Cara Menaikkan Traffik Website/Blog


 

Ketika saya memutuskan menjadi blogger professional maka hobi berbagi tulisan melalui blog bukan asal tulis menulis sekedarnya dan tanpa tujuan. Bagaimanapun saat blog yang dimiliki sudah bisa menghasilkan rupiah dan  saya juga harus pfofesional saat mengembangkan blog tersebut.

Pastinya tak hanya dari segi tulisan yang harus menarik dan bermanfaat tapi saya juga harus cermat dan berjuang agar blog mendapat kunjungan melimpah dari pembaca. Senang donk jika blog banyak yang baca apalagi jika pengunjung juga mengklik iklan yang tampil saat mereka membaca artikel di blog.

Tentunya tak hanya saya yang gembira saat melihat statistik blog yang jumlah angkanya semakin bertambah. Para pemilik blog atau website lain pasti juga sangat berharap banyak pengunjung di website mereka. Apalagi untuk website bisnis  yang mengejar profit dari penjualan online atau website yang digunakan sebagai ujung tombak promosi. Bahkan sudah ditarget dalam kurun waktu tertentu harus mendatangkan sejumlah pengunjung ke website mereka.

 Ada banyak cara untuk menaikkan traffic website, antara lain :

1.  Blog/Website memiliki satu niche khusus
Untuk website perusahaan atau online shop artikel yang diposting biasanya sudah seragam atau tema yang hampir sama. Yang susah untuk blog personal, terkadang ada keinginan hati untuk menulis aneka macam tema dari curhat hingga artikel berbayar yang tidak sesuai dengan niche blog, semisal blog dengan tema traveling tapi posting tulisan tentang imunisasi. Nggak nyambung ‘kan?

Tapi hal ini saya rasakan, dulu waktu saya sering nulis tentang traveling dan review hotel blog saya banyak yang berkunjung bahkan ada beberapa artikel yang ada di halam pertama pencarian goggle. Tapi semenjak blog saya berubah jadi gado-gado dimana ada segala macam tema disitu, maka pembaca saya berkurang. Syedih.

2.  Buat Judul yang Menarik

Judul atau headline menjadi kesan pertama dari pembaca, jika menarik maka pengunjung akan lanjut membaca seluruh isi artikel. Kebalikannya jika judul biasa-biasa saja padalah tulisan didalamnya menarik tapi pembaca kadung balik kanan kan sayang banget. Tapi, juga jangan bikin judul semacam berita klik bait yang ngejar traffic aja dengan isi tulisan yang tidak bermutu. Tetap utamakan tulisan yang bagus.

3.  Konsisten Menulis
Memiliki website harus disertai keseriusan dan konsistensi. Buat jadwal posting artikel agar pembaca yang setia menunggu tulisan terbaru tidak terlewat.  Seringlah  menulis untuk topik yang sama, dengan  konsistensi  adalah menjaga minimal 1 pekan 1 kali untuk merilis artikel yang berkualitas dengan tema yang serupa.

4.  Bergabung dengan Komunitas

Menulis saja tidak cukup teman, kita harus aktif mempromosikan tulisan untuk meningkatkan traffic website. Bisa menggunakan channel sosial media untuk mempromosikan konten.
Gunakan sosial media yang cocok dengan niche bisnis dan konten website kita. Berkomunitas dengan sesama blogger juga akan meningkatkan traffic, karena teman-teman akan berkunjung ke blog dan membantu membagikan ke dunia maya.

5.  Blog Walking
Meskipun ini merupakan cara klasik tapi masih jitu untuk digunakan. Blog Walking adalah cara klasik meningkatkan trafik web yakni mengunjungi blog orang lain yang masih berhubungan dengan niche blog yang kita miliki. Cukup tinggalkan komentar berbobot serta tinggalkan URL website. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website, inilah peluang yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

6.  Link Building
Link Building adalah kegiatan dimana cara untuk meningkatkan jumlah backlinks ke website kita. Jika website kita menerima backlinks dari website lainnya, mesin pencari akan melihat sebagai website yang terpercaya di bidangnya. Dengan begitu, mesin pencari akan meletakkan website kita di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Jika website kita  berada di halaman pertama hasil pencarian, tentunya orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi website kita dan bisa menaikkan traffic.

7.  Advertising
Kita juga bisa mempromosikan blog/website melalui Adwords atau advertising lain. Tentunya ini tidak gratis, tapi bisa membantu menaikkan traffik. 

8.  Website cepat proses loadingnya
Jika kalian menemukan web yang loadingnya lama pasti geregetan dan terkadang malah nggak jadi masuk ke web dan memilik web lain. Jika website atau blog kamu berat maka tingkat bouncing biasanya tinggi dan nilai web jadi berkurang. 

Kemampuan website yang cepat tergantung template dan hosting yang kita sewa. Rekomendasi hosting murah bisa ke Qwords.com. Qwords merupakan penyedia hosting Indonesia  yang berkualitas dan bisa jadi pilihan kamu untuk mengembangkan website.

Okay teman-teman, semoga tips yang saya bagikan bermanfaat ya.


Comments