Sejarah Baju Tradisional China Cheongsam


 Hasil gambar untuk CHEONGSAM DI CHINA

Perlu anda ketahui bahwa sejarah kehadiran kaum China ini berawal dengan berkembangnya Malaka sebagai pusat perdagangan, lalu diikuti Pulau Pinang dan Kuala Lumpur. Kedatangan mereka ini sembari membawa adat istiadat nenek moyangnya, termasuk salah satunya adalah pakaian tradisional yang kemudian disesuaikan dengan penduduk setempat. Pakaian tradisional China ini sangatlah banyak, salah satunya adalah Cheongsam.

Cheongsam merupakan baju tradisional kaum perempuan China yang sangat anggun dan juga sering bisa kita lihat hingga hari ini. Baju Cheongsam ini memiliki leher yang tinggi, bentuk yang lebar pada bagian bahu, bentuk yang menyempit pada bagian pinggang serta belahan di kanan maupun di kiri. Selain itu baju Cheongsam ini dibuat dari bahan kain sutra, satin, dan jenis kain yang lainnya. Denga demikian, maka tak heran jika pakaian tradisional khas China ini begitu nyaman dan adem saat dipakai. Cheongsam atau yang dikenal juga dengan nama Qipao ini merupakan baju wanita yang memiliki corak yang khas dari bangsa Tiong-Hoa dan baju ini juga bisa dibilang sangat sukses dalam dunia busana Internasional. Nama Cheongsam ini memiliki arti pakaian yang panjang jika diterjamahkan ke dalam bahasa Inggris dari dialek Provinsi Guangdong (Canton) di Tiongkok. Baju Cheongsam ini juga memiliki beberapa motif yang khas, seperti motif naga, burung, bunga, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa sebelum bernama Cheongsam, busana tradisional China ini bernama Qipao. Berbeda dengan Cheongsam yang kita kenal saat ini, Qipao ini memiliki potongan baju yang longgar, lebar dan hanya memperlihatkan bagian kepala dan jari saja. Qipao ini sangat mudah ditemukan di daratan China, terutama China Han pada sekitar tahun 1636. Konon pada waktu itu, semua wanita yang ada di sana diwajibkan menggunakan baju qipao ini. Baik wanita yang masih muda mapun yang tua. Selain itu potongannya juga sama antara kelompok usia. Seiiring dengan perajalanan waktu, baju qipao ini telah mengalami perubahan bentuk. Dimana baju qipao ini yang tadinya hanya menutupi sebagain besar tubuh yang hanya memperlihatkan kepala, tangan, dan ujung jari kaki saja. Baju dengan bentuk yang longgar ini juga berfungsi untuk menutupi susuk pada tubuh si penggunanya tanpa memandang usia. Seiiring dengan perjalanan waktu, baju qipao ini telah mengalami penyesuaian, dimana pada saat ini di China dikenal dengan “Standar Qipao. Baju ini pertamakali dikembangkan di Shanghai pada tahun 1900, atau setelah Dinasti Qing jatuh. 

Bahkan ada beberapa orang yang mengubah baju qipao tradisional ini sesuai dengan seleranya dan lebih modern. Baju Qipao yang modern ini memiliki potongan yang agak ramping dan sangat berbeda dengan baju qipao tradisional.Justru baju qipao yang modern ini yang sangat terkenal pada waktu itu. Pada sekitar tahun 1920, baju qipao modern pertamakali muncul di Shianghai karena mendapatkan pengaruh dari Beijing. Sehingga baju qipao modern ini terkesan memiliki ornamen termasuk pada kerah Shanghai yang saat ini sudah melekat menjadi standar Cheongsam. Dan baju Cheongsam ini sangat cocok digunakan dengan orang yang memiliki tubuh yang ramping dan tinggi. Nah, bagi anda yang ingin mendapatkan cheongsam dengan harga promo imlek, sangat disarankan untuk berbelanja di situs bobobobo. Pasalnya, di situs e-commerce yang satu ini sedang mengadakan diskon besar-besaran khusus hari raya imlek lho.

Comments

  1. Baju cheongsam ini menarik yah, saya suka. DUlu pas anak masih kecil ku suka beliin baju cheongsam ini, lucu aabisnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)