Pentingnya Nama Domain untuk Bisnis





Nama sebuah domain menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah website, entah itu website bisnis, website komunitas, ataupun sebagai blogger professional. Domain merupakan  nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Berbicara tentang fungsinya, domain untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website

Pemilihan nama domain yang tepat sangatlah penting karena nama domain menjadi   identitas dari bisnis dan situs kita. Untuk itu ada beberapa poin yang bisa menjadi acuan sebelum beli domain  antara lain :


1.       Pilih nama yang sesuai dengan bisnis kita
Agar orang tahu bisnis yang kita jalankan atau produk yang kita miliki dengan mudah cukup cantumkan jenis produk atau bisnis didalam nama domain. Semisal kita memiliki usaha properti maka nama domain yang disarankan juga berhubungan dengan dunia property atau konstruksi. Contoh Sakaproperti.com , bangunrumah.com dan lain lain. Hal ini juga mempermudah pencarian di google. Atau kita juga bisa melakukan riset kata kunci sebelum memilih nama domain, dari situ kita bisa melihat persaingan bisnis yang sejenis. Pastikan nama domain mengandung kata kunci bisnis , kata kunci tersebut banyak dicari orang dan persaingan tidak terlalu ketat.


2.       Gunakan nama yang mudah diingat
Poin penting selanjutnya adalah pilih nama domain yang tidak terlalu sulit diingat, gampang dihapal dan tidak terlalu panjang. Pelanggan akan mudah mengingat nama yang pendek dan sederhana terutama dalam pelafalan. Jika kita memberi tahu orang melalui bahasa verbal agar bisa mudah dimengerti dan tidak ada kesalahan dalam pengetikan domain.

3.       Jangan menggunakan nama domain yang bermakna buruk
Sekali lagi ditegaskan jika nama domain apalagi domain bisnis, nama domain menjadi citra pertama yang ditampilkan bagi pelanggan. Jangan sampai menggunakan nama domain dengan kata-kata yang buruk atau berkonotasi negative. Hal yang buruk akan menampilkan kesan buruk dari produk kita, hindari kata yang berbau SARA ataupun pornografi. Bisnis anda akan terkesan tidak professional bahkan jika terindex google dari kata tersebut maka website bisa dibanned. Tampilkan image positif bisnis anda dengan nama domain yang menarik, bagus, mudah diucapkan dan gampang diingat.

4.       Gunakan TLD (Top Level Domain)
Membeli domain berekstensi dot com itu tidak mahal.  TLD .com saat ini masih menjadi ekstensi  domain yang paling mudah diingat orang. Orang-orang lebih perccaya dengan websie dengan nama domain berekstension dot com, bagi mereka itu terlihat lebih professional. Jika pelanggan menemukan namadomain yang sama tapi yang satu menggunakan ekstension dot com dan yang lain tidak maka bisa dipastikan dia akan membuka  situs berekstensi dot com terlebih dahulu. Jika kalian ingin mencari domain dan melihat dulu  ketersediaan nama domain   silakan berkunjung ke Qwords.com

5.       Jangan menggunakan merk dagang milik orang lain
Poin berikut sangat penting karena menyangkut dengan pihak lain dan berhubungan dengan hokum. Sebelum anda terlanjur memilih nama domain yang bisa membawa kalian ke ranah hokum ada baiknya mematuhi pakem ini. Meggunakan merk dagang milik orang lain di nama domain kita itu sangat dilarang. Hal terburuk kita bisa dituntut oleh pemilik brand tersebut.  Untuk contoh jika kita memiliki toko kosmetik dan memberi nama website kita tokowardah.com maka ada kemungkinn pihak Wardah akan menuntut karena kita dianggap menggunakan merk dagang mereka tanpa izin. Jadi berhati-hati dalam memilih domain, bisa juga menggunakan brand kita sendiri.

6.       Jangan menggunakan domain gratisan
Untuk website bisnis domain gratisan akan membuat citra bisnis terlihat murahan, tidak professional. Biasanya domain gratis juga tidak sepenuhnya gratis karena hanya ada promo ditahun pertama atau ada persyaratan tersembunyi. Bahkan jika kita kehilangan akses domain maka akan kehilangan website yang sudah dibangun lama dan terlanjur dikenal orang.

7.       Beli Domain Dari Registrar Terpercaya
Pastikan anda membeli domain hanya dari registrar yang terpercaya. Registrar domain adalah tempat pendaftaran domain atau sebuah organisasi, badan komersial yang diakreditasi oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) atau dengan kode negara nasional top-level domain (ccTLD : country code top level domain).  Tapi jangan tertipu juga dengan harga mahal, kalia bisa searching dari beberapa registrar dan cari yang harganya jangkau. Registrar domain local yang banyak digunakan adalah qwords.com, harganya terjangkau dan fasilitas yang didapatkan lengkap.

Bagaimana teman-teman, pertimmbangkan dengan matang pemilihan nama domain bisnis anda. Semoga nama domain yang anda gunakan bermanfaat dan bisnis semakin berkembang.

Comments