10 Kelebihan Wordpress Dibanding Blogspot

 Turned-on Macbook Air Beside Black Iphone 4, Cup of Tea, and Notebook on Brown Wooden Surface





Ada banyak manfaat dari blog yang kita miliki. Apalagi saat ini blog memiliki peran penting untuk menyuguhkan konten-konten yang dibutuhkan oleh netizen atau masyarakat luas. Berbagai konten dapat dishare di dunia maya sehingga siapa saja yang terhubung dengan internet dapat mengakses dan mendownload dengan mudah. Kemudahan itulah yang membuat blog menjadi tujuan pertama saat masyarakat mencari informasi.

Selain bisa berbagi, memiliki blog juga mendulang rupiah. Blog bisa kita monetize serta menghasilkan uang bagi pemiliknya. Ini menjadi daya tarik tersendiri kenapa banyak orang pengen jadi blogger ataupun mengelola blog. 

Ada dua platform blog yang bisa kita pilih, yaitu Blogspot dan Wordpress. Dari dua platform tersebut menurut saya Wordpress memiliki keunggulan lebih banyak, meski saya sendiri memakai blogspot. Karena sudah kadung bikin di blogspot dan terlambat mengetahui informasi tentang Wordpress.

Nah, biar kalian yakin mau memakai platform yang mana, berikut  kelebihan wordpress disbanding blogspot :

1.      Pilihan themenya banyak
Kalau yang cewek-cewek biasanya suka gonta-ganti theme, dan nyari yang lucu-lucu gitu. Kalau memakai Wordpress nggak kawatir kehabisan stok theme. Yang bebas banyak, apalagi yang theme berbayar, bagus-bagus dan pilihannya banyak. Kalau memakai blogspot pilihannya Cuma itu-itu saja. Itupun upgradenya baru setahun ini, ada beberapa yang baru.

2.      Permalink SEO Friendly
Jika memakai Wordpress yang hostingnya berbayar, kamu bisa menggunakan permalink dengan bebas. Sedangkan, jika menggunakan platform Blogspot, kita tidak bbisa tidak bisa mengubah permalink tersebut.

URL Permalink  memudahkan pemilik blog dalam memberikan SEO kepada artikel-artikel yang ada di dalam website mereka. Ya, dengan memberikan judul hingga kategori ke dalam URL permalink, maka mesin pencari seperti Google akan memudahkan penggunanya dalam mencari artikel dari keyword tertentu dan langsung ditujukan kepada website yang memuat keyword tersebut di dalam URL permalink mereka.

3.      Bisa digunakan lebih dari satu orang
Kelebihan ini akan sangat berguna jika web atau blog kita kontributornya banyak. Ada banyak user yang bisa login ke wordpress. Platform ini bisa digunakan oleh lebih dari satu user dengan berbagai kewenangan seperti admin, contributor, editor, dan author. Blogspot juga sebenarnya menyediakan hal yang sama tetapi cara registrasinya lebih mudah WordPress.

4.      Bisa menambahkan Read More lebih mudah
Di halaman depan website pasti kalian akan menemukan postingan yang terpotong dan dilanjutkan dengan kalimat read more yang menuju ke link artikel yang lengkap. Di blogspot kita juga bisa menambahkan tetapi harus menggunakan bahasa HTML dan edit di sana, sedangkan di wordpress sudah ada pengaturan khusus . Jadi meski kita ngga bisa HTML tetep bisa edit sendiri.

5.      Pengguna bisa menggunakan Plugin
Pemiliki blog pasti ingin blognya ada di halaman pertama donk. Wordpress memberi kemudahan dengan penanaman plugin yang bisa kita beli. Plugin ini berfungsi mengoptimalkan performa dari website. Jika kalian sudah menyewa wordpress hosting  kalian bisa menggunakan berbagai macam plugin.

6.      Fitur navigasi lengkap
Apa yang bikin mudah saat kita membuat sesuatu? Navigator. Nah, di wordpress ini navigasinya lengkap bahkan yang gratis juga sudah lengkap. Tampilan dashboardnya tertata rapi dan menarik.

7.      Ada fitur backup
Kelebihan lain yaitu wordpress memiliki fitur back up dimana user bisa mencadangkan setiap postingan agar lebih aman. Gimana rasanya jika seluruh tulisan kita hilang? Aduh bisa menangis semalaman donk.  Tenang di wordpress ada cadangan sehingga kita bisa posting lagi.

8.      Sudah terkoneksi dengan sosial media
Biar tulisan kita banyak dibaca orang, harus donk dishare. Wordpress mengadopsi hal ini dan sudah ada fasilitas.  Dengan demikian, setiap kamu mengunggah file, secara otomatis link tersebut akan muncul di berbagai media sosial yang kamu tautkan. Beberapa media sosial tersebut yaitu twitter, google, facebook, yahoo, dan media sosial yang lain.

9.      Terintegrasi dengan banyak platform
Saat kalian komen di sebuah blog berplatform WordPress dan kalian sudah punya akun gravatar pasti otomatis gambar kita yang muncul. Ini karena wordpress sudah terintegrasi dengan platform gravatar. Dan tak hanya dengan gravatar lho. Beberapa platform tersebut antara lain buddypress, gravatar, bbpress, akismet, dan polldaddy. Selain itu, WordPress mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk mengimpor berbagai data dari Blogger, TextPattern, b2evolution, grayMetter, dan lainnya.

10.  Data menu statistic lengkap
Dashboard wordpress itu lengkap. Ada data statistic pengunjung yang bisa kita lihat pada bagian dashboard. Beberapa data tersebut menunjukkan statistik data yang lengkap. Beberapa data tersebut yaitu halaman terpopuler, pencarian terbanyak, asal pengunjung, dan masih banyak statistik data lain yang bisa kamu lihat. Jika di Blogspot kita harus masuk ke menu lain yag sudah diluar blogspot dan agak susah mempelajarinya.
Gimana teman-teman, sudah menentukan mau memakai Blogspot atau Wordpress belum ? Jika kalian mau mencari penyedia hosting Indonesia  bisa menggunakan Qwords.



Comments