja Medical Center, Klinik Tumbuh Kembang Anak yang Memiliki Play Terapi Satu-Satunya di Jogja


"Emotional/mental health itu kesehatan yang tidak nampak tapi sama pentingnya untuk diperhatikan seperti kesehatan fisik kita. Jika  kita punya kesadaran  yuk tiap 6  bulan sekali medical check up , kemudian juga periksa gigi setiap 6 bulan sekali, karena fisik sebegitu pentingnya,  begitu juga dengan kesehatan mental yang juga harus diperhatikan. Mari mulai sekarang juga memperhatikan kesehatan jiwa kita, juga buat anak-anak kita"


Ungkapan tersebut disampaikan oleh Grace Melia, play therapist di Jogja Medical Centre dalam acara Open House, Sabtu 29 Februari 2020. Saya sejenak melongo, lha benar sekali yang disampaikan oleh Mak Ges ini, panggilan akrab Grace Melia. Kesehatan jiwa tidak boleh kita kesampingkan terlebih pada anak-anak. Jika kita merasa ada permasalahan pada anak, komunikasi yang kurang harmonis dengan anak atau adanya perilaku yang menganggu, boleh banget lho membawa anak ke psikolog atau mengikuti Play Terapi dengan sebelumnya mengikuti assesment.

Mengenal Jogja Medical Center


Jogja Medical Center merupakan sebuah klinik kesehatan yang berlokasi di Jl. Gondangraya No. 17 Condongcatur, Depok, Sleman. Klinik kesehatan ini memiliki pelayanan Psikologi, Poli Umum dan Poli Gigi serta Pusat Terapi Tumbuh Kembang Anak. 

Disampaikan oleh Tasniem Fauzia, Direktur Jogja Medical Centre "Klinik kami memiliki keunggulan sebagai One Stop Family Health Center, klinik dan pusat terapi tumbuh kembang anak" Jogja Medical Center tak hanya punya layanan kesehatan fisik saja, tetapi juga memiliki beragam layanan seperti psikologis klinik anak, terapi khusus sensor integrasi, terapi wicara, terapi okupasi dan play therapi.

Poli Gigi


Sesi pertama dalam talk show  disampaikan oleh drg. Ireka Agustina, Sp.Ortho yang merupakan dokter gigi yang akan menangani pasien yang periksa di JMC. Dokter gigi ini merupakan ahli ortodentik. Apa itu ortodentik? Merupakan salah satu cabang kedokteran gigi yang menangani maloklusi, mengawasi pertumbuhan dan perkembangan gigi dan struktur anatominy, mencegah dan mengoreksi posisi gigi yang tidak teratur sampai tercapainya fungsi dan oklusi yang normal dan bentuk muka yang menyenangkan.

drg. Ireka menyampaikan jika gigi harus rapi, karena gigi menempati hampir sepertiga permukaan wajah sehingga apabila terdapat gigi yang kurang rapi (maloklusi) maka dapat mempengaruhi estetika wajah. Maloklusi bisa berupa susunan gigi yang berjejal atau berdesakan, terllau maju, miring atau gabungan dari semua itu. 

Saya jadi ingat sama susunan gigi anak lanang yang berdesak-desakan dah macam penumpang angkot , hehehe. Giginya mulai tumbuh sedang gigi susu belum tanggal, jadi numpuk deh. Sobat Prima, jika kalian juga mengalami keluhan maloklusi atau anak anda, saran dokter sih secepatnya diperiksakan agar bisa dicek dan diberikan penanganan yang tepat.


Untuk jadwal poli gigi dilayani setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 14.00 sampai jam 7 malam.

Layanan Psikologi Klinis Anak


Miss Raninta Wulanwidanti, M.Psi merupakan psikolog lulusan dari UI. Perempuan berwajah manis ini merupakan psikolog yang melayani konsultasi psikologi anak di Jogja Medical Center. Konsultasi psikologis diawali dengan assesement. Khusus untuk ana-anak maka yang dilakukan adalah assesment tumbuh kembang anak. Suatu tes yang bertujuan untuk melihat apakah perkembangan anak sudah sesuai dengan usia kronologisnya.

Aspek yang diukur adalah motorik kasar, motorik halus, kemampuan berpikir, ketrampilan sosial, kemandirian dan bahasa-sosial. 

Assesment sejak dini sangat diperlukan, karena :

1. Untuk mendiagnosa ataupun identifikasi masalah anak
2. Mendapat gambaran mengenai tingkat pencapaian kompetensi anak
3. Mengetahui tentang risk dan protective factors yang anak miliki.
4. Membantu dalam menetapkan program ataupun penanganan yang diberikan
5. Membantu dalam memberikan gambaran arah akademis.
Disarankan untuk melakukan assesment lebih dini, karena berdasarkan penelitian ditemukan bahwa intervensi dini akan memiliki keberhasilan lebih tinggi.

Lalu muncul pertanyaan, kapan sih anak saya perlu melakukan assesment?

1. Saat merasa anak ada masalah dan menunjukkan tanda distress
2. Menyebabkan ketidak mampuan, misalnya gangguan dan kelemahan dari salah satu fungsi fisik, tingkah laku, bahasa , dan lain sebagainya.
3. Mengganggu kemampuan anak untuk berfungsi secara optimal dalam kehidupan sehari-hari.
4. Berbahaya atau meningkatkan resiko untuk menderita sakit yang lebih berat atau kehilangan kebebasannya.

Sobat Prima, jika anak-anak mengalami pertumbuhan yang tidak sesuai dengan usia dan fungsi tubuh tidak optimal, rasanya perlu membawa anak ke psikolog. Setelah assesment atau screening tumbuh kembang anak maka psikolog akan memberikan solusi sesuai dengan permasalahan anak.

Layanan Psikologi Anak di Jogja Medical Center antara lain :
1. Konsultasi psikolog
2. Tes kesiapan SD (TK A, B, SD)
3. Tes IQ bisa untuk anak TK, SD, SMP dan SMA
4. Tes miat bakat untuk anak SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Pusat Terapi Tumbuh Kembang Anak



Jogja Medical Center bisa dibilang merupakan klinik tumbuh kembang anak yang lengkap fasilitasnya di Jogja. Layanan tumbuh kembang anak bisa meliputi Sensory Processing Intervention (SPI), Occupational Therapy ( Terapi Okupasi), Speech Therapy (Terapi wicara), Behavior therapy (terapi perilaku), Play Terapi (Terapi bermain) dan Pedagogi (persiapan masa sekolah).





Semua terapis sudah bersertifikat dan berpengalaman di bidangnya. Setiap terapi memiliki ruang sendiri yang disesuaikan dengan layanan terapinya. Saat room tour saya berkeliling ke semua area di JCM, dari lantai satu  yang terdapat ruang tunggu nyaman, poli umum, apotik, ruang konsultasi psikolog, poli gigi serta ruang play terapi. Musholla dan ruang menyusui juga tersedia, kalian tak perlu kawatir jika masih menunggu pangilan bisa tetapi menunaikan ibadah ataupun sembari menyusui si kecil.

Play Therapy

properti bermain di ruang play terapi

Salah satu terapi yang menarik perhatian saya adalah play terapi atau terapi bermain. Terapisnya adalah Grace Melia, kebetulan dia juga seorang blogger dan saya sudah mengenal mbak cantik ini cukup lama. Grace, memang concern di dunia parenting, blognya berisi tentang dunia ibu dan anak yang sangat inspiratif. Dia sudah mengikuti pelatihan Cognitive Behavior Therapi dan merupakan satu-satunya Play Therapist pertama di Jogja yang sudah tersertifikasi secara internasional dari APAC (Academy of Play and Therapy International dan Profesional Standard Authority)

Play Therapy atau terapi bermain adalah cara dan kesempatan anak dalam menghadapi dan memproses emosi, masalah dan trauma ketika mereka tidak mampu mengungkapkan dengan kata-kata.

Ada 12 tahapan bermain yang harus diikuti anak, ya cukup dengan bermain, dengan berbagai media yang sudah disediakan di JMC. Play therapist akan mendampingi dan menanpung proses bermain anak. Menghadirkan hubungan yang bebas dan aman dari menghakimi, pujian dan koreksi sehingga anak dapat diterima penuh, dapat menggali diri dan issue mereka. Anak-anak yang berusia 4 tahun hingga 16 tahun yang memiliki issue atau challenge dalam aspek emosi, sosial dan perilaku.

Alur Pemeriksaan

Anak wajib hadir bersama orangtua, jika tidak bisa keduanya mungkin Ibu bisa mendampingi. Karena saat assesment tak hanya anak yang akan digali informasinya melainkan juga orang tua. Setelah anak dan orang tua melakukan assesment , lalu dilakukan prognosis, kemudian psikolog akan  menentukan intervensi apa yang sesuai untuk anak tersebut. Jika anak tersebut lambat berbicara makan akan dilanjutkan ke terapi wicara, begitu juga dengan keluhan lain, terapi akan diberikan sesuai kebutuhan anak. 

Okey, lalu permasalahan apa saja yang bisa ditangani di Pusat Terapi JMC?
- Autism Spectrum Disorder (AS)
- Attention  Deficit Disorder (ADD) bisa disebut dengan gangguan pemusatan perhatian
- ADHD(attention Deficit Hyperactivity Disorder) gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif
- Gangguan bicara dan bahasa
- Gangguan perkembangan motorik kasar dan halus
- Kesulitan belajar
- Persiapan prasekolah

Sobat Prima, khususnya para orangtua, anak merupakan aset berharga tak ternilai dengan apapun. Segala hal yang kita perjuangkan demi tumbuh kembang anak yang optimal, baik itu dari segi kesehatan fisik dan jiwa. Yuk, kita perhatikan lebih seksama anak kita, apakah memang tumbuh kembangnya sudah optimal. Jangan segan untuk berkonsultasi ke psikolog, karena mereka adalah ahlinya. 

Ohya, datang ke psikolog bukan hal yang tabu, tidak selalu karena anak kita "bermasalah" saya sendiri sangat tertarik membawa duo anak lanang konsultasi ke psikolog, untuk mengetahui IQ mereka dan minat bakat mereka agar pendidikan dan pengasuhan yang saya berikan tepat sasaran.

Informasi lengkap tentang tumbuh kembang anak bisa kalian dapatkan di akun Instagram Jogja Medical Center berikut dengan paket pemeriksaan serta informasi biaya.

Yuk jaga kesehatan seluruh keluarga, ingat kesehatan tak melulu tentang fisik yang bugar, jiwa yang sehat adalah kunci bahagia. 

Comments