Tips Memilih Nama Domain

       Macbook Air on Grey Wooden Table



Apalah arti sebuah nama? Ya berarti banget ‘lah, secara nama bisa menjadi citra diri seseorang, Apalagi sebuah nama domain, harus benar-benar dipikir secara matang sebelum memilih domain untuk blog atau web kita.

Dikutip dari Wikipedia, domain adalah dalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan computer atau internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai  alamat IP.

Nama domain ini bisa  dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah  situs web atau bisa dikenal sebagai alamat URL. Ehm, banyak istilah teknis ya gaes, semoga kalian mengerti apa yang saya maksud.

Btw, pengertian mudahnya nama domain itu nama yang kita gunakan untuk web atau blog kita. Semisal untuk blog saya ini, nama domainnya primahapsari.com sedang blog saya satunya  ceritapiknik.com

Nah, tak perlu berlama-lama, saya mau share tips memilih nama domain buat kalian yang baru belajar membuat blog dan masih bingung memberi nama web atau blog kamu :

1.      Pilih brandable domain
Saya sendiri juga memilih cara ini. Memberi nama blog dengan brand sendiri. Brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword. Contohnya : Tokopedia.com, Bukalapak.com, Primahapsari.com. Lebih mudah dihapal sekaligus mengenalkan brand kita ke masyarakat luas. 

2.      Jangan memakai nama atau trademark milik orang lain
Sebelum kalian lanjut membeli nama domain pastikan tidak melanggar aturan merk dagang.  Menggunakan trademark atau merek dagang milik orang lain pada nama domain dapat beresiko blog kita dituntut oleh pemilik trademark.

Misalnya kita memakai nama TokoBukaLapak.com bisa saja kalian dituntut oleh Bukalapak selalu pemilik trademark Bukalapak. Nggak main-main dendanya 500 juta gaes. Blogger baik jangan menggunakan trademark orang lain tanpa ijin ya. Mending kalian  cek lebih dulu sebelum mendaftarkan nama domain apakah nama domain yang kamu pilih mengandung trademark atau tidak.

3.      Pilih nama yang unik, menarik dan sesuai dengan niche
Semakin menarik biasanya pengunjung akan tertarik untuk masuk ke sebuah webwite. Pilih nama yang unik dan sesuaikan dengan niche blog kamu, missal untuk traveling ada nama backpackstory, jalanjalan.com atau ceritapiknik.com seperti punya saya.
Bagi yang suka memasak bisa memberi nama domainnya dengan tambahan kitcen, capur atau cukup nama saja sudah menarik.

4.      Jangan pilih nama domain yang susah diucapkan dan susah dihapalkan
Nah, point keempat sangat penting ini. Seperti nama di sosial media yang dilarang menggunakan nama fake apalagi alay, begitupun dengan nama domain. Jangan menggunakan nama yang sulit dihapalkan. Jangankan dihapalkan, menyebut namanya saja susah bisa bikin orang masuk ke blog kita karena mau mengetik namanya saja sudah kesulitan.
            Hindari juga hal berikut :
  • Hindari penggunaan angka (contoh: prima1234321.com)
  • Hindari penggunaan tanda hubung atau simbol tidak jelas (contoh: prima-hapsari.com)
  • Hindari penggunaan kata yang sulit dieja (contoh: preima.com atau prma.com)
  • Hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang (contoh: blogpalingyahudprima.com)
5.      Jangan sampai memilih nama domain bekas pakai
Yang bekas disini bukan baju atau mobil bekas tapi yang saya maksud domain bekas  di sini adalah nama domain yang sebelumnya sudah pernah didaftarkan atas nama seseorang  tapi domain tersebut sudah expired dan bisa didaftarkan lagi.

Dikawatirkan jika nama domain sudah pernah dipakai atau sudah pernah didaftarkan, bisa jadi domain tersebut bekas web spam, pornografi, virus atau konten-konten buruk lainnya.

Atau malah domain bekas yang sudah pernah dibanned oleh mesin pencari Google atau bahkan sudah dibanned Google AdSense, yang artinya kalau sobat menggunakan domain tersebut blog sobat tidak bakalan muncul di mesin pencari dan juga tidak bisa digunakan untuk mengejar Adsense. So, hati-hati ya jika beli domain.


    6.   Pilih perusahaan penyedia domain dan hosting yang berkualitas

Saatnya untuk mendaftarkan nama domain yang sudah kita pilih  ke perusahaan yang bonafit dan  yang terpercaya. Pilih perusahaan yang cetak birunya bagus, punya portofolio jelas dan berkualitas. Jangan tertipu dengan diskon besar, atau promo menyesatkan di Qwords kamu bisa mendapatkan mendaftarkan domain murah   atau menyewa hosting dengan rasa aman.

Bagaimana teman-teman, sudah menemukan nama yang cocok untuk website atau blog kamu?



Comments