Tips Memilih Platform Blog


platform blog

Setiap orang memiliki kegemaran. Begitu pun juga saya yang begitu menggilai dunia kreatif. Saat saya kecil saya sering mengikuti lomba menyanyi, sayang bakat terpendam saya mesti pupus. Setelah SMP saya tidak mengikuti aneka lomba nyanyi lagi, coba kalau dulu sudah ada kompetisi menyanyi seperti Indonesian Idol Junior, pasti saya sudah terkenal. Hahaha. Semoga tidak ada yang percaya ga gaes. LoL




Tapi memang saya sangat suka mendengarkan musik, bernyanyi, membaca buku, kulineran  dan traveling. Satu dekade terakhir hobby saya bertambah gaes, yaitu menulis di blog.

Semua berawal dari bercerita tentang curahan hati di blog. Bergabung dengan komunitas-komunitas blogger, kemudian saya belajar menulis yang baik dan benar dari grup-grup menulis hingga berkembang sekarang saya memiliki 2 blog yang aktif  dan keduanya menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi saya.

Ha? Blog bisa menghasilkan uang mbak? Yes, tapi saat berencana membuat blog, jangan money oriented dulu ya gaes. Yang penting menulis dulu, salurkan semua idemu dalam tulisan. Semakin banyak menulis dan biarlah tulisanmu menemukan rejekinya sendiri. Kalau saya sih menganggap blog sebagai album pibadi, ya album foto serta album cerita.

Bagaimana Caranya Membuat Blog




Banyak yang bertanya pada saya, bagaimana cara membuat blog, apakah susah atau gampang. Nah, cara bikin blog bisa dibilang gampang. Kita tinggal memilih mau menggunakan platform apa. Pililhannya ada Blogspot, Wordpress, Wix, dan lain-lain.

Dari beberapa platform tersebut yang paling gampang sekaligus praktis sih platform Wordpress, karena Wordpress menawarkan paket lengkap. WordPress.com sudah membangun SEO, integrasi media sosial, dan fitur berbagi. Selain itu Wordpress memiliki banyak fitur dan fungsional yang terbilang komplit seperti post, komentar, installasi yang mudah, gallery, kotak spam dan aneka plugin.

Gratis atau Mesti Bayar?


Wordpress.com  menawarkan solusi hosting untuk Situs atau Blog WordPress kamu mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.  Tapi jika kamu memilih yang gratis nama domainnya nggak bisa keren karena ada wordpress.com dibelakangnya. Misal jika kamu memilih yang gratis makan nama domainnya adalah prima.wordpress.com sedangkan jika kamu memilih yang berbayar namanya prima.com. Tentu lebih keren yang tanpa kata wordpress.com ‘kan. Terlihat lebih menarik dan proporsional. Terlebih jika web atau  blog ini digunakan untuk berbisnis.

WordPress saat ini menjadi Blogging Platform paling populer dan lebih dari 75 juta pengguna (29%) website di dunia dibuat dengan WordPress. Banyak situs-situs terkenal yang menggunakan platform wordpress tentunya karena wordpress punya banyak kelebihan antara lain WordPress menyediakan berbagai pilihan template yang menarik.

Wordpress berkembang amat pesat karena karena wordpress sudah open source. Dengan fitur dan fungsional yang terbilang komplit seperti post, komentar, installasi yang mudah, gallery, kotak spam, plugin dan banyak lagi.

Karena sudah  open source maka memungkinkan banyak pengembang diluar sana yang ikut andil, sehingga jika ada semacam bug yang bisa menjadi ancaman kedalam system cms wordpress maka mereka akan menutup itu secepat mungkin. 

Teman-teman  open source itu bukan  gratis lho, kita harus tetap bayar jika ingin menginstall wordpress disebuah server, caranya dengan harus menyewa server wordpress hosting dan juga domain.

Mengutip dari Qwords.com ada  beberapa tips dalam memilih hosting Indonesia, yaitu :

·         Jumlah Client

Saya sih lebih menyaranka kamu memilih hosting yang sudah berpengalaman, memiliki rekam jejak jelas. Kesuksesan Hosting Provider bisa kita lihat dari jumlah clientnya. Apalagi jika hosting provider tersebut memiliki client dari web terkenal dengan pengunjung yang tinggi. Bisa di pastikan bahwa hosting tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga web berkelas juga mempercayakan website kepadanya.

·         Kecepatan dan Spesifikasi Server

Sebelum memilih web hosting  kamu perlu mencermati spesifikasi server yang di gunakan hosting tersebut, karena kestabilan website  kamu di pertaruhkan dalam spesifikasi server yang di gunakan. Umumnya minimum Spesifikasi untuk server ialah Quad Core Processor dan RAM minimum 8GB (Tergantung jumlah client).  Jika penedia web hosting  kamu tidak mencamtukannya  kamu bisa menanyakan langsung kepada CSnya.

·         Lokasi Server

Lokasi server juga berpengaruh untuk kestabilan website  kamu. Sebelum membeli hosting untuk website  kamu,  kamu harus mengetahui siapa audience  kamu. Jika  kamu bertujuan untuk website lokal Indonesia, maka hosting dengan lokasi server indonesia akan jauh lebih baik untuk website  kamu, jika untuk global hingga  seluruh indonesia, maka carilah hosting yang memiliki server berada di Singapura atau USA, karena 2 negara ini terkenal dengan kestabilan koneksi Internetnya.

·         Bandwith

Jangan sampai website  kamu down pada pertengahan bulan karena bandwith yang di sediakan hosting  kamu sangat terbatas. Perhatikan jumlah bandwith yang tersedia atau  solusi lain  kamu bisa memilih web hosting yang menyediakan bandwith tidak terbatas (UNMETERED) dengan harga yang sangat murah. Sehingga  kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan bandwith yang cepat habis.

·         Space Hosting

Poin ini sangat penting karena keberadaan space hosting menjadi kunci kamu dalam berkreasi. Jika space hosting kecil dalam mengelola website  akan sangat terbatas. Apalagi jika Space Hosting kurang dari 1 GB, belum setahun file file web  kamu akan memenuhi space hosting  kamu, sehingga  kamu harus upgrade atau mencari penyedia hosting lain yang menawarkan kapasitas hosting lebih besar.

·         Harga

Ada harga ada rupa. Jadi apa yang kita bayar pasti berbanding lurus dengan fasilitas yang kita terima. Kalau saya sih memilih agak mahal tapi jelas kualitasnya. Jangan terjebak dengan harga murah, kamu juga harus memperhatikan dan membandingkan apakah harganya itu masuk akal atau tidak. Jangan sampai terjebak pada penyedia hosting yang murah tapi kredibilitasnya tidak jelas. Atau hosting mahal tapi spesifikasi server dan pelayanannya tidak sebanding dengan harganya.

·         Customer Service

Jika server down atau ada kerusakan pada web pasti kita mencari customer service.  Pastikan Penyedia Hosting  kamu bertanggung jawab dengan menyediakan layanan customer service 24 Jam. Karena  kamu  tentu tidak akan pernah tahu kan kapan dan jam berapa website  kamu akan ada dalam masalah?

·         Add On Domain

Add On Domain adalah layanan yang di berikan penyedia hosting agar  kamu bisa menjalankan banyak domain dalam satu akun hosting.  Opsi ini sebenarnya optional, Jika  kamu hanya memiliki satu web maka  kamu tidak perlu memprioritaskan Add On Domain pada hosting  kamu. Tapi jika  kamu memiliki banyak website  kamu akan menghemat uang  kamu bila penyedia hosting  kamu menyediakan fitur Add On Domain, karena  kamu tidak perlu membeli hosting lagi untuk domain baru.

Nah, bagaimana teman-teman, mungkin ini bisa memberi sedikit gambaran tentang cara memilih platform blog sebelum kamu memutuskan untuk membuat blog. Pertimbangan dalam memilih Blogging Platform itu yaitu kemudahannya, keamannya, performa, SEO, fitur pelengkap. Jika kamu sudah yakin dengan platform yang akan kamu gunakan, saatnya melangkah ke cara membuat blog. Eh tapi sabar ya, tunggu postingan minggu depan teman-teman.


Comments