Kemampuan Dasar yang Wajib Dimiliki Blogger




Seiring dengan berkembangnya dunia digital dan meningkatnya kebutuhan akan informasi, blog menjadi makin penting keberadaanya. Karena bagaimanapun, informasi ataupun experience yang dibagikan oleh seorang blogger di blognya sangat bermanfaat bagi netizen.

Begitupun dengan profesi sebagai seorang blogger, semakin dilirik karena ada banyak keuntungan yang  didapatkan dari profesi blogger. Sebut saja penghasilan yang setara dengan karyawan kantoran bahkan lebih, bisa hadir di event bergensi dan juga kepopuleran di dunia maya. 

Tapi, untuk jadi blogger kita harus mau serius menggeluti bidang blog atau  web ini. Menjadi blogger harus selalu belajar agar tetap bisa eksis karena teknologi bergerak sangat cepat dan selalu update, sehingga blogger saat ini dituntut bisa eksis dan mengikuti kecanggihan teknologi jaringan internet serta paham betul tentang marketing via media sosial.

Sobat Prima, untuk menjadi seorang blogger itu mudah. Yang sulit itu menjadi blogger professional dan menghasilkan uang dari bog. Tentunya blogger harus memiliki kemampuan dasar agar bisa menghasilkan konten menari dan tentunya bisa bersaing dengan blogger lainnya. 

Okeey, saya mau berbagi tentang kemampuan dasar yang wajib dimiliki blogger, yaitu :
1.    Ketrampilan menulis
Menulis atau membuat artikel itu sebenarnya tidak sulit kok. Hanya dibutuhkan jam terbang yang banyak saja. Semakin sering menulis, semakin banyak artikel yang dihasilkan maka kualitas tulisan semakin baik. Jangan lupa untuk banyak membaca agar perbedaharaan kata semakin banyak dan untuk membandingkan gaya menulis dari satu penulis dengan yang lain. Kalian juga bisa mengikuti kelas menulis, workshop menulis atau belajar bersama dengan blogger-blogger lain. 

2.    Kemampuan Editing Gambar
Selain tulisan, gambar menjadi hal yang menarik pembaca saat membaca blog. Pembaca akan bosan jika artikel yang dihadirkan melulu tulisan tanpa gambar sedikitpun. Semakin bagus gambar atau foto pasti akan lebih menarik.
Editing gambar juga diperlukkan untuk membuat infografis, agar artikel semakin hidup dan pembaca lebih mudah memahami yang kita maksud.

3.    Ketrampilan SEO
Tak perlu ahli dalam ketrampilan SEK karena saya akui, belajar SEO tidak mudah. Tapi sebagai blogger sedikit banyak harus paham tentang SEO ( Search Engine Optimation). Itu jika kita ingin blo kita berkembang dan menghasilkan uang. Tentunya blog kita harus dibaca dan semakin banyak dikunjungi pembaca.
Jika kita memiliki keahlian SEO Teknis maka kita bisa membuat artikel  kita berada di halaman pertama di situs pencarian Google  yang otomatis akan lebih banyak dikunjungi daripada jika berada di halaman selanjutnya.

4.    Pentingnya Memahami Keamanan SSL
Blog bagi seorang blogger adalah harta dan harus dijaga. Jika sampai blog kita keamanannya tidak terjaga, bisa dihack dan bahkan bisa hilang. Sebaiknya memasang SSL . Semua browser memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan web server secara aman bila menggunakan protokol SSL. Browser dan server membutuhkan sertifikat untuk keamanan sambungan pada web. Untuk mendapatkan SSL Certificate , tersebut kalian harus membuat Certificate Signing Request (CSR) pada server kalian. Dengan begitu, browser memungkinkan pengguna mengetahui bahwa situs tersebut aman, sehingga pengguna dapat browsing situs dengan aman dan bahkan memasukkan informasi mereka.

Gimana teman-teman, sudah siap untuk meningkatkan skill agar bisa menjadi blogger professional? Ohya, kekuatan sebuah blog atau web juga pada pemilihan hosting. Pilih hosting Indonesia  yang sudah memiliki banyak pelanggan, terpercaya dan berkualitas.

Web hosting  yang bagus tak hanya memiliki server yang cepat, namun juga stabil dan didukung oleh support yang baik. Untuk pilihan web hosting kalian bisa menggunakan Qwords. Qwords memiliki kelebihan : Load time yang sedikit cepat (0,915 detik), Support yang cukup baik  dan bantuan teknis tersedia, Gratis migrasi hosting, Gratis fitur backup harian. 

Yuk, jadi blogger. Jika kita tak bisa abadi, maka biarlah tulisan kita menjadi abadi dan dibagi.




Comments