Tips Membuang Jenuh Saat Perjalanan di Kereta Api




Jug ijag ijug, ijag ijug, kereta berangkat

Jug ijag ijug, ijag ijug, hatiku gembira,

Woi, yang lagi baca blog tapi malah joged siapa tuh. Hahaha. Boleh dilanjut jogednya lho. :D

Halloha temans, kali ini saya mau cerita tentang perjalanan saya ke Bandung tempo hari naik kereta api. Entah kenapa saat naik kereta api kok saya spontan jadi inget lagu Kereta Malam yang dipopulerkan oleh Elvi Sukaesih dan dinyanyikan kembali oleh Juwita Bahar. Meski sebenarnya saya tidak begitu suka lagu dangdut tapi karena salah satu temen kantor ada yang sering nyanyi lagu tersebut saat ada organ tunggal, mau nggak mau saya jadi familier dengan lagu ini.

Ya seperti yang diungkap lagu tersebut, naik kereta api itu memang ada sensasi tersendiri dibandingkan naik moda transportasi lain. Terlebih anak-anak, mereka excited banget jika diajak naik kereta api. Bahkan banyak yang naik kereta api jarak dekat hanya untuk ngerasain asyiknya naik kereta. Akhir tahun kemaren saya juga mengajak duo anak lanang naik kereta api ke kota Solo. Itu bukan pengalaman naik kereta pertama kali bagi anak lanang tapi tetep excitednya terasa dari seminggu sebelum hari-H.


Nggak hanya anak-anak lho yang suka naik kereta api. Saya dan teman-teman pun memilih naik kereta api saat ke Bandung pada akhir bulan lalu. Meskipun jarah tempuh lebih lama dari pesawat, asal waktu tersedia naik kereta api lebih tenang sih. Nggak perlu doa mripil sepanjang perjalanan. Hehehe.


Hayo siapa yang ngga bisa tidur dan disepanjang jalan berdoa saat naik pesawat? LoL. Semoga bukan cuma saya ya gaes. Meskipun membutuhkan durasi waktu yang lama tapi naik kereta api itu mengasyikkan dan banyak hal yang bisa kita lakukan agar kita tidak bosan saat berada di kereta api.  

Nah, hal menyenangkan apa saja yang bisa membuang jenuh saat naik kereta api? cekidot gaes.

1.  Baca buku favorit
Karena saya sukanya baca novel, pasti saat naik kereta api saya bawa satu buku. Entah itu novel baru atau novel lama yang saya sudah lupa jalan ceritanya. Lumayan lho, kalau satu buku habis dibaca pasti tujuan kamu sudah sampai. Kalau saya nggak disepanjang perjalanan membaca sih, palingan sejam dua jam, karena pasti kebablasen ngantuk. LoL

Sawah yang mulai menguning menyegarkan mata yang lelah

2. Nikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan
Memilih perjalanan saat siang hari memang memiliki nilai plus yaitu kita bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Sungai yang berkelok, bukit-bukit menghijau, pegunungan di kejauhan, hamparan sawah menghijau atau sensasi saat masuk terowongan. Semua itu bisa kita nikmati saat naik kereta api.


3. Kulineran di gerbong makan/restorasi
Sudah lebih dari 10 tahun ke belakang kereta api Indonesia bebenah dan menjadi semakin baik, dari fisik kereta hingga pelayanan, begitupun dengan menu di restorasi. Menu yang ditawarkan semakin lengkap dan fresh, antara lain nasi geprek, nasi goreng, bistik ayam, nasi campur. Ada juga menu lokal yang hanya bisa kita dapatkan jika melewati daerah tersebut seperti tempe mendoan dan pecel Madiun. Kalau saya sih favoritnya PopSo yaitu Mi Bakso dan teh premium. Ohya, biarpun teh celup kalau yang teh premium rasanya beda dan kamu bisa lihat teh dalam kantung tidak berisi bubuk tapi daun teh dan dilengkapi gula batu. Amboi. Badan yang kedinginan karena AC kereta yang strong hangat lagi setelah ngeteh gaes. 



4. Kerjaaaaaa
Lhoh di kereta kerja mbak? Kalau saya mah selalu bawa laptop kemanapun. Maklum saya blogger penghamba invoice, jadi kejar setoran terus. Hahaha. Jumawa sekali si mbak ini. LoL
Bawa laptop itu membuat kita lebih produktif, bisa menyelesaikan kerjaan yang belum kelar, atau edit-edit video yang footagenya udah menuhin hardisk tapi kagak diedit juga dari jaman baheula. Lumayan sih, saat perjalanan dari Jogja ke Bandung kemaren saya bisa menyelesaikan 2 artikel dan posting sebelum telat deadline. Ohya, kalau mau mainan laptop mending ke gerbong makan ya, ada meja yang nyaman. Tapi jangan lupa pesan makan juga jangan cuma numpang duduk doang. Jangan juga ngabisin tempat. Menggunakan laptop dengan jatah meja satu orang muat kok.

5. Dengerin Musik atau Nonton You Tube dari HP
Satu aktivitas ini yang membunuh sepi, membuang bosan dan mampu mengembalikan mood saya yaitu dengerin musik. Saya selalu membawa earphone kemanapun ( kalau tidak lupa) sehingga saat dengerin musik nggak bakal menganggu penumpang lain.  Atau nonton you tube dari channel favorit gaes, dijamin nggak ngantuk dan ngga jenuh. Sini tak kasih referensi kalau pengen ngakak coba liat channelnya Si Nopal, pengen gila liat MLI, pengen liat horor buka Jurnal Risa atau Kisah Tanah Jawa, itu ketiga channel favorit akuuuh.




6. Tidur
Nah, kalau udah bosen, lelah, mata pedes, cukup selonjorin kaki kamu, pasang bantal leher, lanjut merem dan mimpi indah. Untuk seatnya kereta kelas eksekutif sih dan lumayan nyaman untuk tidaur tanpa perlu bantal, kalau naik ekonomi ya mending bawa bantal leher yang warna-warni itu. Kalau malu ya sewa bantal dari kereta api saja ya.

Dapatkan Tiket Kereta Api Resmi dari KAI

Piye? Gimana? Lumayan untuk menghabiskan waktu di kereta 'kan teman-teman. Ohya kalau mau pesan tiket kereta api sih gampang banget, nggak perlu antri kayak dulu. Bisa booking via Pegipegi di dekstop atau lewat aplikasi yang bisa kamu download di Google Play atau I Store. PegiPegi merupakan partner resmi PT. Kereta Api Indonesia sehingga dijamin harga tiket dan kesediaannya.  

4 Alasan Membeli tiket kereta melalui Pegipegi :

a. Kita bisa membeli tiket kereta dari H-90 hari sampai 3 jam sebelum keberangkatan. Tiket yang dibeli untuk jenis apapun selama masih tersedia
b. Transaksi mudah dan bebas antre, pemilih bisa memilih sendiri jenis kereta hingga nomer tempa duduk
c. Dilengkapi berbagai metode pembayaran, dari ATM, transfer, kartu kredit dan internet banking
d. Pegipegi menggunakan sistem yang aman dan terpercaya serta telah diverifikasi SSL yang menjamin privasi dan kemanan transaksi online kita.

Nah, naik kereta yuk, sebentar lagi Lebaran gaes, buruan beli tiket keretapi di PegiPegi.com

Komentar

  1. Wah bener banget tuh, kalau aku mah mending milih untuk tidur aja kali ya :D

    BalasHapus
  2. Pesan tiket kereta api di pegipegi jug ya Mbak? Saya juga biasanya pesan tiketnya di pegipegi

    BalasHapus
  3. Hmm masih sempet ya Mbak, kerja di kereta api :D.
    Hebat nih hehe

    BalasHapus
  4. Saya seneng sekali nih kalau naik kereta api, karena bisa melihat pemandangan yang menyegarkan mata :)

    BalasHapus
  5. Wah boleh dicoba nih tipsnya, kalau suatu saat nanti mau naik kereta api

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)