Mudah Asal Niat, Ini Cara Milenial Miliki Rumah Murah!



Rumah adalah salah satu jenis harta yang paling diincar semua orang. Bagaimana tidak, selain untuk memenuhi kebutuhan sebagai tempat tinggal, nilai investasi rumah juga cukup menarik, termasuk di mata para generasi milenial yang memasuki usia 25 tahun-an saat ini. Namun, seiring dengan kepadatan penduduk yang bertambah dan harga rumah yang mahal, muncul anggapan yang mengatakan bahwa milenial sulit memiliki rumah. Sehingga menyewa lah pilihannya. Padahal, ada beberapa cara milenial miliki rumah murah lho.

Pertimbangkan Rumah Murah di Pinggir Kota

Memang, untuk memiliki rumah di daerah pusat kota terasa tak mungkin untuk para milenial yang memiliki penghasilan rata-rata karena belum terlalu berpengalaman. Tetapi, bukan masalah berapa besaran penghasilan yang anda terima. Melainkan seberapa besar niat anda untuk memiliki rumah sendiri, agar lebih mandiri jika dibandingkan menyewa properti terus-menerus.
Jadi, tak ada salahnya jika anda mencari cara milenial miliki rumah murah. Salah satunya dengan mempertimbangkan penawaran rumah murah di pinggir kota. Jangan salah, daerah pinggir kota juga potensial untuk berkembang dan memiliki nilai investasi tinggi. Pilih juga daerah pinggir kota yang dilengkapi dengan fasilitas transportasi umum yang baik. Misalnya stasiun kereta atau terminal bus. Sehingga mudah untuk keperluan mobilitas dari rumah ke kota (untuk bekerja maupun kegiatan lainnya).

Kurangi Pengeluaran yang Kurang Diperlukan
Cara milenial miliki rumah murah lainnya adalah dengan mengurangi pengeluaran yang dirasa kurang perlu. Seperti kebiasaan membeli kopi di pagi hari, nongkrong atau makan siang di kafe maupun restoran, nonton film di bioskop, dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan gaya hidup.
Pikirkan sekali lagi jika ingin menghabiskan uang untuk keperluan ini. Sebab, besaran uang yang dikeluarkan lebih baik digunakan untuk menyicil rumah. Memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting bisa menjadikan anda lebih dewasa dalam mengatur keuangan dan cepat memiliki aset-aset berharga, dibandingkan dengan mengutamakan gaya hidup yang hura-hura.


Tekan Pengeluaran Makanan dan Biaya Hiburan
Untuk menyukseskan cara milenial miliki rumah murah, sebaiknya anda menekan pengeluaran makanan dan biaya hiburan. Namun, bukan berarti kehidupan anda menjadi sengsara karena terlalu berhemat. Anda bisa mengganti kebiasaan membeli makanan di luar dengan memasaknya sendiri dan membawa bekal ke kantor. Selain irit, makanan pun lebih sehat dikonsumsi.
Kemudian, biaya hiburan seperti pengeluaran yang kurang perlu yang tertera pada poin sebelumnya bisa anda ganti dengan hal lain. Misalnya, alih-alih menonton film di bioskop, anda bisa menontonnya di layanan streaming online gratis. Agenda berkumpul dengan teman-teman juga bisa diadakan di rumah tanpa harus pergi ke luar. Juga, jika ingin traveling, tak ada salahnya untuk mengeksplor kota anda sendiri lebih banyak sehingga tak perlu ke luar kota.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika penghasilan bulanan anda kurang cukup untuk memenuhi target memiliki rumah dan kebutuhan lainnya, maka coba lah lihat peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Saat ini sudah banyak pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Misalnya seperti membuka usaha online shop, berjualan produk makanan di kantor, memberi jasa les privat, penulis atau kru event secara freelance, dan lain sebagainya. Cara milenial miliki rumah murah yang satu ini bisa mempercepat keinginan anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Fokus Bayar DP dan Cicilan

Cara milenial miliki rumah yang terakhir adalah dengan memfokuskan diri pada tujuan untuk membayar DP rumah dan cicilannya. Tentu saja pasti akan ada momen-momen dimana anda Lelah untuk terus berhemat. Namun, selalu ingat bahwa ini adalah untuk kebaikan anda di masa depan, agar anda sesegera mungkin mandiri secara finansial dan tidak bergantung pada siapapun untuk kebutuhan tempat tinggal. Termasuk tidak dibebankan pada biaya sewa.
Selain itu, ada pula cara milenial miliki rumah murah lainnya serta alasan mengapa anda harus secepat mungkin memiliki rumah. Yuk, baca artikel lengkapnya di link berikut ini:


Comments